DIECAST MOBIL KLASIK Kolaka
Jika pembaca berpikir bahwa mobil listrik ialah inovasi digital terkini, anda keliru. Perkembangan globalisasi mobil listrik sebenarnya telah dimulai dari abad ke 19. Ini dibuktikan dengan diperkenalkannya nomor satu kali prototype kendaraan roda empat listrik kesatu yang dikerjakan pd tahun 1830 oleh Robert Anderson seorang pria Scotlandia. Bakal namun pd wkt itu kendaraan listrik ini sekadar dilengkapi dgn baterai yg tidak dpt diisi ulang (non rechargeable). Barulah pd thn 1859 Gaston Planté warga Perancis menemukan batree yg dapat diisi ulang, yang mana penemuan ini amat mempengaruhi evolusi kendaraan listrik setelahnya.
Pd thn 1881 setidaknya ada 3 kemajuan esensial dlm perkembangan globalisasi mobil listrik.
Tiga Penemu perancis Camille Faure, Charles Jeantaud & Nicholas Raffard menciptakan kendaraan roda 4 listrik yang solid yang dilengkapi dgn batere yg mampu menyimpan listrik.
Goustave Trouvé, seorang insinyur perancis menghadirkan kepada dunia sains pd waktu itu motor listrik ciptaannya. a pun menjalani uji coba coba mesin ciptaannya dengan mengaplikasikan pd sepeda beserta juga perahu setelah itu barulah pada bulan November 1818 pd perhelatan l‘Exposition Internationale d’Électricité de Paris dengan kata lain pameran elektronik internasional yg diadakan di Paris, Goustave memublikasikan mesin listriknya yang diaplikasikan pd mobil.
DIECAST MOBIL KLASIK Kolaka
Sejarah Kendaraan Roda 4 Listrik Yang Jarang Kita Ketahui
Enggak Semua bulanan berikutnya dua Insinyur Inggris, William Ayrton dan John Perry memublikasikan kendaraan 3 roda elektrik ciptaan mereka yang mana menerapkan motor listrik yg ditempelkan pada roda belakang bagian kanan bersama dilengkapi dengan dua belas buah baterai. Dgn motor listriknya itu, ‘kursi roda elektrik’ ini bisa melaju hingga 15 km/jam dengan jarak tempuh sekitar 40 kilometer.
Berkat sebagian inovasi esensial itulah akhirnya kendaraan listrik perlahan-lahan menjelma komoditas industri yang mulai menjadi bagian dari kesibukan ekonomi waktu itu. Pd tahun 1884 Thomas Parker Insinyur berkebangsaan Inggris membuat kendaraan roda 4 listrik pabrikan buat nomor satu kalinya. Ia sedianya yakni insinyur yg beroperasi pd perseroan Elwell-Parker Ltd, perusahaan yg membuat lokomotif bersama bis bertenaga listrik. Mobil listrik ciptaannya ini baru scr resmi dipasarkan kepada publik pd thn 1896. Sementara dilain pihak William Morrison warga Amerika juga sudah memberitahukan kendaraan roda 4 ciptaannya pada thn 1891.
Selain itu seorang insinyur Perancis, Charles Jeantaud membuat kendaraan roda empat listrik ciptaannya pd tahun 1906, yang mana dpt melaju hingga 63 km/jam sekalian memecahkan rekor sebagai kendaraan roda 4 listrik tercepat waktu itu.
DIECAST MOBIL KLASIK Kolaka
Zaman Keemasan Kendaraan Listrik
Pd tahun1897 pemanfaatan kendaraan listrik mulai merambah ke angkutan publik serupa taksi di New York. Selain itu juga Kantor Pos di Perancis pada thn 1901 mulai menggunakan kendaraan listrik sbg angkutan pengiriman barangnya. Mobilnya independen diproduksi oleh oleh perusahaan Levallois-Perret dan mobil tersebut mendapatkan keahlian jelajah sejauh 50 km dengan kecepatan pol 15 km/jam dgn daya angkut 1,5 ton!
Di dunia balapan mobil, pd tahun 1899 kendaraan listrik asal belgia yang bernama ‘jamais contente’ dengan kata lain yang bermakna ‘tidak pernah puas’ berhasil memecahkan rekor kecepatan 100 km/jam! malahan melewati pesaingnya yang berpenggerak mesin bakar. Mobil listrik Belgia ini dilengkapi ban merk michelin dengan batree yang mempunyai berat setengah dari berat mobilnya mandiri yakni seberat 750kg.
Sesudah menggunakan perkembangan pesat, perkembangan kendaraan roda empat listrik akhirnya menjumpai kemunduran sebab dilain sisi perkembangan tekno mesin bakar terus berkembang sampai puncaknya pada tahun 1908 kendaraan roda empat Ford T pertama kali diluncurkan.
DIECAST MOBIL KLASIK Kolaka
Wkt Kemunduran Kendaraan Listrik
Dgn peluncuran kendaraan bakar kesatu ini, yaitu cikal bakal industri kendaraan modern masa ini beserta sekaligus mempengaruhi industri mobil pd wkt itu. Ditambah dengan masih murahnya value bahan bakar beserta uang produksi mobil berbahan bakar sampai 2 kali lbh ekonomis dibandingkan kendaraan roda 4 listrik menjadikan kendaraan listrik makin lama enggak populer.