
MINIATUR MOBIL JEEP DARI KAYU Cikarang
Jika pembaca berpikir bahwa kendaraan roda empat listrik merupakan inovasi globalisasi terkini, anda keliru. Perkembangan modern mobil listrik sebenarnya sudah dimulai sejak abad ke 19. Ini dibuktikan dgn diperkenalkannya nomor satu kali prototype kendaraan roda empat listrik kesatu yang diurus pd tahun 1830 oleh Robert Anderson seorang cowok Scotlandia. Hendak namun pd wkt itu kendaraan listrik ini cuman dilengkapi dgn batere yang tidak dpt diisi ulang (non rechargeable). Barulah pada thn 1859 Gaston Planté warga Perancis menemukan batere yg dpt diisi ulang, yg mana penemuan ini sangat mempengaruhi evolusi kendaraan roda 4 listrik setelahnya.
Pd tahun 1881 setidaknya ada 3 kemajuan bermanfaat dalam perkembangan teknologi kendaraan roda empat listrik.
3 Insinyur perancis Camille Faure, Charles Jeantaud bersama Nicholas Raffard menciptakan kendaraan roda 4 listrik yang solid yg dilengkapi dengan batere yang sanggup menyimpan listrik.
Goustave Trouvé, seorang insinyur perancis memberitahukan kepada dunia sains pd saat itu motor listrik ciptaannya. a pun mengerjakan test coba mesin ciptaannya dgn mengaplikasikan pada sepeda beserta juga perahu selepas itu barulah pada 31 hari November 1818 pd hajatan l‘Exposition Internationale d’Électricité de Paris alias pameran elektronik global yang diadakan di Paris, Goustave menginformasikan mesin listriknya yg diaplikasikan pada mobil.
MINIATUR MOBIL JEEP DARI KAYU Cikarang
Beberapa bln berikutnya 2 Penemu Inggris, William Ayrton beserta John Perry memublikasikan kendaraan tiga roda elektrik ciptaan mereka yang mana menggunakan motor listrik yang ditempelkan pd roda belakang wilayah kanan dengan dilengkapi dgn dua belas buah baterai. Dengan motor listriknya itu, ‘kursi roda elektrik’ ini dapat melaju hingga lima belas km/jam dgn jarak tempuh berkisar 40 kilometer.
Berkat nggak semua inovasi utama itulah akhirnya kendaraan listrik perlahan-lahan menjelma komoditas industri yang mulai menjadi lokasi dari aktivitas ekonomi masa itu. Pada thn 1884 Thomas Parker Insinyur berkebangsaan Inggris membuat kendaraan roda empat listrik pabrikan untuk nomor satu kalinya. Ia sedianya yaitu insinyur yg berprofesi pd perusahaan Elwell-Parker Ltd, perseroan yang menciptakan lokomotif beserta bis bertenaga listrik. Kendaraan listrik ciptaannya ini baru dengan cara sah dipasarkan kepada publik pd tahun 1896. Sementara dilain pihak William Morrison warga Amerika juga telah memublikasikan kendaraan roda 4 ciptaannya pd thn 1891.
Selain itu seorang penemu Perancis, Charles Jeantaud menghasilkan kendaraan listrik ciptaannya pada tahun 1906, yang mana bisa melaju hingga 63 km/jam sekaligus memecahkan rekor bagaikan kendaraan listrik tercepat saat itu.
MINIATUR MOBIL JEEP DARI KAYU Cikarang

Zaman Keemasan Kendaraan Listrik
Pada tahun1897 penerapan kendaraan roda 4 listrik mulai merambah ke angkutan publik semacam taksi di New York. Selain itu juga Kantor Pos di Perancis pd thn 1901 mulai menerapkan kendaraan roda 4 listrik sebagai angkutan pengiriman barangnya. Mobilnya independen diproduksi oleh oleh perseroan Levallois-Perret dan kendaraan tersebut memperoleh kapabilitas jelajah sejauh 50 km dengan kecepatan mentok 15 km/jam dgn daya angkut 1,5 ton!
Di dunia racing mobil, pd thn 1899 mobil listrik asal belgia yang bernama ‘jamais contente’ atau yg berarti ‘tidak sudah puas’ berhasil memecahkan rekor kecepatan seratus km/jam! sampai-sampai melampaui pesaingnya yg berpenggerak mesin bakar. Kendaraan Roda Empat listrik Belgia ini dilengkapi ban merk michelin dan baterai yg mendapatkan berat setengah dari berat mobilnya sendiri adalah seberat 750kg.
Selesai menggunakan perkembangan pesat, perkembangan mobil listrik akhirnya menemukan kemunduran karna dilain sisi perkembangan modern mesin bakar terus berkembang hingga puncaknya pd thn 1908 kendaraan roda 4 Ford T kesatu kali diluncurkan.
MINIATUR MOBIL JEEP DARI KAYU Cikarang
Saat Kemunduran Kendaraan Listrik
Dgn peluncuran kendaraan bakar nomor satu ini, ialah cikal bakal industri kendaraan roda empat modern masa ini bersama sekaligus mempengaruhi industri kendaraan roda empat pd saat itu. Ditambah dgn masih murahnya harga materi bakar beserta bujet produksi mobil materi bakar sampai 2 kali ekstra murah dibandingkan kendaraan listrik menjadikan kendaraan listrik semakin enggak populer.
