
MINIATUR MOBIL VW DARI KAYU Ponorogo
Jika pembaca berpikir bahwa kendaraan roda empat listrik adalah inovasi modern terkini, anda keliru. Perkembangan teknologi kendaraan roda empat listrik sebenarnya telah dimulai sejak abad ke 19. Ini dibuktikan dgn diperkenalkannya kesatu kali prototype mobil listrik nomor satu yang diproses pd thn 18Tiga Puluh oleh Robert Anderson seorang cowo Scotlandia. Mau tetapi pada masa itu kendaraan roda 4 listrik ini hyn dilengkapi dengan batere yg nggak bisa diisi ulang (non rechargeable). Barulah pd thn 1859 Gaston Planté warga Perancis menjumpai batere yg mampu diisi ulang, yg mana penemuan ini amat mempengaruhi evolusi kendaraan roda 4 listrik setelahnya.
Pd thn 1881 setidaknya ada 3 kemajuan berguna dalam perkembangan teknologi kendaraan roda 4 listrik.
3 Penemu perancis Camille Faure, Charles Jeantaud dengan Nicholas Raffard menciptakan kendaraan listrik yang solid yg dilengkapi dgn batere yg sanggup menyimpan listrik.
Goustave Trouvé, seorang insinyur perancis memublikasikan kepada dunia sains pd wkt itu motor listrik ciptaannya. a pun menjalankan percobaan coba mesin ciptaannya dgn mengaplikasikan pd sepeda & juga perahu sesudah itu barulah pd bln November 1818 pd agenda l‘Exposition Internationale d’Électricité de Paris dgn kata lain pameran elektronik universal yang diadakan di Paris, Goustave memberitahukan mesin listriknya yg diaplikasikan pd mobil.
MINIATUR MOBIL VW DARI KAYU Ponorogo
Sebagian bln berikutnya dua Insinyur Inggris, William Ayrton beserta John Perry mempromosikan kendaraan tiga roda elektrik ciptaan mereka yg mana memakaikan motor listrik yg ditempelkan pd roda belakang daerah kanan bersama dilengkapi dengan dua belas buah baterai. Dgn motor listriknya itu, ‘kursi roda elektrik’ ini bisa melaju sampai lima belas km/jam dengan jarak tempuh lebih kurang empat puluh kilometer.
Berkat beberapa inovasi bernilai itulah akhirnya kendaraan listrik perlahan-lahan menjadi komoditas industri yg mulai berubah wilayah dari aktivitas ekonomi waktu itu. Pd tahun 1884 Thomas Parker Insinyur berkebangsaan Inggris membuat kendaraan roda 4 listrik pabrikan buat pertama kalinya. Ia sebenarnya yaitu penemu yang berkarya pd perusahaan Elwell-Parker Ltd, perseroan yang membuat lokomotif serta bis bertenaga listrik. Mobil listrik ciptaannya ini baru dgn cara resmi dipasarkan kepada publik pd thn 1896. Sementara dilain pihak William Morrison warga Amerika juga telah memperkenalkan kendaraan roda empat ciptaannya pd thn 1891.
Selain itu seorang penemu Perancis, Charles Jeantaud membuat mobil listrik ciptaannya pd tahun 1906, yang mana dapat melaju sampai 63 km/jam sekaligus memecahkan rekor selaku kendaraan listrik tercepat waktu itu.
MINIATUR MOBIL VW DARI KAYU Ponorogo

Zaman Keemasan Kendaraan Listrik
Pd tahun1897 pemanfaatan mobil listrik mulai merambah ke angkutan publik semacam taksi di New York. Selain itu juga Kantor Pos di Perancis pada thn 1901 mulai memakekan mobil listrik bagaikan angkutan pengiriman barangnya. Mobilnya seorang diri diproduksi oleh oleh perusahaan Levallois-Perret dengan kendaraan roda 4 tsb mendapatkan penguasaan jelajah sejauh 50 km dgn kecepatan mentok lima belas km/jam dengan daya angkut 1,5 ton!
Di dunia racing mobil, pada thn 1899 kendaraan roda 4 listrik asal belgia yg bernama ‘jamais contente’ dgn kata lain yang bermakna ‘tidak pernah puas’ berhasil memecahkan rekor kecepatan 100 km/jam! lebih-lebih melampaui pesaingnya yg berpenggerak mesin bakar. Kendaraan listrik Belgia ini dilengkapi ban merk michelin & batree yang memperoleh berat 1/2 dari berat mobilnya sendiri yaitu seberat 750kg.
Selesai melalui perkembangan pesat, perkembangan kendaraan listrik akhirnya menemukan kemunduran krn dilain sisi perkembangan tekno mesin bakar terus berkembang hingga puncaknya pada tahun 1908 kendaraan roda empat Ford T pertama kali diluncurkan.
MINIATUR MOBIL VW DARI KAYU Ponorogo
Masa Kemunduran Mobil Listrik
Dgn peluncuran kendaraan roda 4 bakar pertama ini, adalah cikal bakal industri kendaraan roda empat modern masa ini & sekaligus mempengaruhi industri kendaraan roda empat pada waktu itu. Ditambah dengan masih murahnya price bahan bakar bersama biaya produksi kendaraan materi bakar sampai 2 kali extra ekonomis dibandingkan kendaraan roda empat listrik menjadikan kendaraan roda empat listrik semakin enggak populer.
