MINIATUR MOBIL KLASIK Keerom

 MINIATUR MOBIL KLASIK Keerom

MINIATUR MOBIL KLASIK Keerom
Jika pembaca berpikir bahwa kendaraan listrik yakni inovasi globalisasi terkini, anda keliru. Perkembangan tekno kendaraan listrik sedianya telah dimulai sejak abad ke 19. Ini dibuktikan dgn diperkenalkannya pertama kali prototype kendaraan roda empat listrik kesatu yang dibuat pd thn 18Tiga Puluh oleh Robert Anderson seorang cowo Scotlandia. Akan namun pd waktu itu kendaraan roda empat listrik ini cukup dilengkapi dengan batere yang tak sanggup diisi ulang (non rechargeable). Barulah pd tahun 1859 Gaston Planté warga Perancis menjumpai batere yang dpt diisi ulang, yang mana inovasi ini amat mempengaruhi evolusi mobil listrik setelahnya.

Pada tahun 1881 setidaknya ada 3 kemajuan berpengaruh dlm perkembangan teknologi mobil listrik.

3 Penemu perancis Camille Faure, Charles Jeantaud dengan Nicholas Raffard menciptakan mobil listrik yg solid yang dilengkapi dengan baterai yg dapat menyimpan listrik.

Goustave Trouvé, seorang insinyur perancis memublikasikan kepada dunia sains pada wkt itu motor listrik ciptaannya. a pun melakukan uji coba mesin ciptaannya dgn mengaplikasikan pada sepeda beserta juga perahu selepas itu barulah pd bulanan November 1818 pd hajatan l‘Exposition Internationale d’Électricité de Paris dgn kata lain pameran elektronik global yg diadakan di Paris, Goustave mengiklankan mesin listriknya yg diaplikasikan pada mobil.

MINIATUR MOBIL KLASIK Keerom
Sejarah Kendaraan Roda Empat Listrik Yang Jarang Kita Ketahui
Beberapa 31 hari berikutnya 2 Penemu Inggris, William Ayrton beserta John Perry menginformasikan kendaraan tiga roda elektrik ciptaan mereka yg mana memakaikan motor listrik yang ditempelkan pada roda belakang bagian kanan beserta dilengkapi dengan dua belas buah baterai. Dgn motor listriknya itu, ‘kursi roda elektrik’ ini bisa melaju sampai 15 km/jam dgn jarak tempuh kira-kira empat puluh kilometer.

Berkat beberapa penemuan bermakna itulah akhirnya kendaraan listrik perlahan-lahan menjelma komoditas industri yang mulai berubah wilayah dari aktivitas ekonomi masa itu. Pada tahun 1884 Thomas Parker Penemu berkebangsaan Inggris membuat kendaraan listrik pabrikan bagi kesatu kalinya. Ia sesungguhnya ialah penemu yang beroperasi pd perusahaan Elwell-Parker Ltd, perseroan yg menciptakan lokomotif dan bis bertenaga listrik. Kendaraan listrik ciptaannya ini baru dengan cara legal dipasarkan kepada publik pada tahun 1896. Sementara dilain pihak William Morrison warga Amerika juga telah memberitahukan kendaraan roda 4 ciptaannya pada tahun 1891.

Selain itu seorang insinyur Perancis, Charles Jeantaud membuat kendaraan roda 4 listrik ciptaannya pada tahun 1906, yang mana mampu melaju sampai 63 km/jam sekalian memecahkan rekor bagaikan mobil listrik tercepat wkt itu.

MINIATUR MOBIL KLASIK Keerom

 MINIATUR MOBIL KLASIK Keerom

Zaman Keemasan Mobil Listrik
Pd tahun1897 penggunaan mobil listrik mulai merambah ke angkutan publik serupa taksi di New York. Selain itu juga Kantor Pos di Perancis pd tahun 1901 mulai menerapkan mobil listrik sbg angkutan pengiriman barangnya. Mobilnya sorangan diproduksi oleh oleh perseroan Levallois-Perret & mobil tersebut mempunyai kapasitas jelajah sejauh 50 km dengan kecepatan setinggi-tingginya 15 km/jam dgn daya angkut 1,5 ton!

Di dunia balapan mobil, pada thn 1899 kendaraan roda empat listrik asal belgia yang bernama ‘jamais contente’ dengan kata lain yang berarti ‘tidak pernah puas’ sukses memecahkan rekor kecepatan seratus km/jam! bahkan melebihi pesaingnya yg berpenggerak mesin bakar. Mobil listrik Belgia ini dilengkapi ban merk michelin beserta batere yang memperoleh berat 1/2 dari berat mobilnya seorang diri yakni seberat 750kg.

Selepas melalui perkembangan pesat, perkembangan kendaraan roda 4 listrik akhirnya mendapatkan kemunduran krn dilain sisi perkembangan tekno mesin bakar terus berkembang sampai puncaknya pada tahun 1908 kendaraan Ford T nomor satu kali diluncurkan.

MINIATUR MOBIL KLASIK Keerom
Masa Kemunduran Kendaraan Listrik
Dengan peluncuran kendaraan bakar nomor satu ini, yaitu cikal bakal industri mobil modern wkt ini beserta sekaligus mempengaruhi industri kendaraan pada wkt itu. Ditambah dgn masih murahnya value material bakar & ongkos produksi kendaraan roda 4 berbahan bakar sampai 2 kali lebih ekonomis dibandingkan mobil listrik menjadikan kendaraan listrik lama kelamaan nggak populer.

 MINIATUR MOBIL KLASIK Keerom

MINIATUR MOBIL KLASIK Keerom

MINIATUR MOBIL KLASIK Keerom

LihatTutupKomentar