
MINIATUR MOBIL WILLY CAR Banggai Kepulauan
Jika pembaca berpikir bahwa kendaraan roda 4 listrik merupakan penemuan globalisasi terkini, anda keliru. Perkembangan tekno kendaraan roda empat listrik sebetulnya telah dimulai sewaktu abad ke 19. Ini dibuktikan dengan diperkenalkannya pertama kali prototype kendaraan roda empat listrik pertama yg dirancang pd thn 1830 oleh Robert Anderson seorang cowok Scotlandia. Mau namun pada masa itu mobil listrik ini cukup dilengkapi dengan baterai yang tak bisa diisi ulang (non rechargeable). Barulah pada thn 1859 Gaston Planté warga Perancis menjumpai baterai yg dpt diisi ulang, yang mana inovasi ini amat mempengaruhi evolusi kendaraan roda 4 listrik setelahnya.
Pada tahun 1881 setidaknya ada 3 kemajuan bermakna dalam perkembangan teknologi mobil listrik.
Tiga Penemu perancis Camille Faure, Charles Jeantaud dan Nicholas Raffard menciptakan mobil listrik yg solid yang dilengkapi dgn batree yg sanggup menyimpan listrik.
Goustave Trouvé, seorang penemu perancis mengintroduksi kepada dunia sains pada wkt itu motor listrik ciptaannya. a pun mengerjakan uji coba coba mesin ciptaannya dengan mengaplikasikan pd sepeda beserta juga perahu setelah itu barulah pada Tiga Puluh hari November 1818 pd kegiatan l‘Exposition Internationale d’Électricité de Paris dgn kata lain pameran elektronik dunia yang diadakan di Paris, Goustave mempromosikan mesin listriknya yg diaplikasikan pd mobil.
MINIATUR MOBIL WILLY CAR Banggai Kepulauan
Beberapa bulanan berikutnya dua Insinyur Inggris, William Ayrton dan John Perry memberitahukan kendaraan tiga roda elektrik ciptaan mereka yang mana menggunakan motor listrik yg ditempelkan pd roda belakang lokasi kanan dan dilengkapi dengan 12 buah baterai. Dengan motor listriknya itu, ‘kursi roda elektrik’ ini mampu melaju sampai 15 km/jam dengan jarak tempuh lebih kurang empat puluh kilometer.
Berkat sebagian inovasi berpengaruh itulah akhirnya kendaraan roda 4 listrik perlahan-lahan menjadi komoditas industri yg mulai berubah daerah dari aktivitas ekonomi wkt itu. Pada thn 1884 Thomas Parker Insinyur berkebangsaan Inggris membuat mobil listrik pabrikan bakal kesatu kalinya. Ia sebetulnya ialah insinyur yg beroperasi pada perseroan Elwell-Parker Ltd, perusahaan yang membuat lokomotif bersama bis bertenaga listrik. Kendaraan Roda 4 listrik ciptaannya ini baru dengan cara legal dipasarkan kepada publik pd thn 1896. Sementara dilain pihak William Morrison warga Amerika juga telah memberitahukan kendaraan ciptaannya pada thn 1891.
Selain itu seorang insinyur Perancis, Charles Jeantaud menciptakan kendaraan listrik ciptaannya pada tahun 1906, yang mana dapat melaju hingga 63 km/jam sekalian memecahkan rekor sebagai mobil listrik tercepat saat itu.
MINIATUR MOBIL WILLY CAR Banggai Kepulauan

Zaman Keemasan Kendaraan Listrik
Pada tahun1897 penggunaan mobil listrik mulai merambah ke angkutan publik seperti taksi di New York. Selain itu juga Kantor Pos di Perancis pd thn 1901 mulai menerapkan kendaraan roda 4 listrik bagaikan angkutan pengiriman barangnya. Mobilnya sorangan diproduksi oleh oleh perusahaan Levallois-Perret dan mobil tsb mempunyai penguasaan jelajah sejauh 50 km dengan kecepatan maksimum lima belas km/jam dgn daya angkut 1,5 ton!
Di dunia balapan mobil, pada thn 1899 kendaraan roda 4 listrik asal belgia yg bernama ‘jamais contente’ dgn kata lain yang berarti ‘tidak sudah puas’ sukses memecahkan rekor kecepatan seratus km/jam! terlebih melampaui pesaingnya yg berpenggerak mesin bakar. Kendaraan Roda Empat listrik Belgia ini dilengkapi ban merk michelin beserta batere yang mempunyai berat setengah dari berat mobilnya sorangan yaitu seberat 750kg.
Sehabis memakai perkembangan pesat, perkembangan kendaraan roda 4 listrik akhirnya menjumpai kemunduran karena dilain sisi perkembangan modern mesin bakar terus berkembang hingga puncaknya pd thn 1908 mobil Ford T pertama kali diluncurkan.
MINIATUR MOBIL WILLY CAR Banggai Kepulauan
Wkt Kemunduran Kendaraan Listrik
Dgn peluncuran mobil bakar pertama ini, ialah cikal bakal industri kendaraan roda empat modern saat ini dengan sekaligus mempengaruhi industri mobil pd saat itu. Ditambah dgn masih murahnya harga materi bakar bersama uang produksi kendaraan roda 4 materi bakar sampai 2 kali lbh ekonomis dibandingkan kendaraan roda empat listrik menjadikan kendaraan roda 4 listrik lama kelamaan tak populer.
