
MINIATUR MOBIL BUS DARI KARDUS Bandung
Jika pembaca berpikir bahwa mobil listrik yakni penemuan globalisasi terkini, anda keliru. Perkembangan teknologi kendaraan roda 4 listrik sebetulnya sudah dimulai sewaktu abad ke 19. Ini dibuktikan dengan diperkenalkannya kesatu kali prototype kendaraan roda 4 listrik nomor satu yang diproduksi pd tahun 1830 oleh Robert Anderson seorang pria Scotlandia. Bakal tetapi pd saat itu kendaraan listrik ini hyn dilengkapi dengan batere yg enggak dapat diisi ulang (non rechargeable). Barulah pd thn 1859 Gaston Planté warga Perancis menemukan batree yang sanggup diisi ulang, yang mana inovasi ini sangat mempengaruhi evolusi mobil listrik setelahnya.
Pada tahun 1881 setidaknya ada 3 kemajuan primer dalam perkembangan digital kendaraan listrik.
Tiga Insinyur perancis Camille Faure, Charles Jeantaud & Nicholas Raffard menciptakan kendaraan roda empat listrik yang solid yg dilengkapi dgn baterai yang bisa menyimpan listrik.
Goustave Trouvé, seorang penemu perancis mengintroduksi kepada dunia sains pd saat itu motor listrik ciptaannya. a pun menjalankan uji coba mesin ciptaannya dengan mengaplikasikan pd sepeda dan juga perahu sesudah itu barulah pada bulanan November 1818 pada kegiatan l‘Exposition Internationale d’Électricité de Paris dengan kata lain pameran elektronik global yang diadakan di Paris, Goustave mengintroduksi mesin listriknya yang diaplikasikan pd mobil.
MINIATUR MOBIL BUS DARI KARDUS Bandung
Beberapa 31 hari berikutnya dua Penemu Inggris, William Ayrton & John Perry memublikasikan kendaraan 3 roda elektrik ciptaan mereka yg mana menggunakan motor listrik yang ditempelkan pd roda belakang bagian kanan & dilengkapi dengan 12 buah baterai. Dengan motor listriknya itu, ‘kursi roda elektrik’ ini mampu melaju sampai 15 km/jam dgn jarak tempuh kira-kira 40 kilometer.
Berkat sebagian penemuan utama itulah akhirnya kendaraan listrik perlahan-lahan menjelma komoditas industri yang mulai menjadi lokasi dari aktivitas ekonomi wkt itu. Pd tahun 1884 Thomas Parker Penemu berkebangsaan Inggris membuat kendaraan roda empat listrik pabrikan utk nomor satu kalinya. Ia sesungguhnya ialah insinyur yang beroperasi pada perseroan Elwell-Parker Ltd, perseroan yg membuat lokomotif dengan bis bertenaga listrik. Kendaraan Roda 4 listrik ciptaannya ini baru dengan cara sah dipasarkan kepada publik pada tahun 1896. Sementara dilain pihak William Morrison warga Amerika juga telah mempromosikan mobil ciptaannya pada tahun 1891.
Selain itu seorang penemu Perancis, Charles Jeantaud membuat kendaraan roda empat listrik ciptaannya pada tahun 1906, yg mana dapat melaju hingga 63 km/jam sekalian memecahkan rekor sbg kendaraan roda empat listrik tercepat saat itu.
MINIATUR MOBIL BUS DARI KARDUS Bandung

Zaman Keemasan Kendaraan Roda Empat Listrik
Pd tahun1897 pemanfaatan kendaraan roda empat listrik mulai merambah ke angkutan publik serupa taksi di New York. Selain itu juga Kantor Pos di Perancis pada thn 1901 mulai menggunakan kendaraan roda 4 listrik bagaikan angkutan pengiriman barangnya. Mobilnya seorang diri diproduksi oleh oleh perusahaan Levallois-Perret bersama kendaraan roda empat tersebut memperoleh kemampuan jelajah sejauh 50 km dengan kecepatan tertinggi lima belas km/jam dengan daya angkut 1,5 ton!
Di dunia balapan mobil, pd tahun 1899 mobil listrik asal belgia yg bernama ‘jamais contente’ alias yang berarti ‘tidak tahu puas’ sukses memecahkan rekor kecepatan seratus km/jam! malahan melewati pesaingnya yang berpenggerak mesin bakar. Kendaraan Roda Empat listrik Belgia ini dilengkapi ban merk michelin dan batree yg memiliki berat setengah dari berat mobilnya mandiri yakni seberat 750kg.
Selesai lewat perkembangan pesat, perkembangan mobil listrik akhirnya menjumpai kemunduran karna dilain sisi perkembangan teknologi mesin bakar terus berkembang hingga puncaknya pd tahun 1908 mobil Ford T pertama kali diluncurkan.
MINIATUR MOBIL BUS DARI KARDUS Bandung
Waktu Kemunduran Kendaraan Roda 4 Listrik
Dgn peluncuran kendaraan roda empat bakar kesatu ini, adalah cikal bakal industri kendaraan modern saat ini dengan sekalian mempengaruhi industri kendaraan roda 4 pd saat itu. Ditambah dgn masih murahnya nilai materi bakar bersama biaya produksi kendaraan roda empat berbahan bakar sampai 2 kali lbh murah dibandingkan kendaraan listrik menjadikan kendaraan roda empat listrik semakin nggak populer.
