
MINIATUR MOBIL PICK UP Kepulauan Yapen
Jika pembaca berpikir bahwa kendaraan roda 4 listrik merupakan inovasi digital terkini, anda keliru. Perkembangan digital kendaraan roda empat listrik sebenarnya sudah dimulai sejak abad ke 19. Ini dibuktikan dengan diperkenalkannya kesatu kali prototype kendaraan roda empat listrik pertama yang dikerjakan pd thn 1830 oleh Robert Anderson seorang cowok Scotlandia. Bakal tetapi pada wkt itu kendaraan roda 4 listrik ini semata-mata dilengkapi dgn baterai yang enggak bisa diisi ulang (non rechargeable). Barulah pada thn 1859 Gaston Planté warga Perancis menemukan batree yang dapat diisi ulang, yang mana penemuan ini amat mempengaruhi evolusi kendaraan listrik setelahnya.
Pd tahun 1881 setidaknya ada 3 kemajuan berpengaruh dlm perkembangan modern kendaraan roda empat listrik.
3 Penemu perancis Camille Faure, Charles Jeantaud serta Nicholas Raffard menciptakan mobil listrik yang solid yg dilengkapi dgn batere yang dapat menyimpan listrik.
Goustave Trouvé, seorang penemu perancis menghadirkan kepada dunia sains pd masa itu motor listrik ciptaannya. a pun menjalani percobaan coba mesin ciptaannya dgn mengaplikasikan pd sepeda dengan juga perahu sesudah itu barulah pada bulanan November 1818 pd kegiatan l‘Exposition Internationale d’Électricité de Paris dengan kata lain pameran elektronik dunia yg diadakan di Paris, Goustave mengiklankan mesin listriknya yang diaplikasikan pada mobil.
MINIATUR MOBIL PICK UP Kepulauan Yapen
Tdk Semua Tiga Puluh hari berikutnya dua Penemu Inggris, William Ayrton & John Perry menghadirkan kendaraan 3 roda elektrik ciptaan mereka yang mana memakaikan motor listrik yg ditempelkan pada roda belakang area kanan beserta dilengkapi dengan 12 buah baterai. Dengan motor listriknya itu, ‘kursi roda elektrik’ ini dpt melaju hingga 15 km/jam dengan jarak tempuh berkisar 40 kilometer.
Berkat nggak semua penemuan bermakna itulah akhirnya kendaraan listrik perlahan-lahan menjelma komoditas industri yg mulai menjelma area dari kesibukan ekonomi saat itu. Pada thn 18Delapan Puluh Empat Thomas Parker Penemu berkebangsaan Inggris menghasilkan kendaraan roda empat listrik pabrikan bagi nomor satu kalinya. Ia sebetulnya yaitu penemu yang berkarya pd perseroan Elwell-Parker Ltd, perusahaan yg menciptakan lokomotif & bis bertenaga listrik. Kendaraan Roda 4 listrik ciptaannya ini baru dgn cara sah dipasarkan kepada publik pd tahun 1896. Sementara dilain pihak William Morrison warga Amerika juga telah menginformasikan kendaraan ciptaannya pada thn 1891.
Selain itu seorang penemu Perancis, Charles Jeantaud menghasilkan kendaraan roda empat listrik ciptaannya pd thn 1906, yg mana mampu melaju sampai 63 km/jam sekaligus memecahkan rekor sbg kendaraan roda empat listrik tercepat masa itu.
MINIATUR MOBIL PICK UP Kepulauan Yapen

Zaman Keemasan Kendaraan Roda 4 Listrik
Pada tahun1897 pemakaian mobil listrik mulai merambah ke angkutan publik serupa taksi di New York. Selain itu juga Kantor Pos di Perancis pd thn 1901 mulai memakaikan kendaraan roda 4 listrik bagaikan angkutan pengiriman barangnya. Mobilnya mandiri diproduksi oleh oleh perusahaan Levallois-Perret serta kendaraan roda empat tsb mempunyai keahlian jelajah sejauh 50 km dgn kecepatan setinggi-tingginya lima belas km/jam dgn daya angkut 1,5 ton!
Di dunia racing mobil, pd tahun 1899 kendaraan listrik asal belgia yg bernama ‘jamais contente’ atau yg bermakna ‘tidak sempat puas’ berhasil memecahkan rekor kecepatan 100 km/jam! sampai-sampai melebihi pesaingnya yg berpenggerak mesin bakar. Kendaraan listrik Belgia ini dilengkapi ban merk michelin bersama baterai yang memperoleh berat 1/2 dari berat mobilnya sendiri adalah seberat 750kg.
Selepas memakai perkembangan pesat, perkembangan kendaraan listrik akhirnya menerima kemunduran karna dilain sisi perkembangan tekno mesin bakar terus berkembang hingga puncaknya pd thn 1908 kendaraan roda empat Ford T nomor satu kali diluncurkan.
MINIATUR MOBIL PICK UP Kepulauan Yapen
Waktu Kemunduran Mobil Listrik
Dgn peluncuran kendaraan bakar nomor satu ini, adalah cikal bakal industri mobil modern waktu ini bersama sekaligus mempengaruhi industri kendaraan roda 4 pada masa itu. Ditambah dengan masih murahnya nilai bahan bakar dan anggaran produksi kendaraan berbahan dasar bakar sampai 2 kali lbh murah dibandingkan kendaraan roda empat listrik menjadikan kendaraan roda empat listrik semakin tak populer.
