
MINIATUR MOBIL BUS INDONESIA Muara Bungo
Jika pembaca berpikir bahwa mobil listrik yakni penemuan modern terkini, anda keliru. Perkembangan tekno kendaraan roda 4 listrik sebetulnya telah dimulai dari abad ke 19. Ini dibuktikan dgn diperkenalkannya pertama kali prototype kendaraan listrik pertama yg dibuat pada thn 18Tiga Puluh oleh Robert Anderson seorang pria Scotlandia. Mau tetapi pd waktu itu kendaraan roda empat listrik ini cukup dilengkapi dgn batree yg nggak mampu diisi ulang (non rechargeable). Barulah pd thn 1859 Gaston Planté warga Perancis menjumpai baterai yang sanggup diisi ulang, yg mana inovasi ini amat mempengaruhi evolusi kendaraan listrik setelahnya.
Pd tahun 1881 setidaknya ada 3 kemajuan substansial dalam perkembangan teknologi kendaraan roda 4 listrik.
3 Penemu perancis Camille Faure, Charles Jeantaud & Nicholas Raffard menciptakan kendaraan listrik yg solid yang dilengkapi dengan batere yang sanggup menyimpan listrik.
Goustave Trouvé, seorang insinyur perancis menginformasikan kepada dunia sains pd saat itu motor listrik ciptaannya. a pun menjalani uji coba mesin ciptaannya dgn mengaplikasikan pada sepeda serta juga perahu setelah itu barulah pd bln November 1818 pd agenda l‘Exposition Internationale d’Électricité de Paris alias pameran elektronik universal yg diadakan di Paris, Goustave memperkenalkan mesin listriknya yg diaplikasikan pd mobil.
MINIATUR MOBIL BUS INDONESIA Muara Bungo
Beberapa 31 hari berikutnya dua Penemu Inggris, William Ayrton & John Perry memublikasikan kendaraan tiga roda elektrik ciptaan mereka yg mana memakaikan motor listrik yang ditempelkan pada roda belakang area kanan dengan dilengkapi dgn dua belas buah baterai. Dengan motor listriknya itu, ‘kursi roda elektrik’ ini dapat melaju sampai 15 km/jam dgn jarak tempuh berkisar 40 kilometer.
Berkat beberapa inovasi substansial itulah akhirnya mobil listrik perlahan-lahan menjelma komoditas industri yang mulai menjelma lokasi dari kesibukan ekonomi masa itu. Pd tahun 18Delapan Puluh Empat Thomas Parker Insinyur berkebangsaan Inggris menciptakan kendaraan listrik pabrikan buat pertama kalinya. Ia sedianya adalah insinyur yang bertugas pada perusahaan Elwell-Parker Ltd, perseroan yang menciptakan lokomotif & bis bertenaga listrik. Mobil listrik ciptaannya ini baru dgn cara legal dipasarkan kepada publik pada thn 1896. Sementara dilain pihak William Morrison warga Amerika juga sudah menghadirkan mobil ciptaannya pd thn 1891.
Selain itu seorang insinyur Perancis, Charles Jeantaud menciptakan kendaraan listrik ciptaannya pd tahun 1906, yang mana mampu melaju hingga 63 km/jam sekaligus memecahkan rekor sebagai mobil listrik tercepat wkt itu.
MINIATUR MOBIL BUS INDONESIA Muara Bungo

Zaman Keemasan Kendaraan Roda 4 Listrik
Pada tahun1897 pendayagunaan mobil listrik mulai merambah ke angkutan publik seperti taksi di New York. Selain itu juga Kantor Pos di Perancis pd thn 1901 mulai memakekan kendaraan roda 4 listrik selaku angkutan pengiriman barangnya. Mobilnya mandiri diproduksi oleh oleh perseroan Levallois-Perret dan kendaraan tersebut memiliki kecakapan jelajah sejauh 50 km dengan kecepatan setinggi-tingginya 15 km/jam dgn daya angkut 1,5 ton!
Di dunia racing mobil, pd tahun 1899 kendaraan roda 4 listrik asal belgia yang bernama ‘jamais contente’ dgn kata lain yang bermakna ‘tidak pernah puas’ sukses memecahkan rekor kecepatan 100 km/jam! terlebih melebihi pesaingnya yg berpenggerak mesin bakar. Kendaraan Roda Empat listrik Belgia ini dilengkapi ban merk michelin serta baterai yang mendapatkan berat setengah dari berat mobilnya independen adalah seberat 750kg.
Setelah memakai perkembangan pesat, perkembangan kendaraan roda empat listrik akhirnya menerima kemunduran sebab dilain sisi perkembangan modern mesin bakar terus berkembang sampai puncaknya pada tahun 1908 mobil Ford T kesatu kali diluncurkan.
MINIATUR MOBIL BUS INDONESIA Muara Bungo
Waktu Kemunduran Mobil Listrik
Dgn peluncuran mobil bakar nomor satu ini, merupakan cikal bakal industri mobil modern wkt ini beserta sekaligus mempengaruhi industri kendaraan pada saat itu. Ditambah dgn masih murahnya nilai material bakar serta bujet produksi kendaraan roda 4 berbahan dasar bakar hingga 2 kali lbh murah dibandingkan kendaraan roda 4 listrik menjadikan kendaraan listrik lama kelamaan tidak populer.
