
MINIATUR MOBIL TOYOTA Manukan Kulon
Jika pembaca berpikir bahwa kendaraan listrik ialah inovasi tekno terkini, anda keliru. Perkembangan tekno kendaraan listrik sebenarnya sudah dimulai dari abad ke 19. Ini dibuktikan dengan diperkenalkannya nomor satu kali prototype kendaraan roda 4 listrik nomor satu yg diproses pd thn 1830 oleh Robert Anderson seorang cowok Scotlandia. Mau namun pada masa itu mobil listrik ini hanya dilengkapi dgn batree yang nggak mampu diisi ulang (non rechargeable). Barulah pada tahun 1859 Gaston Planté warga Perancis menjumpai baterai yg dpt diisi ulang, yang mana penemuan ini sangat mempengaruhi evolusi kendaraan roda empat listrik setelahnya.
Pada tahun 1881 setidaknya ada 3 kemajuan bernilai dlm perkembangan digital kendaraan roda 4 listrik.
Tiga Penemu perancis Camille Faure, Charles Jeantaud serta Nicholas Raffard menciptakan kendaraan roda empat listrik yg solid yang dilengkapi dgn batere yg bisa menyimpan listrik.
Goustave Trouvé, seorang insinyur perancis memublikasikan kepada dunia sains pada wkt itu motor listrik ciptaannya. a pun menjalani uji coba coba mesin ciptaannya dgn mengaplikasikan pada sepeda dan juga perahu sehabis itu barulah pada bulanan November 1818 pd perhelatan l‘Exposition Internationale d’Électricité de Paris dgn kata lain pameran elektronik global yang diadakan di Paris, Goustave memperkenalkan mesin listriknya yg diaplikasikan pada mobil.
MINIATUR MOBIL TOYOTA Manukan Kulon
Sebagian 31 hari berikutnya 2 Penemu Inggris, William Ayrton bersama John Perry mengintroduksi kendaraan 3 roda elektrik ciptaan mereka yang mana menggunakan motor listrik yang ditempelkan pada roda belakang wilayah kanan bersama dilengkapi dengan 12 buah baterai. Dengan motor listriknya itu, ‘kursi roda elektrik’ ini dpt melaju hingga 15 km/jam dgn jarak tempuh lebih kurang 40 kilometer.
Berkat nggak semua penemuan substansial itulah akhirnya mobil listrik perlahan-lahan menjelma komoditas industri yang mulai berubah area dari aktivitas ekonomi waktu itu. Pada tahun 1884 Thomas Parker Insinyur berkebangsaan Inggris menghasilkan kendaraan roda empat listrik pabrikan buat pertama kalinya. Ia sesungguhnya yaitu insinyur yang berkarya pada perusahaan Elwell-Parker Ltd, perseroan yg membuat lokomotif beserta bis bertenaga listrik. Kendaraan Roda 4 listrik ciptaannya ini baru secara sah dipasarkan kepada publik pada tahun 1896. Sementara dilain pihak William Morrison warga Amerika juga telah mempromosikan kendaraan roda 4 ciptaannya pd tahun 1891.
Selain itu seorang insinyur Perancis, Charles Jeantaud membuat kendaraan roda empat listrik ciptaannya pd thn 1906, yang mana dpt melaju hingga 63 km/jam sekaligus memecahkan rekor sbg mobil listrik tercepat wkt itu.
MINIATUR MOBIL TOYOTA Manukan Kulon

Zaman Keemasan Kendaraan Roda Empat Listrik
Pd tahun1897 pendayagunaan kendaraan listrik mulai merambah ke angkutan publik serupa taksi di New York. Selain itu juga Kantor Pos di Perancis pd thn 1901 mulai menggunakan kendaraan roda 4 listrik sebagai angkutan pengiriman barangnya. Mobilnya sendiri diproduksi oleh oleh perusahaan Levallois-Perret beserta kendaraan roda 4 tersebut memiliki kemampuan jelajah sejauh 50 km dengan kecepatan tertinggi lima belas km/jam dengan daya angkut 1,5 ton!
Di dunia racing mobil, pada tahun 1899 kendaraan roda empat listrik asal belgia yang bernama ‘jamais contente’ dgn kata lain yg bermakna ‘tidak tahu puas’ sukses memecahkan rekor kecepatan 100 km/jam! sampai-sampai melebihi pesaingnya yg berpenggerak mesin bakar. Kendaraan Roda Empat listrik Belgia ini dilengkapi ban merk michelin bersama batree yg memperoleh berat setengah dari berat mobilnya seorang diri adalah seberat 750kg.
Setelah lewat perkembangan pesat, perkembangan kendaraan roda 4 listrik akhirnya mengalami kemunduran sebab dilain sisi perkembangan tekno mesin bakar terus berkembang sampai puncaknya pada thn 1908 kendaraan roda empat Ford T kesatu kali diluncurkan.
MINIATUR MOBIL TOYOTA Manukan Kulon
Waktu Kemunduran Mobil Listrik
Dgn peluncuran mobil bakar pertama ini, yaitu cikal bakal industri kendaraan roda 4 modern waktu ini dan sekalian mempengaruhi industri kendaraan roda 4 pd waktu itu. Ditambah dengan masih murahnya value berbahan dasar bakar bersama ongkos produksi kendaraan roda 4 berbahan bakar hingga 2 kali extra murah dibandingkan kendaraan listrik menjadikan kendaraan roda 4 listrik semakin tak populer.
