
MINIATUR MOBIL FOTOGRAFI Supiori
Jika pembaca berpikir bahwa kendaraan roda 4 listrik yakni penemuan globalisasi terkini, anda keliru. Perkembangan digital kendaraan roda empat listrik sebenarnya telah dimulai sejak abad ke 19. Ini dibuktikan dgn diperkenalkannya nomor satu kali prototype kendaraan roda empat listrik pertama yg diurus pada tahun 18Tiga Puluh oleh Robert Anderson seorang cowo Scotlandia. Mau tetapi pada waktu itu kendaraan roda 4 listrik ini hanya dilengkapi dengan batree yg tak bisa diisi ulang (non rechargeable). Barulah pada thn 1859 Gaston Planté warga Perancis menemukan baterai yang sanggup diisi ulang, yang mana inovasi ini amat mempengaruhi evolusi mobil listrik setelahnya.
Pd tahun 1881 setidaknya ada 3 kemajuan bermakna dlm perkembangan modern kendaraan roda empat listrik.
Tiga Insinyur perancis Camille Faure, Charles Jeantaud beserta Nicholas Raffard menciptakan kendaraan roda empat listrik yg solid yg dilengkapi dengan baterai yg dapat menyimpan listrik.
Goustave Trouvé, seorang insinyur perancis memperkenalkan kepada dunia sains pd waktu itu motor listrik ciptaannya. a pun melaksanakan uji coba mesin ciptaannya dengan mengaplikasikan pd sepeda dan juga perahu sesudah itu barulah pada 31 hari November 1818 pada kegiatan l‘Exposition Internationale d’Électricité de Paris alias pameran elektronik universal yang diadakan di Paris, Goustave memperkenalkan mesin listriknya yg diaplikasikan pd mobil.
MINIATUR MOBIL FOTOGRAFI Supiori
Beberapa Tiga Puluh hari berikutnya dua Insinyur Inggris, William Ayrton bersama John Perry menghadirkan kendaraan 3 roda elektrik ciptaan mereka yg mana menggunakan motor listrik yg ditempelkan pada roda belakang area kanan & dilengkapi dengan dua belas buah baterai. Dgn motor listriknya itu, ‘kursi roda elektrik’ ini dapat melaju hingga lima belas km/jam dengan jarak tempuh berkisar empat puluh kilometer.
Berkat beberapa penemuan primer itulah akhirnya mobil listrik perlahan-lahan menjelma komoditas industri yang mulai berubah bagian dari kesibukan ekonomi saat itu. Pd tahun 1884 Thomas Parker Insinyur berkebangsaan Inggris membuat kendaraan roda 4 listrik pabrikan utk nomor satu kalinya. Ia sedianya merupakan insinyur yg beroperasi pd perseroan Elwell-Parker Ltd, perseroan yang menghasilkan lokomotif beserta bis bertenaga listrik. Mobil listrik ciptaannya ini baru dgn cara resmi dipasarkan kepada publik pada thn 1896. Sementara dilain pihak William Morrison warga Amerika juga sudah mempromosikan kendaraan ciptaannya pd thn 1891.
Selain itu seorang penemu Perancis, Charles Jeantaud menghasilkan kendaraan roda 4 listrik ciptaannya pd thn 1906, yg mana dpt melaju sampai 63 km/jam sekalian memecahkan rekor sbg mobil listrik tercepat masa itu.
MINIATUR MOBIL FOTOGRAFI Supiori

Zaman Keemasan Kendaraan Listrik
Pd tahun1897 pendayagunaan kendaraan listrik mulai merambah ke angkutan publik serupa taksi di New York. Selain itu juga Kantor Pos di Perancis pd thn 1901 mulai memakekan kendaraan roda 4 listrik bagaikan angkutan pengiriman barangnya. Mobilnya sendiri diproduksi oleh oleh perusahaan Levallois-Perret dan mobil tersebut memperoleh kapabilitas jelajah sejauh 50 km dgn kecepatan pol 15 km/jam dengan daya angkut 1,5 ton!
Di dunia balapan mobil, pada thn 1899 kendaraan listrik asal belgia yg bernama ‘jamais contente’ atau yg berarti ‘tidak pernah puas’ berhasil memecahkan rekor kecepatan seratus km/jam! sampai-sampai melampaui pesaingnya yg berpenggerak mesin bakar. Kendaraan Roda 4 listrik Belgia ini dilengkapi ban merk michelin beserta batree yg mempunyai berat setengah dari berat mobilnya mandiri yakni seberat 750kg.
Selesai memakai perkembangan pesat, perkembangan mobil listrik akhirnya memperoleh kemunduran krn dilain sisi perkembangan teknologi mesin bakar terus berkembang sampai puncaknya pada tahun 1908 kendaraan roda empat Ford T kesatu kali diluncurkan.
MINIATUR MOBIL FOTOGRAFI Supiori
Wkt Kemunduran Kendaraan Listrik
Dengan peluncuran kendaraan roda empat bakar pertama ini, adalah cikal bakal industri kendaraan roda 4 modern waktu ini dengan sekalian mempengaruhi industri mobil pada waktu itu. Ditambah dengan masih murahnya harga materi bakar & bujet produksi kendaraan roda 4 berbahan bakar sampai 2 kali lebih ekonomis dibandingkan mobil listrik menjadikan mobil listrik semakin tidak populer.
