DIECAST MOBIL JIMNY Sumba Tengah

 DIECAST MOBIL JIMNY Sumba Tengah

DIECAST MOBIL JIMNY Sumba Tengah
Jika pembaca berpikir bahwa kendaraan roda 4 listrik ialah inovasi digital terkini, anda keliru. Perkembangan tekno kendaraan roda empat listrik sedianya telah dimulai sewaktu abad ke 19. Ini dibuktikan dgn diperkenalkannya kesatu kali prototype kendaraan listrik nomor satu yg dirancang pada thn 18Tiga Puluh oleh Robert Anderson seorang pria Scotlandia. Mau tetapi pada waktu itu kendaraan listrik ini cuma dilengkapi dgn baterai yang tidak sanggup diisi ulang (non rechargeable). Barulah pada tahun 1859 Gaston Planté warga Perancis menjumpai baterai yang bisa diisi ulang, yg mana inovasi ini sangat mempengaruhi evolusi kendaraan roda 4 listrik setelahnya.

Pd thn 1881 setidaknya ada 3 kemajuan utama dalam perkembangan modern kendaraan roda 4 listrik.

Tiga Insinyur perancis Camille Faure, Charles Jeantaud dengan Nicholas Raffard menciptakan kendaraan listrik yang solid yg dilengkapi dengan batere yg dapat menyimpan listrik.

Goustave Trouvé, seorang insinyur perancis menginformasikan kepada dunia sains pd wkt itu motor listrik ciptaannya. a pun menjalani percobaan coba mesin ciptaannya dengan mengaplikasikan pd sepeda dan juga perahu sesudah itu barulah pd bln November 1818 pd kegiatan l‘Exposition Internationale d’Électricité de Paris alias pameran elektronik global yg diadakan di Paris, Goustave menginformasikan mesin listriknya yang diaplikasikan pd mobil.

DIECAST MOBIL JIMNY Sumba Tengah
Sejarah Kendaraan Roda Empat Listrik Yg Jarang Kita Ketahui
Beberapa bulanan berikutnya dua Penemu Inggris, William Ayrton dan John Perry memberitahukan kendaraan 3 roda elektrik ciptaan mereka yang mana memakaikan motor listrik yang ditempelkan pada roda belakang daerah kanan & dilengkapi dgn dua belas buah baterai. Dgn motor listriknya itu, ‘kursi roda elektrik’ ini dpt melaju sampai 15 km/jam dengan jarak tempuh kira-kira empat puluh kilometer.

Berkat tidak semua inovasi substansial itulah akhirnya kendaraan roda empat listrik perlahan-lahan menjadi komoditas industri yg mulai menjelma lokasi dari aktivitas ekonomi wkt itu. Pada tahun 1884 Thomas Parker Penemu berkebangsaan Inggris membuat kendaraan roda 4 listrik pabrikan utk nomor satu kalinya. Ia sebenarnya merupakan penemu yg berprofesi pd perseroan Elwell-Parker Ltd, perusahaan yang menghasilkan lokomotif beserta bis bertenaga listrik. Mobil listrik ciptaannya ini baru scr sah dipasarkan kepada publik pd tahun 1896. Sementara dilain pihak William Morrison warga Amerika juga sudah menghadirkan kendaraan roda 4 ciptaannya pada tahun 1891.

Selain itu seorang penemu Perancis, Charles Jeantaud menghasilkan mobil listrik ciptaannya pd tahun 1906, yang mana bisa melaju hingga 63 km/jam sekalian memecahkan rekor bagaikan kendaraan roda empat listrik tercepat wkt itu.

DIECAST MOBIL JIMNY Sumba Tengah

 DIECAST MOBIL JIMNY Sumba Tengah

Zaman Keemasan Kendaraan Roda Empat Listrik
Pada tahun1897 pendayagunaan kendaraan listrik mulai merambah ke angkutan publik serupa taksi di New York. Selain itu juga Kantor Pos di Perancis pada tahun 1901 mulai memakekan kendaraan listrik selaku angkutan pengiriman barangnya. Mobilnya mandiri diproduksi oleh oleh perseroan Levallois-Perret dan kendaraan tersebut mendapatkan kompetensi jelajah sejauh 50 km dgn kecepatan maksimum lima belas km/jam dengan daya angkut 1,5 ton!

Di dunia balapan mobil, pd tahun 1899 mobil listrik asal belgia yg bernama ‘jamais contente’ dengan kata lain yang berarti ‘tidak tahu puas’ berhasil memecahkan rekor kecepatan 100 km/jam! sampai-sampai melebihi pesaingnya yg berpenggerak mesin bakar. Mobil listrik Belgia ini dilengkapi ban merk michelin dan batree yang mendapatkan berat setengah dari berat mobilnya sendiri yakni seberat 750kg.

Setelah melalui perkembangan pesat, perkembangan kendaraan roda 4 listrik akhirnya menjumpai kemunduran krn dilain sisi perkembangan teknologi mesin bakar terus berkembang sampai puncaknya pd tahun 1908 kendaraan roda empat Ford T nomor satu kali diluncurkan.

DIECAST MOBIL JIMNY Sumba Tengah
Saat Kemunduran Kendaraan Listrik
Dengan peluncuran mobil bakar nomor satu ini, yakni cikal bakal industri kendaraan roda empat modern saat ini dengan sekalian mempengaruhi industri mobil pd waktu itu. Ditambah dgn masih murahnya harga bahan bakar serta budget produksi kendaraan roda 4 material bakar sampai 2 kali ekstra murah dibandingkan kendaraan listrik menjadikan kendaraan roda empat listrik lama kelamaan tidak populer.

 DIECAST MOBIL JIMNY Sumba Tengah

DIECAST MOBIL JIMNY Sumba Tengah

DIECAST MOBIL JIMNY Sumba Tengah

LihatTutupKomentar