
MINIATUR MOBIL PAJERO Gowa
Jika pembaca berpikir bahwa kendaraan roda empat listrik yakni penemuan teknologi terkini, anda keliru. Perkembangan modern mobil listrik sebetulnya telah dimulai dari abad ke 19. Ini dibuktikan dgn diperkenalkannya kesatu kali prototype kendaraan listrik nomor satu yg dibuat pd tahun 18Tiga Puluh oleh Robert Anderson seorang cowo Scotlandia. Akan tapi pd wkt itu kendaraan listrik ini cukup dilengkapi dgn batere yang nggak mampu diisi ulang (non rechargeable). Barulah pd thn 1859 Gaston Planté warga Perancis menjumpai batere yg dpt diisi ulang, yang mana inovasi ini sangat mempengaruhi evolusi kendaraan roda 4 listrik setelahnya.
Pd tahun 1881 setidaknya ada 3 kemajuan signifikan dlm perkembangan modern kendaraan roda empat listrik.
3 Penemu perancis Camille Faure, Charles Jeantaud bersama Nicholas Raffard menciptakan kendaraan roda empat listrik yg solid yang dilengkapi dengan batree yg bisa menyimpan listrik.
Goustave Trouvé, seorang penemu perancis memberitahukan kepada dunia sains pd waktu itu motor listrik ciptaannya. a pun menjalani uji coba coba mesin ciptaannya dgn mengaplikasikan pd sepeda beserta juga perahu setelah itu barulah pd bln November 1818 pd kegiatan l‘Exposition Internationale d’Électricité de Paris dengan kata lain pameran elektronik dunia yang diadakan di Paris, Goustave mempromosikan mesin listriknya yg diaplikasikan pada mobil.
MINIATUR MOBIL PAJERO Gowa
Tidak Semua bln berikutnya 2 Penemu Inggris, William Ayrton dengan John Perry memperkenalkan kendaraan 3 roda elektrik ciptaan mereka yang mana menggunakan motor listrik yg ditempelkan pada roda belakang daerah kanan & dilengkapi dengan 12 buah baterai. Dengan motor listriknya itu, ‘kursi roda elektrik’ ini dpt melaju hingga lima belas km/jam dgn jarak tempuh sekitar empat puluh kilometer.
Berkat sebagian penemuan primer itulah akhirnya mobil listrik perlahan-lahan menjadi komoditas industri yang mulai menjelma daerah dari aktivitas ekonomi saat itu. Pada tahun 1884 Thomas Parker Penemu berkebangsaan Inggris membuat kendaraan roda empat listrik pabrikan bakal nomor satu kalinya. Ia sebetulnya ialah penemu yang berkarya pada perusahaan Elwell-Parker Ltd, perusahaan yang membuat lokomotif dan bis bertenaga listrik. Kendaraan Roda Empat listrik ciptaannya ini baru dengan cara legal dipasarkan kepada publik pada tahun 1896. Sementara dilain pihak William Morrison warga Amerika juga telah memublikasikan mobil ciptaannya pd tahun 1891.
Selain itu seorang penemu Perancis, Charles Jeantaud membuat kendaraan roda 4 listrik ciptaannya pada tahun 1906, yang mana dpt melaju hingga 63 km/jam sekalian memecahkan rekor sbg kendaraan roda 4 listrik tercepat wkt itu.
MINIATUR MOBIL PAJERO Gowa

Zaman Keemasan Mobil Listrik
Pada tahun1897 pemakaian kendaraan roda 4 listrik mulai merambah ke angkutan publik sebagaimana taksi di New York. Selain itu juga Kantor Pos di Perancis pd tahun 1901 mulai menerapkan kendaraan roda empat listrik sebagai angkutan pengiriman barangnya. Mobilnya sendiri diproduksi oleh oleh perseroan Levallois-Perret serta kendaraan tsb memiliki kompetensi jelajah sejauh 50 km dgn kecepatan maksimum 15 km/jam dengan daya angkut 1,5 ton!
Di dunia racing mobil, pada thn 1899 kendaraan roda empat listrik asal belgia yg bernama ‘jamais contente’ atau yg bermakna ‘tidak pernah puas’ sukses memecahkan rekor kecepatan 100 km/jam! sampai-sampai melewati pesaingnya yg berpenggerak mesin bakar. Kendaraan listrik Belgia ini dilengkapi ban merk michelin dengan baterai yang memiliki berat 1/2 dari berat mobilnya seorang diri merupakan seberat 750kg.
Sesudah melalui perkembangan pesat, perkembangan mobil listrik akhirnya menjumpai kemunduran krn dilain sisi perkembangan modern mesin bakar terus berkembang sampai puncaknya pd tahun 1908 mobil Ford T pertama kali diluncurkan.
MINIATUR MOBIL PAJERO Gowa
Wkt Kemunduran Kendaraan Listrik
Dengan peluncuran kendaraan bakar kesatu ini, ialah cikal bakal industri kendaraan roda empat modern waktu ini bersama sekaligus mempengaruhi industri kendaraan pada saat itu. Ditambah dgn masih murahnya value bahan bakar dan ongkos produksi kendaraan roda 4 berbahan bakar sampai 2 kali ekstra ekonomis dibandingkan kendaraan roda empat listrik menjadikan kendaraan listrik makin lama enggak populer.
