
MINIATUR MOBIL HONDA CIVIC Teluk Wondama
Jika pembaca berpikir bahwa kendaraan roda 4 listrik adalah inovasi teknologi terkini, anda keliru. Perkembangan teknologi kendaraan roda empat listrik sebenarnya sudah dimulai sejak abad ke 19. Ini dibuktikan dengan diperkenalkannya nomor satu kali prototype kendaraan listrik nomor satu yang diciptakan pada thn 18Tiga Puluh oleh Robert Anderson seorang pria Scotlandia. Hendak tetapi pada waktu itu kendaraan listrik ini cuman dilengkapi dengan baterai yg nggak mampu diisi ulang (non rechargeable). Barulah pada thn 1859 Gaston Planté warga Perancis menemukan batree yang bisa diisi ulang, yang mana inovasi ini sangat mempengaruhi evolusi kendaraan roda empat listrik setelahnya.
Pd thn 1881 setidaknya ada 3 kemajuan utama dalam perkembangan teknologi mobil listrik.
Tiga Penemu perancis Camille Faure, Charles Jeantaud dengan Nicholas Raffard menciptakan mobil listrik yang solid yang dilengkapi dgn batere yang bisa menyimpan listrik.
Goustave Trouvé, seorang insinyur perancis mengintroduksi kepada dunia sains pd saat itu motor listrik ciptaannya. a pun menjalani test coba mesin ciptaannya dengan mengaplikasikan pd sepeda dan juga perahu selesai itu barulah pd 30 hari November 1818 pada hajatan l‘Exposition Internationale d’Électricité de Paris dgn kata lain pameran elektronik universal yang diadakan di Paris, Goustave memberitahukan mesin listriknya yang diaplikasikan pada mobil.
MINIATUR MOBIL HONDA CIVIC Teluk Wondama
Nggak Semua bln berikutnya dua Penemu Inggris, William Ayrton beserta John Perry menghadirkan kendaraan 3 roda elektrik ciptaan mereka yg mana menerapkan motor listrik yg ditempelkan pd roda belakang daerah kanan dan dilengkapi dgn dua belas buah baterai. Dengan motor listriknya itu, ‘kursi roda elektrik’ ini dapat melaju hingga 15 km/jam dengan jarak tempuh lebih kurang 40 kilometer.
Berkat beberapa penemuan substansial itulah akhirnya mobil listrik perlahan-lahan menjelma komoditas industri yang mulai menjadi area dari kesibukan ekonomi masa itu. Pd tahun 1884 Thomas Parker Insinyur berkebangsaan Inggris menciptakan mobil listrik pabrikan utk kesatu kalinya. Ia sebenarnya yaitu penemu yg berprofesi pd perseroan Elwell-Parker Ltd, perusahaan yang menciptakan lokomotif beserta bis bertenaga listrik. Kendaraan Roda Empat listrik ciptaannya ini baru dgn cara legal dipasarkan kepada publik pada tahun 1896. Sementara dilain pihak William Morrison warga Amerika juga telah memublikasikan kendaraan ciptaannya pd tahun 1891.
Selain itu seorang insinyur Perancis, Charles Jeantaud menciptakan kendaraan roda empat listrik ciptaannya pd tahun 1906, yang mana bisa melaju hingga 63 km/jam sekalian memecahkan rekor sbg mobil listrik tercepat saat itu.
MINIATUR MOBIL HONDA CIVIC Teluk Wondama

Zaman Keemasan Kendaraan Roda 4 Listrik
Pada tahun1897 penggunaan kendaraan roda empat listrik mulai merambah ke angkutan publik sebagaimana taksi di New York. Selain itu juga Kantor Pos di Perancis pada thn 1901 mulai menggunakan kendaraan listrik sebagai angkutan pengiriman barangnya. Mobilnya sendiri diproduksi oleh oleh perseroan Levallois-Perret serta kendaraan tsb memperoleh penguasaan jelajah sejauh 50 km dengan kecepatan tertinggi lima belas km/jam dengan daya angkut 1,5 ton!
Di dunia balapan mobil, pd tahun 1899 kendaraan listrik asal belgia yang bernama ‘jamais contente’ dengan kata lain yg berarti ‘tidak sudah puas’ berhasil memecahkan rekor kecepatan seratus km/jam! lebih-lebih melebihi pesaingnya yang berpenggerak mesin bakar. Kendaraan Roda Empat listrik Belgia ini dilengkapi ban merk michelin & batere yg memiliki berat 1/2 dari berat mobilnya sendiri yakni seberat 750kg.
Selesai memakai perkembangan pesat, perkembangan kendaraan listrik akhirnya menerima kemunduran krn dilain sisi perkembangan teknologi mesin bakar terus berkembang hingga puncaknya pd thn 1908 mobil Ford T kesatu kali diluncurkan.
MINIATUR MOBIL HONDA CIVIC Teluk Wondama
Saat Kemunduran Kendaraan Roda Empat Listrik
Dengan peluncuran kendaraan roda empat bakar pertama ini, yakni cikal bakal industri mobil modern waktu ini dengan sekaligus mempengaruhi industri kendaraan pada wkt itu. Ditambah dgn masih murahnya price berbahan bakar dengan ongkos produksi kendaraan roda 4 materi bakar hingga 2 kali lebih ekonomis dibandingkan kendaraan roda 4 listrik menjadikan kendaraan roda empat listrik lama kelamaan enggak populer.
