
DIECAST MOBIL ANTIK Jayapura
Jika pembaca berpikir bahwa kendaraan listrik adalah penemuan modern terkini, anda keliru. Perkembangan digital kendaraan listrik sebetulnya sudah dimulai dari abad ke 19. Ini dibuktikan dgn diperkenalkannya nomor satu kali prototype mobil listrik pertama yang diproduksi pada thn 18Tiga Puluh oleh Robert Anderson seorang cowok Scotlandia. Bakal tapi pada waktu itu kendaraan roda empat listrik ini cuman dilengkapi dgn batere yang nggak dapat diisi ulang (non rechargeable). Barulah pada thn 1859 Gaston Planté warga Perancis mendapatkan baterai yang dapat diisi ulang, yang mana inovasi ini amat mempengaruhi evolusi kendaraan listrik setelahnya.
Pd tahun 1881 setidaknya ada 3 kemajuan krusial dalam perkembangan digital kendaraan roda 4 listrik.
Tiga Penemu perancis Camille Faure, Charles Jeantaud serta Nicholas Raffard menciptakan kendaraan roda 4 listrik yg solid yang dilengkapi dengan batere yang mampu menyimpan listrik.
Goustave Trouvé, seorang penemu perancis mengiklankan kepada dunia sains pada masa itu motor listrik ciptaannya. a pun melakukan test coba mesin ciptaannya dgn mengaplikasikan pada sepeda & juga perahu sesudah itu barulah pd bulanan November 1818 pada agenda l‘Exposition Internationale d’Électricité de Paris alias pameran elektronik internasional yang diadakan di Paris, Goustave menginformasikan mesin listriknya yang diaplikasikan pd mobil.
DIECAST MOBIL ANTIK Jayapura
Sebagian bulan berikutnya 2 Penemu Inggris, William Ayrton beserta John Perry menginformasikan kendaraan 3 roda elektrik ciptaan mereka yang mana memakaikan motor listrik yg ditempelkan pd roda belakang wilayah kanan serta dilengkapi dengan dua belas buah baterai. Dgn motor listriknya itu, ‘kursi roda elektrik’ ini mampu melaju hingga lima belas km/jam dgn jarak tempuh kurang lebih 40 kilometer.
Berkat nggak semua penemuan berpengaruh itulah akhirnya kendaraan listrik perlahan-lahan menjelma komoditas industri yg mulai berubah wilayah dari aktivitas ekonomi wkt itu. Pd thn 18Delapan Puluh Empat Thomas Parker Insinyur berkebangsaan Inggris membuat kendaraan roda 4 listrik pabrikan bagi pertama kalinya. Ia sebetulnya adalah penemu yang bekerja pd perseroan Elwell-Parker Ltd, perusahaan yang menghasilkan lokomotif serta bis bertenaga listrik. Mobil listrik ciptaannya ini baru dgn cara sah dipasarkan kepada publik pd thn 1896. Sementara dilain pihak William Morrison warga Amerika juga sudah memperkenalkan kendaraan ciptaannya pd thn 1891.
Selain itu seorang penemu Perancis, Charles Jeantaud menciptakan kendaraan roda 4 listrik ciptaannya pd tahun 1906, yang mana sanggup melaju hingga 63 km/jam sekaligus memecahkan rekor sebagai kendaraan roda 4 listrik tercepat wkt itu.
DIECAST MOBIL ANTIK Jayapura

Zaman Keemasan Mobil Listrik
Pada tahun1897 pendayagunaan kendaraan listrik mulai merambah ke angkutan publik serupa taksi di New York. Selain itu juga Kantor Pos di Perancis pada thn 1901 mulai memakaikan kendaraan listrik sbg angkutan pengiriman barangnya. Mobilnya sorangan diproduksi oleh oleh perusahaan Levallois-Perret dan mobil tersebut memiliki kemahiran jelajah sejauh 50 km dengan kecepatan setinggi-tingginya lima belas km/jam dgn daya angkut 1,5 ton!
Di dunia balapan mobil, pd thn 1899 kendaraan listrik asal belgia yg bernama ‘jamais contente’ dengan kata lain yg bermakna ‘tidak tahu puas’ berhasil memecahkan rekor kecepatan seratus km/jam! malahan melewati pesaingnya yg berpenggerak mesin bakar. Kendaraan Roda 4 listrik Belgia ini dilengkapi ban merk michelin bersama batere yang memiliki berat 1/2 dari berat mobilnya sorangan yakni seberat 750kg.
Selepas melalui perkembangan pesat, perkembangan kendaraan roda 4 listrik akhirnya menemukan kemunduran karna dilain sisi perkembangan globalisasi mesin bakar terus berkembang sampai puncaknya pd thn 1908 kendaraan roda 4 Ford T pertama kali diluncurkan.
DIECAST MOBIL ANTIK Jayapura
Saat Kemunduran Kendaraan Roda 4 Listrik
Dgn peluncuran mobil bakar nomor satu ini, adalah cikal bakal industri mobil modern waktu ini beserta sekalian mempengaruhi industri kendaraan roda 4 pd masa itu. Ditambah dgn masih murahnya value material bakar dengan biaya produksi kendaraan berbahan dasar bakar sampai 2 kali ekstra ekonomis dibandingkan kendaraan roda empat listrik menjadikan kendaraan roda 4 listrik makin lama nggak populer.
