
MINIATUR MOBIL BMW 318I Kotamulia
Jika pembaca berpikir bahwa kendaraan listrik adalah inovasi digital terkini, anda keliru. Perkembangan digital mobil listrik sesungguhnya sudah dimulai sejak abad ke 19. Ini dibuktikan dengan diperkenalkannya pertama kali prototype kendaraan listrik pertama yg dibuat pd tahun 1830 oleh Robert Anderson seorang cowo Scotlandia. Bakal namun pada masa itu kendaraan roda 4 listrik ini hyn dilengkapi dengan baterai yg tak bisa diisi ulang (non rechargeable). Barulah pd tahun 1859 Gaston Planté warga Perancis mendapatkan baterai yang bisa diisi ulang, yang mana inovasi ini amat mempengaruhi evolusi kendaraan roda empat listrik setelahnya.
Pada thn 1881 setidaknya ada 3 kemajuan substansial dalam perkembangan teknologi kendaraan roda 4 listrik.
Tiga Insinyur perancis Camille Faure, Charles Jeantaud dan Nicholas Raffard menciptakan mobil listrik yg solid yang dilengkapi dgn baterai yang bisa menyimpan listrik.
Goustave Trouvé, seorang penemu perancis mengiklankan kepada dunia sains pd wkt itu motor listrik ciptaannya. a pun menjalani uji coba coba mesin ciptaannya dgn mengaplikasikan pada sepeda dengan juga perahu selepas itu barulah pd bulanan November 1818 pd acara l‘Exposition Internationale d’Électricité de Paris dengan kata lain pameran elektronik internasional yg diadakan di Paris, Goustave memperkenalkan mesin listriknya yg diaplikasikan pd mobil.
MINIATUR MOBIL BMW 318I Kotamulia
Tdk Semua 30 hari berikutnya dua Penemu Inggris, William Ayrton serta John Perry memublikasikan kendaraan tiga roda elektrik ciptaan mereka yg mana memakekan motor listrik yg ditempelkan pada roda belakang lokasi kanan serta dilengkapi dgn 12 buah baterai. Dgn motor listriknya itu, ‘kursi roda elektrik’ ini mampu melaju sampai lima belas km/jam dengan jarak tempuh lebih kurang empat puluh kilometer.
Berkat nggak semua penemuan berarti itulah akhirnya mobil listrik perlahan-lahan menjadi komoditas industri yang mulai menjadi wilayah dari kesibukan ekonomi wkt itu. Pd tahun 1884 Thomas Parker Insinyur berkebangsaan Inggris menghasilkan kendaraan roda empat listrik pabrikan bakal kesatu kalinya. Ia sebenarnya adalah insinyur yang berprofesi pada perseroan Elwell-Parker Ltd, perusahaan yang membuat lokomotif dengan bis bertenaga listrik. Kendaraan Roda 4 listrik ciptaannya ini baru dengan cara resmi dipasarkan kepada publik pada tahun 1896. Sementara dilain pihak William Morrison warga Amerika juga telah mengiklankan kendaraan ciptaannya pd thn 1891.
Selain itu seorang insinyur Perancis, Charles Jeantaud membuat kendaraan roda 4 listrik ciptaannya pd thn 1906, yg mana sanggup melaju sampai 63 km/jam sekaligus memecahkan rekor sebagai mobil listrik tercepat waktu itu.
MINIATUR MOBIL BMW 318I Kotamulia

Zaman Keemasan Kendaraan Roda Empat Listrik
Pd tahun1897 pemanfaatan mobil listrik mulai merambah ke angkutan publik serupa taksi di New York. Selain itu juga Kantor Pos di Perancis pd tahun 1901 mulai memakekan kendaraan roda 4 listrik sbg angkutan pengiriman barangnya. Mobilnya mandiri diproduksi oleh oleh perseroan Levallois-Perret beserta kendaraan roda empat tersebut mendapatkan penguasaan jelajah sejauh 50 km dgn kecepatan tertinggi lima belas km/jam dengan daya angkut 1,5 ton!
Di dunia racing mobil, pd tahun 1899 kendaraan roda empat listrik asal belgia yang bernama ‘jamais contente’ atau yang bermakna ‘tidak sempat puas’ berhasil memecahkan rekor kecepatan seratus km/jam! malahan melewati pesaingnya yg berpenggerak mesin bakar. Kendaraan Roda 4 listrik Belgia ini dilengkapi ban merk michelin serta batere yg memiliki berat 1/2 dari berat mobilnya mandiri yaitu seberat 750kg.
Sesudah lewat perkembangan pesat, perkembangan kendaraan listrik akhirnya mengalami kemunduran sebab dilain sisi perkembangan modern mesin bakar terus berkembang hingga puncaknya pd thn 1908 kendaraan roda 4 Ford T pertama kali diluncurkan.
MINIATUR MOBIL BMW 318I Kotamulia
Wkt Kemunduran Kendaraan Listrik
Dgn peluncuran kendaraan bakar nomor satu ini, adalah cikal bakal industri kendaraan modern wkt ini beserta sekaligus mempengaruhi industri mobil pd masa itu. Ditambah dgn masih murahnya harga berbahan dasar bakar & ongkos produksi kendaraan roda empat materi bakar hingga 2 kali lebih murah dibandingkan mobil listrik menjadikan kendaraan listrik lama kelamaan enggak populer.
