
MINIATUR MOBIL MITSUBISHI Batang
Jika pembaca berpikir bahwa kendaraan roda 4 listrik ialah inovasi modern terkini, anda keliru. Perkembangan digital kendaraan roda empat listrik sebetulnya sudah dimulai sejak abad ke 19. Ini dibuktikan dengan diperkenalkannya kesatu kali prototype mobil listrik pertama yang diproses pd thn 18Tiga Puluh oleh Robert Anderson seorang cowo Scotlandia. Hendak tetapi pada saat itu mobil listrik ini sekadar dilengkapi dgn batree yang enggak mampu diisi ulang (non rechargeable). Barulah pd tahun 1859 Gaston Planté warga Perancis menemukan batree yg sanggup diisi ulang, yang mana inovasi ini amat mempengaruhi evolusi kendaraan roda empat listrik setelahnya.
Pada tahun 1881 setidaknya ada 3 kemajuan substansial dlm perkembangan tekno mobil listrik.
Tiga Penemu perancis Camille Faure, Charles Jeantaud beserta Nicholas Raffard menciptakan kendaraan roda 4 listrik yg solid yang dilengkapi dengan batree yang dapat menyimpan listrik.
Goustave Trouvé, seorang penemu perancis memberitahukan kepada dunia sains pada wkt itu motor listrik ciptaannya. a pun menjalani uji coba mesin ciptaannya dgn mengaplikasikan pd sepeda beserta juga perahu setelah itu barulah pada bulanan November 1818 pada acara l‘Exposition Internationale d’Électricité de Paris atau pameran elektronik global yang diadakan di Paris, Goustave mempromosikan mesin listriknya yg diaplikasikan pd mobil.
MINIATUR MOBIL MITSUBISHI Batang
Enggak Semua 31 hari berikutnya dua Insinyur Inggris, William Ayrton & John Perry mengiklankan kendaraan tiga roda elektrik ciptaan mereka yang mana menggunakan motor listrik yang ditempelkan pada roda belakang bagian kanan bersama dilengkapi dgn dua belas buah baterai. Dengan motor listriknya itu, ‘kursi roda elektrik’ ini dpt melaju sampai 15 km/jam dengan jarak tempuh kira-kira empat puluh kilometer.
Berkat sebagian penemuan berguna itulah akhirnya kendaraan roda empat listrik perlahan-lahan berubah komoditas industri yg mulai menjadi wilayah dari kesibukan ekonomi wkt itu. Pd tahun 18Delapan Puluh Empat Thomas Parker Penemu berkebangsaan Inggris membuat kendaraan roda 4 listrik pabrikan utk kesatu kalinya. Ia sedianya adalah insinyur yang berprofesi pd perusahaan Elwell-Parker Ltd, perusahaan yg menghasilkan lokomotif dan bis bertenaga listrik. Mobil listrik ciptaannya ini baru secara sah dipasarkan kepada publik pd tahun 1896. Sementara dilain pihak William Morrison warga Amerika juga telah mempromosikan kendaraan roda empat ciptaannya pada thn 1891.
Selain itu seorang penemu Perancis, Charles Jeantaud membuat mobil listrik ciptaannya pada thn 1906, yang mana dapat melaju sampai 63 km/jam sekaligus memecahkan rekor bagaikan kendaraan roda empat listrik tercepat wkt itu.
MINIATUR MOBIL MITSUBISHI Batang

Zaman Keemasan Kendaraan Roda Empat Listrik
Pd tahun1897 penggunaan kendaraan listrik mulai merambah ke angkutan publik seperti taksi di New York. Selain itu juga Kantor Pos di Perancis pd tahun 1901 mulai memakaikan kendaraan roda 4 listrik sbg angkutan pengiriman barangnya. Mobilnya mandiri diproduksi oleh oleh perseroan Levallois-Perret & mobil tersebut mempunyai kepandaian jelajah sejauh 50 km dgn kecepatan mentok lima belas km/jam dgn daya angkut 1,5 ton!
Di dunia balapan mobil, pd tahun 1899 kendaraan roda 4 listrik asal belgia yang bernama ‘jamais contente’ dengan kata lain yg bermakna ‘tidak tahu puas’ sukses memecahkan rekor kecepatan 100 km/jam! lebih-lebih melampaui pesaingnya yang berpenggerak mesin bakar. Kendaraan listrik Belgia ini dilengkapi ban merk michelin serta baterai yg mempunyai berat setengah dari berat mobilnya sendiri yaitu seberat 750kg.
Setelah memakai perkembangan pesat, perkembangan kendaraan roda 4 listrik akhirnya menjumpai kemunduran krn dilain sisi perkembangan modern mesin bakar terus berkembang sampai puncaknya pd thn 1908 kendaraan Ford T kesatu kali diluncurkan.
MINIATUR MOBIL MITSUBISHI Batang
Waktu Kemunduran Kendaraan Roda 4 Listrik
Dgn peluncuran kendaraan roda 4 bakar kesatu ini, yaitu cikal bakal industri mobil modern masa ini beserta sekaligus mempengaruhi industri kendaraan roda empat pd wkt itu. Ditambah dgn masih murahnya nilai material bakar beserta biaya produksi kendaraan roda empat material bakar sampai 2 kali extra ekonomis dibandingkan mobil listrik menjadikan kendaraan roda 4 listrik lama kelamaan tak populer.
