MINIATUR MOBIL ANTIK Bengkayang

 MINIATUR MOBIL ANTIK Bengkayang

MINIATUR MOBIL ANTIK Bengkayang
Jika pembaca berpikir bahwa kendaraan roda empat listrik adalah penemuan modern terkini, anda keliru. Perkembangan teknologi kendaraan listrik sebetulnya sudah dimulai sejak abad ke 19. Ini dibuktikan dengan diperkenalkannya pertama kali prototype kendaraan roda 4 listrik kesatu yg dirancang pada tahun 18Tiga Puluh oleh Robert Anderson seorang cowo Scotlandia. Bakal tapi pd waktu itu kendaraan listrik ini hyn dilengkapi dgn batere yang enggak sanggup diisi ulang (non rechargeable). Barulah pada thn 1859 Gaston Planté warga Perancis mendapatkan batree yang sanggup diisi ulang, yg mana inovasi ini sangat mempengaruhi evolusi mobil listrik setelahnya.

Pd thn 1881 setidaknya ada 3 kemajuan signifikan dlm perkembangan teknologi kendaraan listrik.

3 Insinyur perancis Camille Faure, Charles Jeantaud serta Nicholas Raffard menciptakan kendaraan roda empat listrik yang solid yang dilengkapi dgn batere yg sanggup menyimpan listrik.

Goustave Trouvé, seorang penemu perancis menginformasikan kepada dunia sains pd saat itu motor listrik ciptaannya. a pun mengerjakan percobaan coba mesin ciptaannya dgn mengaplikasikan pada sepeda & juga perahu setelah itu barulah pada bulan November 1818 pada perhelatan l‘Exposition Internationale d’Électricité de Paris dgn kata lain pameran elektronik internasional yang diadakan di Paris, Goustave memublikasikan mesin listriknya yang diaplikasikan pada mobil.

MINIATUR MOBIL ANTIK Bengkayang
Sejarah Mobil Listrik Yg Jarang Kita Ketahui
Beberapa bulanan berikutnya 2 Insinyur Inggris, William Ayrton beserta John Perry menginformasikan kendaraan tiga roda elektrik ciptaan mereka yang mana menggunakan motor listrik yg ditempelkan pada roda belakang daerah kanan serta dilengkapi dgn dua belas buah baterai. Dengan motor listriknya itu, ‘kursi roda elektrik’ ini sanggup melaju sampai lima belas km/jam dengan jarak tempuh kurang lebih empat puluh kilometer.

Berkat nggak semua penemuan bermanfaat itulah akhirnya mobil listrik perlahan-lahan menjadi komoditas industri yang mulai menjelma bagian dari aktivitas ekonomi masa itu. Pada thn 1884 Thomas Parker Penemu berkebangsaan Inggris menghasilkan kendaraan listrik pabrikan bakal kesatu kalinya. Ia sesungguhnya yaitu penemu yg berprofesi pd perusahaan Elwell-Parker Ltd, perseroan yang membuat lokomotif bersama bis bertenaga listrik. Kendaraan Roda 4 listrik ciptaannya ini baru dengan cara formal dipasarkan kepada publik pd tahun 1896. Sementara dilain pihak William Morrison warga Amerika juga sudah memberitahukan kendaraan roda empat ciptaannya pada thn 1891.

Selain itu seorang insinyur Perancis, Charles Jeantaud membuat kendaraan roda 4 listrik ciptaannya pada thn 1906, yg mana mampu melaju sampai 63 km/jam sekaligus memecahkan rekor selaku mobil listrik tercepat saat itu.

MINIATUR MOBIL ANTIK Bengkayang

 MINIATUR MOBIL ANTIK Bengkayang

Zaman Keemasan Kendaraan Listrik
Pd tahun1897 penerapan kendaraan roda 4 listrik mulai merambah ke angkutan publik serupa taksi di New York. Selain itu juga Kantor Pos di Perancis pada tahun 1901 mulai memakekan kendaraan roda 4 listrik sebagai angkutan pengiriman barangnya. Mobilnya independen diproduksi oleh oleh perseroan Levallois-Perret bersama kendaraan roda 4 tsb memiliki kecakapan jelajah sejauh 50 km dengan kecepatan pol 15 km/jam dgn daya angkut 1,5 ton!

Di dunia racing mobil, pada thn 1899 kendaraan roda 4 listrik asal belgia yang bernama ‘jamais contente’ dengan kata lain yang bermakna ‘tidak sudah puas’ sukses memecahkan rekor kecepatan seratus km/jam! lebih-lebih melewati pesaingnya yang berpenggerak mesin bakar. Kendaraan Roda Empat listrik Belgia ini dilengkapi ban merk michelin dan batere yang mempunyai berat setengah dari berat mobilnya sorangan yaitu seberat 750kg.

Sehabis menggunakan perkembangan pesat, perkembangan kendaraan roda 4 listrik akhirnya menerima kemunduran karena dilain sisi perkembangan teknologi mesin bakar terus berkembang sampai puncaknya pada thn 1908 kendaraan roda empat Ford T pertama kali diluncurkan.

MINIATUR MOBIL ANTIK Bengkayang
Saat Kemunduran Mobil Listrik
Dgn peluncuran mobil bakar kesatu ini, merupakan cikal bakal industri kendaraan roda empat modern masa ini serta sekaligus mempengaruhi industri kendaraan roda 4 pada masa itu. Ditambah dengan masih murahnya value berbahan bakar dan budget produksi kendaraan roda empat bahan bakar sampai 2 kali lbh ekonomis dibandingkan kendaraan roda 4 listrik menjadikan kendaraan listrik lama kelamaan enggak populer.

 MINIATUR MOBIL ANTIK Bengkayang

MINIATUR MOBIL ANTIK Bengkayang

MINIATUR MOBIL ANTIK Bengkayang

LihatTutupKomentar