MINIATUR MOBIL FOTOGRAFI Sigi
Jika pembaca berpikir bahwa kendaraan roda empat listrik merupakan penemuan modern terkini, anda keliru. Perkembangan globalisasi kendaraan roda 4 listrik sebetulnya sudah dimulai dari abad ke 19. Ini dibuktikan dengan diperkenalkannya kesatu kali prototype kendaraan roda empat listrik nomor satu yang diurus pada thn 18Tiga Puluh oleh Robert Anderson seorang pria Scotlandia. Hendak namun pd masa itu mobil listrik ini cukup dilengkapi dengan batree yg tidak sanggup diisi ulang (non rechargeable). Barulah pada thn 1859 Gaston Planté warga Perancis menjumpai batere yang dpt diisi ulang, yang mana inovasi ini amat mempengaruhi evolusi kendaraan roda empat listrik setelahnya.
Pada thn 1881 setidaknya ada 3 kemajuan berarti dalam perkembangan modern kendaraan roda 4 listrik.
Tiga Insinyur perancis Camille Faure, Charles Jeantaud & Nicholas Raffard menciptakan kendaraan roda empat listrik yang solid yang dilengkapi dengan baterai yang sanggup menyimpan listrik.
Goustave Trouvé, seorang insinyur perancis mengiklankan kepada dunia sains pada saat itu motor listrik ciptaannya. a pun menjalankan test coba mesin ciptaannya dgn mengaplikasikan pd sepeda dan juga perahu sehabis itu barulah pd 30 hari November 1818 pada agenda l‘Exposition Internationale d’Électricité de Paris atau pameran elektronik dunia yang diadakan di Paris, Goustave memublikasikan mesin listriknya yang diaplikasikan pd mobil.
MINIATUR MOBIL FOTOGRAFI Sigi
Sejarah Kendaraan Roda 4 Listrik Yang Jarang Kita Ketahui
Sebagian 31 hari berikutnya dua Penemu Inggris, William Ayrton dan John Perry memperkenalkan kendaraan 3 roda elektrik ciptaan mereka yg mana menerapkan motor listrik yg ditempelkan pd roda belakang bagian kanan dengan dilengkapi dengan 12 buah baterai. Dgn motor listriknya itu, ‘kursi roda elektrik’ ini dapat melaju sampai 15 km/jam dengan jarak tempuh kurang lebih 40 kilometer.
Berkat tidak semua penemuan esensial itulah akhirnya kendaraan listrik perlahan-lahan berubah komoditas industri yang mulai menjadi daerah dari aktivitas ekonomi masa itu. Pd thn 1884 Thomas Parker Penemu berkebangsaan Inggris menciptakan kendaraan roda empat listrik pabrikan bakal pertama kalinya. Ia sedianya yakni insinyur yg berkarya pada perusahaan Elwell-Parker Ltd, perusahaan yang membuat lokomotif dengan bis bertenaga listrik. Kendaraan Roda Empat listrik ciptaannya ini baru secara formal dipasarkan kepada publik pd tahun 1896. Sementara dilain pihak William Morrison warga Amerika juga telah memublikasikan kendaraan roda empat ciptaannya pd tahun 1891.
Selain itu seorang insinyur Perancis, Charles Jeantaud membuat kendaraan roda 4 listrik ciptaannya pada thn 1906, yang mana dpt melaju hingga 63 km/jam sekalian memecahkan rekor sbg kendaraan roda 4 listrik tercepat wkt itu.
MINIATUR MOBIL FOTOGRAFI Sigi
Zaman Keemasan Mobil Listrik
Pd tahun1897 penerapan kendaraan roda 4 listrik mulai merambah ke angkutan publik seperti taksi di New York. Selain itu juga Kantor Pos di Perancis pada thn 1901 mulai memakaikan kendaraan listrik sebagai angkutan pengiriman barangnya. Mobilnya sorangan diproduksi oleh oleh perseroan Levallois-Perret & mobil tersebut mempunyai kapabilitas jelajah sejauh 50 km dengan kecepatan maksimum 15 km/jam dengan daya angkut 1,5 ton!
Di dunia racing mobil, pada thn 1899 mobil listrik asal belgia yg bernama ‘jamais contente’ dengan kata lain yg bermakna ‘tidak sudah puas’ berhasil memecahkan rekor kecepatan seratus km/jam! terlebih melampaui pesaingnya yg berpenggerak mesin bakar. Kendaraan Roda Empat listrik Belgia ini dilengkapi ban merk michelin dan baterai yang mendapatkan berat 1/2 dari berat mobilnya independen merupakan seberat 750kg.
Setelah memakai perkembangan pesat, perkembangan kendaraan roda 4 listrik akhirnya memperoleh kemunduran sebab dilain sisi perkembangan globalisasi mesin bakar terus berkembang hingga puncaknya pd tahun 1908 kendaraan Ford T kesatu kali diluncurkan.
MINIATUR MOBIL FOTOGRAFI Sigi
Saat Kemunduran Mobil Listrik
Dengan peluncuran kendaraan roda 4 bakar pertama ini, yakni cikal bakal industri kendaraan roda empat modern masa ini serta sekaligus mempengaruhi industri mobil pd waktu itu. Ditambah dengan masih murahnya price berbahan dasar bakar dan dana produksi mobil berbahan bakar hingga 2 kali lbh murah dibandingkan kendaraan roda empat listrik menjadikan mobil listrik lama kelamaan enggak populer.