DIECAST MOBIL KUNO Alun-Alun Contong

 DIECAST MOBIL KUNO Alun-Alun Contong

DIECAST MOBIL KUNO Alun-Alun Contong
Jika pembaca berpikir bahwa kendaraan roda empat listrik merupakan penemuan modern terkini, anda keliru. Perkembangan digital kendaraan roda empat listrik sebenarnya sudah dimulai sejak abad ke 19. Ini dibuktikan dengan diperkenalkannya nomor satu kali prototype kendaraan roda 4 listrik pertama yg diproduksi pada thn 1830 oleh Robert Anderson seorang cowok Scotlandia. Mau namun pada saat itu mobil listrik ini cuman dilengkapi dengan baterai yang tak dpt diisi ulang (non rechargeable). Barulah pd tahun 1859 Gaston Planté warga Perancis menemukan batree yg sanggup diisi ulang, yg mana inovasi ini amat mempengaruhi evolusi kendaraan roda 4 listrik setelahnya.

Pada thn 1881 setidaknya ada 3 kemajuan krusial dlm perkembangan teknologi kendaraan listrik.

Tiga Penemu perancis Camille Faure, Charles Jeantaud bersama Nicholas Raffard menciptakan mobil listrik yang solid yang dilengkapi dengan baterai yg bisa menyimpan listrik.

Goustave Trouvé, seorang penemu perancis mengintroduksi kepada dunia sains pd masa itu motor listrik ciptaannya. a pun mengerjakan uji coba coba mesin ciptaannya dengan mengaplikasikan pada sepeda beserta juga perahu sehabis itu barulah pada bulan November 1818 pada hajatan l‘Exposition Internationale d’Électricité de Paris dgn kata lain pameran elektronik internasional yg diadakan di Paris, Goustave mempromosikan mesin listriknya yg diaplikasikan pada mobil.

DIECAST MOBIL KUNO Alun-Alun Contong
Sejarah Kendaraan Roda 4 Listrik Yang Jarang Kita Ketahui
Beberapa bln berikutnya 2 Insinyur Inggris, William Ayrton dan John Perry menginformasikan kendaraan tiga roda elektrik ciptaan mereka yg mana menggunakan motor listrik yg ditempelkan pada roda belakang daerah kanan serta dilengkapi dengan 12 buah baterai. Dgn motor listriknya itu, ‘kursi roda elektrik’ ini dpt melaju hingga lima belas km/jam dgn jarak tempuh kira-kira empat puluh kilometer.

Berkat tidak semua penemuan bernilai itulah akhirnya mobil listrik perlahan-lahan menjelma komoditas industri yg mulai berubah bagian dari aktivitas ekonomi wkt itu. Pd thn 1884 Thomas Parker Penemu berkebangsaan Inggris menciptakan kendaraan roda 4 listrik pabrikan buat kesatu kalinya. Ia sebenarnya adalah penemu yang bertugas pd perusahaan Elwell-Parker Ltd, perseroan yg menciptakan lokomotif & bis bertenaga listrik. Kendaraan listrik ciptaannya ini baru secara sah dipasarkan kepada publik pada tahun 1896. Sementara dilain pihak William Morrison warga Amerika juga sudah memperkenalkan mobil ciptaannya pd tahun 1891.

Selain itu seorang penemu Perancis, Charles Jeantaud menghasilkan kendaraan listrik ciptaannya pada tahun 1906, yg mana sanggup melaju sampai 63 km/jam sekaligus memecahkan rekor selaku mobil listrik tercepat wkt itu.

DIECAST MOBIL KUNO Alun-Alun Contong

 DIECAST MOBIL KUNO Alun-Alun Contong

Zaman Keemasan Mobil Listrik
Pada tahun1897 pendayagunaan mobil listrik mulai merambah ke angkutan publik serupa taksi di New York. Selain itu juga Kantor Pos di Perancis pd tahun 1901 mulai memakaikan kendaraan roda 4 listrik bagaikan angkutan pengiriman barangnya. Mobilnya independen diproduksi oleh oleh perusahaan Levallois-Perret dan kendaraan roda 4 tsb memperoleh keahlian jelajah sejauh 50 km dengan kecepatan mentok lima belas km/jam dgn daya angkut 1,5 ton!

Di dunia balapan mobil, pada tahun 1899 kendaraan roda empat listrik asal belgia yang bernama ‘jamais contente’ dgn kata lain yg berarti ‘tidak sudah puas’ sukses memecahkan rekor kecepatan 100 km/jam! sampai-sampai melewati pesaingnya yg berpenggerak mesin bakar. Kendaraan Roda Empat listrik Belgia ini dilengkapi ban merk michelin & batere yang mempunyai berat 1/2 dari berat mobilnya seorang diri adalah seberat 750kg.

Sesudah memakai perkembangan pesat, perkembangan kendaraan roda 4 listrik akhirnya mendapatkan kemunduran sebab dilain sisi perkembangan digital mesin bakar terus berkembang sampai puncaknya pada thn 1908 kendaraan Ford T kesatu kali diluncurkan.

DIECAST MOBIL KUNO Alun-Alun Contong
Masa Kemunduran Kendaraan Listrik
Dengan peluncuran kendaraan bakar kesatu ini, adalah cikal bakal industri kendaraan modern wkt ini bersama sekaligus mempengaruhi industri mobil pada masa itu. Ditambah dengan masih murahnya value material bakar dan uang produksi kendaraan materi bakar hingga 2 kali ekstra murah dibandingkan kendaraan roda empat listrik menjadikan kendaraan listrik semakin tak populer.

 DIECAST MOBIL KUNO Alun-Alun Contong

DIECAST MOBIL KUNO Alun-Alun Contong

DIECAST MOBIL KUNO Alun-Alun Contong

LihatTutupKomentar