MINIATUR MOBIL LAMBORGHINI Gunungsitoli

 MINIATUR MOBIL LAMBORGHINI Gunungsitoli

MINIATUR MOBIL LAMBORGHINI Gunungsitoli
Jika pembaca berpikir bahwa mobil listrik ialah penemuan modern terkini, anda keliru. Perkembangan teknologi mobil listrik sesungguhnya sudah dimulai dari abad ke 19. Ini dibuktikan dgn diperkenalkannya kesatu kali prototype kendaraan listrik pertama yang diproduksi pd thn 1830 oleh Robert Anderson seorang cowo Scotlandia. Mau namun pada wkt itu mobil listrik ini cukup dilengkapi dgn batree yang enggak bisa diisi ulang (non rechargeable). Barulah pd thn 1859 Gaston Planté warga Perancis menjumpai batree yang mampu diisi ulang, yg mana penemuan ini sangat mempengaruhi evolusi mobil listrik setelahnya.

Pd tahun 1881 setidaknya ada 3 kemajuan primer dalam perkembangan teknologi kendaraan listrik.

3 Insinyur perancis Camille Faure, Charles Jeantaud serta Nicholas Raffard menciptakan kendaraan roda empat listrik yg solid yg dilengkapi dgn baterai yang dapat menyimpan listrik.

Goustave Trouvé, seorang insinyur perancis menghadirkan kepada dunia sains pd masa itu motor listrik ciptaannya. a pun melakukan uji coba mesin ciptaannya dgn mengaplikasikan pd sepeda beserta juga perahu selepas itu barulah pd 30 hari November 1818 pd hajatan l‘Exposition Internationale d’Électricité de Paris dengan kata lain pameran elektronik global yang diadakan di Paris, Goustave mempromosikan mesin listriknya yang diaplikasikan pada mobil.

MINIATUR MOBIL LAMBORGHINI Gunungsitoli
Sejarah Kendaraan Listrik Yg Jarang Kita Ketahui
Sebagian 30 hari berikutnya 2 Penemu Inggris, William Ayrton & John Perry menghadirkan kendaraan 3 roda elektrik ciptaan mereka yg mana menerapkan motor listrik yang ditempelkan pada roda belakang area kanan serta dilengkapi dengan 12 buah baterai. Dgn motor listriknya itu, ‘kursi roda elektrik’ ini dapat melaju hingga lima belas km/jam dgn jarak tempuh lebih kurang 40 kilometer.

Berkat tdk semua penemuan esensial itulah akhirnya kendaraan roda empat listrik perlahan-lahan berubah komoditas industri yg mulai menjelma area dari aktivitas ekonomi saat itu. Pd tahun 18Delapan Puluh Empat Thomas Parker Insinyur berkebangsaan Inggris menciptakan mobil listrik pabrikan bagi nomor satu kalinya. Ia sedianya merupakan insinyur yg berkarya pada perusahaan Elwell-Parker Ltd, perusahaan yg menghasilkan lokomotif beserta bis bertenaga listrik. Mobil listrik ciptaannya ini baru scr formal dipasarkan kepada publik pada tahun 1896. Sementara dilain pihak William Morrison warga Amerika juga telah menghadirkan kendaraan ciptaannya pd thn 1891.

Selain itu seorang penemu Perancis, Charles Jeantaud membuat mobil listrik ciptaannya pada thn 1906, yang mana mampu melaju sampai 63 km/jam sekalian memecahkan rekor bagaikan kendaraan roda empat listrik tercepat wkt itu.

MINIATUR MOBIL LAMBORGHINI Gunungsitoli

 MINIATUR MOBIL LAMBORGHINI Gunungsitoli

Zaman Keemasan Mobil Listrik
Pd tahun1897 pemakaian kendaraan roda empat listrik mulai merambah ke angkutan publik sebagaimana taksi di New York. Selain itu juga Kantor Pos di Perancis pada tahun 1901 mulai menggunakan mobil listrik bagaikan angkutan pengiriman barangnya. Mobilnya independen diproduksi oleh oleh perseroan Levallois-Perret serta kendaraan tsb memiliki kepandaian jelajah sejauh 50 km dgn kecepatan tertinggi 15 km/jam dgn daya angkut 1,5 ton!

Di dunia balapan mobil, pd tahun 1899 mobil listrik asal belgia yang bernama ‘jamais contente’ atau yang bermakna ‘tidak pernah puas’ berhasil memecahkan rekor kecepatan 100 km/jam! sampai-sampai melebihi pesaingnya yg berpenggerak mesin bakar. Kendaraan Roda 4 listrik Belgia ini dilengkapi ban merk michelin serta batree yang memperoleh berat setengah dari berat mobilnya sorangan yaitu seberat 750kg.

Sehabis melalui perkembangan pesat, perkembangan kendaraan roda 4 listrik akhirnya memperoleh kemunduran krn dilain sisi perkembangan globalisasi mesin bakar terus berkembang sampai puncaknya pd tahun 1908 mobil Ford T kesatu kali diluncurkan.

MINIATUR MOBIL LAMBORGHINI Gunungsitoli
Saat Kemunduran Mobil Listrik
Dengan peluncuran kendaraan bakar pertama ini, yakni cikal bakal industri mobil modern wkt ini serta sekaligus mempengaruhi industri kendaraan roda empat pd wkt itu. Ditambah dengan masih murahnya nilai berbahan bakar & biaya produksi mobil berbahan bakar sampai 2 kali lebih murah dibandingkan kendaraan listrik menjadikan kendaraan roda empat listrik makin lama tidak populer.

 MINIATUR MOBIL LAMBORGHINI Gunungsitoli

MINIATUR MOBIL LAMBORGHINI Gunungsitoli

MINIATUR MOBIL LAMBORGHINI Gunungsitoli

LihatTutupKomentar