
DIECAST MOBIL OFFROAD Lombok Timur
Jika pembaca berpikir bahwa kendaraan roda 4 listrik yakni inovasi modern terkini, anda keliru. Perkembangan modern mobil listrik sebenarnya sudah dimulai dari abad ke 19. Ini dibuktikan dgn diperkenalkannya nomor satu kali prototype kendaraan listrik kesatu yg diurus pd thn 1830 oleh Robert Anderson seorang pria Scotlandia. Hendak tapi pd waktu itu kendaraan listrik ini hanya dilengkapi dgn baterai yg nggak dapat diisi ulang (non rechargeable). Barulah pada thn 1859 Gaston Planté warga Perancis mendapatkan batree yg sanggup diisi ulang, yang mana inovasi ini amat mempengaruhi evolusi mobil listrik setelahnya.
Pd thn 1881 setidaknya ada 3 kemajuan substansial dlm perkembangan digital kendaraan roda 4 listrik.
Tiga Insinyur perancis Camille Faure, Charles Jeantaud bersama Nicholas Raffard menciptakan kendaraan listrik yang solid yg dilengkapi dgn baterai yang dapat menyimpan listrik.
Goustave Trouvé, seorang insinyur perancis memublikasikan kepada dunia sains pd waktu itu motor listrik ciptaannya. a pun mengerjakan uji coba mesin ciptaannya dengan mengaplikasikan pada sepeda dan juga perahu selesai itu barulah pd bulan November 1818 pd kegiatan l‘Exposition Internationale d’Électricité de Paris atau pameran elektronik dunia yg diadakan di Paris, Goustave memperkenalkan mesin listriknya yang diaplikasikan pada mobil.
DIECAST MOBIL OFFROAD Lombok Timur
Sebagian bln berikutnya dua Insinyur Inggris, William Ayrton serta John Perry mengiklankan kendaraan 3 roda elektrik ciptaan mereka yg mana menggunakan motor listrik yg ditempelkan pd roda belakang lokasi kanan dengan dilengkapi dengan 12 buah baterai. Dgn motor listriknya itu, ‘kursi roda elektrik’ ini bisa melaju hingga 15 km/jam dgn jarak tempuh kurang lebih 40 kilometer.
Berkat sebagian inovasi signifikan itulah akhirnya kendaraan roda 4 listrik perlahan-lahan berubah komoditas industri yg mulai berubah daerah dari aktivitas ekonomi saat itu. Pd tahun 18Delapan Puluh Empat Thomas Parker Penemu berkebangsaan Inggris membuat kendaraan roda 4 listrik pabrikan buat kesatu kalinya. Ia sesungguhnya adalah penemu yang berprofesi pada perseroan Elwell-Parker Ltd, perseroan yang menghasilkan lokomotif dan bis bertenaga listrik. Kendaraan Roda 4 listrik ciptaannya ini baru dgn cara sah dipasarkan kepada publik pd thn 1896. Sementara dilain pihak William Morrison warga Amerika juga telah memberitahukan kendaraan roda empat ciptaannya pd thn 1891.
Selain itu seorang insinyur Perancis, Charles Jeantaud menghasilkan kendaraan roda 4 listrik ciptaannya pd thn 1906, yg mana dapat melaju sampai 63 km/jam sekaligus memecahkan rekor selaku kendaraan roda empat listrik tercepat wkt itu.
DIECAST MOBIL OFFROAD Lombok Timur

Zaman Keemasan Kendaraan Listrik
Pd tahun1897 penerapan mobil listrik mulai merambah ke angkutan publik serupa taksi di New York. Selain itu juga Kantor Pos di Perancis pd thn 1901 mulai menggunakan kendaraan listrik selaku angkutan pengiriman barangnya. Mobilnya mandiri diproduksi oleh oleh perseroan Levallois-Perret bersama mobil tsb memperoleh penguasaan jelajah sejauh 50 km dgn kecepatan tertinggi lima belas km/jam dengan daya angkut 1,5 ton!
Di dunia balapan mobil, pd thn 1899 kendaraan listrik asal belgia yang bernama ‘jamais contente’ alias yang bermakna ‘tidak sempat puas’ berhasil memecahkan rekor kecepatan 100 km/jam! lebih-lebih melebihi pesaingnya yg berpenggerak mesin bakar. Kendaraan Roda Empat listrik Belgia ini dilengkapi ban merk michelin beserta baterai yg memiliki berat 1/2 dari berat mobilnya sendiri merupakan seberat 750kg.
Setelah melalui perkembangan pesat, perkembangan kendaraan listrik akhirnya memperoleh kemunduran krn dilain sisi perkembangan digital mesin bakar terus berkembang hingga puncaknya pada thn 1908 mobil Ford T pertama kali diluncurkan.
DIECAST MOBIL OFFROAD Lombok Timur
Wkt Kemunduran Kendaraan Roda Empat Listrik
Dgn peluncuran kendaraan roda 4 bakar kesatu ini, merupakan cikal bakal industri kendaraan roda empat modern masa ini serta sekaligus mempengaruhi industri kendaraan roda empat pada saat itu. Ditambah dgn masih murahnya price material bakar & biaya produksi mobil berbahan bakar sampai 2 kali extra murah dibandingkan kendaraan roda 4 listrik menjadikan kendaraan roda 4 listrik makin lama nggak populer.
