
MINIATUR MOBIL DARI BAMBU Bangka Tengah
Jika pembaca berpikir bahwa kendaraan roda 4 listrik ialah penemuan globalisasi terkini, anda keliru. Perkembangan modern kendaraan listrik sedianya telah dimulai sewaktu abad ke 19. Ini dibuktikan dengan diperkenalkannya pertama kali prototype kendaraan listrik pertama yang diciptakan pada tahun 1830 oleh Robert Anderson seorang cowok Scotlandia. Akan namun pd saat itu kendaraan roda empat listrik ini cukup dilengkapi dengan baterai yang tidak dapat diisi ulang (non rechargeable). Barulah pd tahun 1859 Gaston Planté warga Perancis mendapatkan baterai yg bisa diisi ulang, yang mana inovasi ini sangat mempengaruhi evolusi mobil listrik setelahnya.
Pada thn 1881 setidaknya ada 3 kemajuan signifikan dlm perkembangan modern kendaraan listrik.
3 Penemu perancis Camille Faure, Charles Jeantaud serta Nicholas Raffard menciptakan kendaraan roda empat listrik yg solid yang dilengkapi dengan batere yang bisa menyimpan listrik.
Goustave Trouvé, seorang penemu perancis memperkenalkan kepada dunia sains pada wkt itu motor listrik ciptaannya. a pun mengerjakan uji coba mesin ciptaannya dengan mengaplikasikan pada sepeda dan juga perahu setelah itu barulah pd bulan November 1818 pada acara l‘Exposition Internationale d’Électricité de Paris atau pameran elektronik internasional yg diadakan di Paris, Goustave menghadirkan mesin listriknya yg diaplikasikan pada mobil.
MINIATUR MOBIL DARI BAMBU Bangka Tengah
Tdk Semua 30 hari berikutnya dua Insinyur Inggris, William Ayrton serta John Perry menghadirkan kendaraan 3 roda elektrik ciptaan mereka yang mana memakaikan motor listrik yang ditempelkan pd roda belakang wilayah kanan dan dilengkapi dengan 12 buah baterai. Dgn motor listriknya itu, ‘kursi roda elektrik’ ini bisa melaju sampai 15 km/jam dgn jarak tempuh kira-kira empat puluh kilometer.
Berkat tdk semua penemuan bermanfaat itulah akhirnya kendaraan listrik perlahan-lahan menjadi komoditas industri yang mulai menjadi area dari aktivitas ekonomi saat itu. Pada tahun 1884 Thomas Parker Insinyur berkebangsaan Inggris menciptakan mobil listrik pabrikan untuk pertama kalinya. Ia sesungguhnya adalah insinyur yang berkarya pd perusahaan Elwell-Parker Ltd, perseroan yg menciptakan lokomotif bersama bis bertenaga listrik. Kendaraan Roda 4 listrik ciptaannya ini baru dengan cara legal dipasarkan kepada publik pd thn 1896. Sementara dilain pihak William Morrison warga Amerika juga sudah memperkenalkan kendaraan ciptaannya pada tahun 1891.
Selain itu seorang penemu Perancis, Charles Jeantaud membuat kendaraan listrik ciptaannya pd thn 1906, yang mana sanggup melaju sampai 63 km/jam sekalian memecahkan rekor sbg kendaraan listrik tercepat waktu itu.
MINIATUR MOBIL DARI BAMBU Bangka Tengah

Zaman Keemasan Mobil Listrik
Pd tahun1897 pemakaian kendaraan listrik mulai merambah ke angkutan publik serupa taksi di New York. Selain itu juga Kantor Pos di Perancis pd thn 1901 mulai menggunakan kendaraan roda 4 listrik selaku angkutan pengiriman barangnya. Mobilnya independen diproduksi oleh oleh perusahaan Levallois-Perret beserta kendaraan roda 4 tersebut mendapatkan keahlian jelajah sejauh 50 km dgn kecepatan pol lima belas km/jam dgn daya angkut 1,5 ton!
Di dunia balapan mobil, pd thn 1899 kendaraan roda empat listrik asal belgia yang bernama ‘jamais contente’ dengan kata lain yg berarti ‘tidak tahu puas’ sukses memecahkan rekor kecepatan seratus km/jam! bahkan melewati pesaingnya yang berpenggerak mesin bakar. Kendaraan Roda Empat listrik Belgia ini dilengkapi ban merk michelin serta batree yg memiliki berat setengah dari berat mobilnya seorang diri adalah seberat 750kg.
Sehabis lewat perkembangan pesat, perkembangan kendaraan roda 4 listrik akhirnya mengalami kemunduran sebab dilain sisi perkembangan modern mesin bakar terus berkembang hingga puncaknya pd thn 1908 kendaraan Ford T pertama kali diluncurkan.
MINIATUR MOBIL DARI BAMBU Bangka Tengah
Wkt Kemunduran Mobil Listrik
Dgn peluncuran mobil bakar pertama ini, yakni cikal bakal industri mobil modern saat ini beserta sekaligus mempengaruhi industri kendaraan roda empat pada waktu itu. Ditambah dengan masih murahnya nilai berbahan dasar bakar bersama dana produksi kendaraan roda 4 materi bakar hingga 2 kali ekstra murah dibandingkan mobil listrik menjadikan kendaraan listrik semakin nggak populer.
