
PUSAT GROSIR MINIATUR MOBIL Nanga Bulik
Jika pembaca berpikir bahwa kendaraan roda empat listrik yakni inovasi teknologi terkini, anda keliru. Perkembangan teknologi kendaraan listrik sebetulnya telah dimulai sejak abad ke 19. Ini dibuktikan dgn diperkenalkannya nomor satu kali prototype kendaraan roda 4 listrik nomor satu yang diurus pd tahun 18Tiga Puluh oleh Robert Anderson seorang cowok Scotlandia. Akan tapi pd wkt itu kendaraan listrik ini hyn dilengkapi dengan batree yg enggak dpt diisi ulang (non rechargeable). Barulah pada thn 1859 Gaston Planté warga Perancis mendapatkan baterai yg mampu diisi ulang, yg mana inovasi ini sangat mempengaruhi evolusi kendaraan listrik setelahnya.
Pd tahun 1881 setidaknya ada 3 kemajuan bermakna dalam perkembangan tekno kendaraan roda empat listrik.
3 Penemu perancis Camille Faure, Charles Jeantaud serta Nicholas Raffard menciptakan kendaraan roda 4 listrik yg solid yang dilengkapi dengan baterai yang bisa menyimpan listrik.
Goustave Trouvé, seorang insinyur perancis mengintroduksi kepada dunia sains pd wkt itu motor listrik ciptaannya. a pun menjalani uji coba mesin ciptaannya dgn mengaplikasikan pada sepeda serta juga perahu setelah itu barulah pd bulanan November 1818 pd perhelatan l‘Exposition Internationale d’Électricité de Paris dgn kata lain pameran elektronik global yg diadakan di Paris, Goustave memperkenalkan mesin listriknya yg diaplikasikan pada mobil.
PUSAT GROSIR MINIATUR MOBIL Nanga Bulik
Nggak Semua Tiga Puluh hari berikutnya 2 Insinyur Inggris, William Ayrton bersama John Perry menghadirkan kendaraan 3 roda elektrik ciptaan mereka yg mana memakekan motor listrik yang ditempelkan pada roda belakang wilayah kanan serta dilengkapi dgn dua belas buah baterai. Dengan motor listriknya itu, ‘kursi roda elektrik’ ini mampu melaju sampai 15 km/jam dgn jarak tempuh berkisar 40 kilometer.
Berkat sebagian penemuan esensial itulah akhirnya kendaraan roda 4 listrik perlahan-lahan berubah komoditas industri yg mulai berubah bagian dari kesibukan ekonomi wkt itu. Pd thn 1884 Thomas Parker Insinyur berkebangsaan Inggris menciptakan kendaraan roda 4 listrik pabrikan utk kesatu kalinya. Ia sesungguhnya yakni insinyur yang beroperasi pd perusahaan Elwell-Parker Ltd, perusahaan yg menciptakan lokomotif dan bis bertenaga listrik. Kendaraan listrik ciptaannya ini baru secara resmi dipasarkan kepada publik pada tahun 1896. Sementara dilain pihak William Morrison warga Amerika juga sudah mengintroduksi kendaraan roda empat ciptaannya pada tahun 1891.
Selain itu seorang penemu Perancis, Charles Jeantaud membuat kendaraan roda 4 listrik ciptaannya pada tahun 1906, yg mana mampu melaju sampai 63 km/jam sekalian memecahkan rekor sebagai kendaraan roda empat listrik tercepat masa itu.
PUSAT GROSIR MINIATUR MOBIL Nanga Bulik

Zaman Keemasan Kendaraan Listrik
Pd tahun1897 pemanfaatan mobil listrik mulai merambah ke angkutan publik sebagaimana taksi di New York. Selain itu juga Kantor Pos di Perancis pada thn 1901 mulai memakaikan mobil listrik sbg angkutan pengiriman barangnya. Mobilnya mandiri diproduksi oleh oleh perusahaan Levallois-Perret dengan kendaraan roda empat tersebut mendapatkan kapabilitas jelajah sejauh 50 km dgn kecepatan maksimum 15 km/jam dgn daya angkut 1,5 ton!
Di dunia balapan mobil, pd tahun 1899 kendaraan roda empat listrik asal belgia yang bernama ‘jamais contente’ alias yg berarti ‘tidak sudah puas’ berhasil memecahkan rekor kecepatan seratus km/jam! bahkan melebihi pesaingnya yang berpenggerak mesin bakar. Kendaraan Roda Empat listrik Belgia ini dilengkapi ban merk michelin & baterai yang memperoleh berat setengah dari berat mobilnya sendiri ialah seberat 750kg.
Sesudah menggunakan perkembangan pesat, perkembangan kendaraan roda 4 listrik akhirnya menemukan kemunduran krn dilain sisi perkembangan modern mesin bakar terus berkembang sampai puncaknya pada thn 1908 kendaraan roda empat Ford T pertama kali diluncurkan.
PUSAT GROSIR MINIATUR MOBIL Nanga Bulik
Wkt Kemunduran Mobil Listrik
Dgn peluncuran kendaraan roda empat bakar pertama ini, merupakan cikal bakal industri mobil modern saat ini beserta sekaligus mempengaruhi industri mobil pd wkt itu. Ditambah dgn masih murahnya nilai bahan bakar & budget produksi mobil bahan bakar sampai 2 kali ekstra murah dibandingkan kendaraan roda empat listrik menjadikan kendaraan roda empat listrik semakin enggak populer.
