
MINIATUR MOBIL SPORT DARI KARDUS Pasangkayu
Jika pembaca berpikir bahwa kendaraan roda 4 listrik merupakan inovasi tekno terkini, anda keliru. Perkembangan modern kendaraan roda empat listrik sebetulnya sudah dimulai sewaktu abad ke 19. Ini dibuktikan dengan diperkenalkannya kesatu kali prototype kendaraan roda empat listrik nomor satu yang diproses pd tahun 1830 oleh Robert Anderson seorang pria Scotlandia. Bakal tetapi pada saat itu mobil listrik ini hyn dilengkapi dengan batere yg tak sanggup diisi ulang (non rechargeable). Barulah pd tahun 1859 Gaston Planté warga Perancis mendapatkan batere yang dpt diisi ulang, yg mana penemuan ini amat mempengaruhi evolusi kendaraan roda empat listrik setelahnya.
Pada thn 1881 setidaknya ada 3 kemajuan substansial dalam perkembangan teknologi kendaraan listrik.
3 Insinyur perancis Camille Faure, Charles Jeantaud dan Nicholas Raffard menciptakan kendaraan roda empat listrik yg solid yang dilengkapi dengan batere yang dpt menyimpan listrik.
Goustave Trouvé, seorang insinyur perancis mengiklankan kepada dunia sains pd masa itu motor listrik ciptaannya. a pun menjalani test coba mesin ciptaannya dengan mengaplikasikan pada sepeda beserta juga perahu sehabis itu barulah pd bulan November 1818 pada acara l‘Exposition Internationale d’Électricité de Paris dengan kata lain pameran elektronik internasional yang diadakan di Paris, Goustave mengintroduksi mesin listriknya yang diaplikasikan pd mobil.
MINIATUR MOBIL SPORT DARI KARDUS Pasangkayu
Sebagian bln berikutnya dua Penemu Inggris, William Ayrton dan John Perry menginformasikan kendaraan 3 roda elektrik ciptaan mereka yg mana menerapkan motor listrik yg ditempelkan pada roda belakang daerah kanan & dilengkapi dengan 12 buah baterai. Dengan motor listriknya itu, ‘kursi roda elektrik’ ini mampu melaju hingga lima belas km/jam dgn jarak tempuh lebih kurang 40 kilometer.
Berkat tdk semua penemuan bernilai itulah akhirnya kendaraan listrik perlahan-lahan menjelma komoditas industri yang mulai menjadi daerah dari kesibukan ekonomi wkt itu. Pd thn 18Delapan Puluh Empat Thomas Parker Penemu berkebangsaan Inggris menciptakan kendaraan roda empat listrik pabrikan bakal kesatu kalinya. Ia sebetulnya merupakan insinyur yang bekerja pd perusahaan Elwell-Parker Ltd, perseroan yang membuat lokomotif & bis bertenaga listrik. Kendaraan listrik ciptaannya ini baru scr formal dipasarkan kepada publik pada thn 1896. Sementara dilain pihak William Morrison warga Amerika juga sudah menginformasikan kendaraan roda 4 ciptaannya pd thn 1891.
Selain itu seorang insinyur Perancis, Charles Jeantaud membuat kendaraan roda 4 listrik ciptaannya pd thn 1906, yang mana dapat melaju sampai 63 km/jam sekaligus memecahkan rekor bagaikan kendaraan roda 4 listrik tercepat saat itu.
MINIATUR MOBIL SPORT DARI KARDUS Pasangkayu

Zaman Keemasan Kendaraan Roda Empat Listrik
Pada tahun1897 pemakaian mobil listrik mulai merambah ke angkutan publik semacam taksi di New York. Selain itu juga Kantor Pos di Perancis pada tahun 1901 mulai menerapkan kendaraan roda 4 listrik sebagai angkutan pengiriman barangnya. Mobilnya sorangan diproduksi oleh oleh perusahaan Levallois-Perret & mobil tersebut memiliki kepandaian jelajah sejauh 50 km dgn kecepatan maksimum lima belas km/jam dgn daya angkut 1,5 ton!
Di dunia racing mobil, pada tahun 1899 mobil listrik asal belgia yg bernama ‘jamais contente’ atau yg bermakna ‘tidak pernah puas’ berhasil memecahkan rekor kecepatan seratus km/jam! sampai-sampai melewati pesaingnya yg berpenggerak mesin bakar. Mobil listrik Belgia ini dilengkapi ban merk michelin bersama batree yang mempunyai berat 1/2 dari berat mobilnya sorangan adalah seberat 750kg.
Setelah lewat perkembangan pesat, perkembangan kendaraan roda 4 listrik akhirnya menjumpai kemunduran sebab dilain sisi perkembangan tekno mesin bakar terus berkembang hingga puncaknya pada thn 1908 kendaraan Ford T nomor satu kali diluncurkan.
MINIATUR MOBIL SPORT DARI KARDUS Pasangkayu
Waktu Kemunduran Kendaraan Roda 4 Listrik
Dengan peluncuran kendaraan roda 4 bakar pertama ini, ialah cikal bakal industri kendaraan roda 4 modern wkt ini dan sekaligus mempengaruhi industri kendaraan roda 4 pada waktu itu. Ditambah dengan masih murahnya harga bahan bakar bersama ongkos produksi kendaraan roda empat materi bakar hingga 2 kali lbh murah dibandingkan mobil listrik menjadikan kendaraan roda empat listrik lama kelamaan enggak populer.
