JUAL DIECAST MOBIL FERRARI Raha
Jika pembaca berpikir bahwa kendaraan roda empat listrik merupakan inovasi tekno terkini, anda keliru. Perkembangan modern kendaraan roda empat listrik sedianya telah dimulai sewaktu abad ke 19. Ini dibuktikan dengan diperkenalkannya pertama kali prototype mobil listrik nomor satu yang diproses pada thn 1830 oleh Robert Anderson seorang pria Scotlandia. Mau tapi pd waktu itu mobil listrik ini sekadar dilengkapi dgn baterai yang tidak dpt diisi ulang (non rechargeable). Barulah pd thn 1859 Gaston Planté warga Perancis mendapatkan batree yg bisa diisi ulang, yang mana penemuan ini amat mempengaruhi evolusi kendaraan roda 4 listrik setelahnya.
Pd thn 1881 setidaknya ada 3 kemajuan bermanfaat dalam perkembangan teknologi kendaraan listrik.
Tiga Penemu perancis Camille Faure, Charles Jeantaud dengan Nicholas Raffard menciptakan kendaraan roda 4 listrik yg solid yang dilengkapi dgn batree yang dapat menyimpan listrik.
Goustave Trouvé, seorang penemu perancis mempromosikan kepada dunia sains pada masa itu motor listrik ciptaannya. a pun memperbuat uji coba coba mesin ciptaannya dengan mengaplikasikan pd sepeda dan juga perahu sehabis itu barulah pd bulanan November 1818 pada agenda l‘Exposition Internationale d’Électricité de Paris atau pameran elektronik global yang diadakan di Paris, Goustave menghadirkan mesin listriknya yg diaplikasikan pd mobil.
JUAL DIECAST MOBIL FERRARI Raha
Sejarah Kendaraan Roda Empat Listrik Yang Jarang Kita Ketahui
Sebagian 30 hari berikutnya 2 Insinyur Inggris, William Ayrton dengan John Perry mempromosikan kendaraan tiga roda elektrik ciptaan mereka yang mana menggunakan motor listrik yang ditempelkan pd roda belakang daerah kanan & dilengkapi dengan 12 buah baterai. Dgn motor listriknya itu, ‘kursi roda elektrik’ ini dapat melaju hingga lima belas km/jam dgn jarak tempuh kurang lebih 40 kilometer.
Berkat sebagian penemuan bernilai itulah akhirnya kendaraan roda 4 listrik perlahan-lahan menjelma komoditas industri yang mulai berubah wilayah dari aktivitas ekonomi masa itu. Pada thn 1884 Thomas Parker Penemu berkebangsaan Inggris membuat kendaraan roda 4 listrik pabrikan bakal kesatu kalinya. Ia sesungguhnya adalah penemu yang berprofesi pada perusahaan Elwell-Parker Ltd, perseroan yang membuat lokomotif dengan bis bertenaga listrik. Mobil listrik ciptaannya ini baru scr formal dipasarkan kepada publik pada thn 1896. Sementara dilain pihak William Morrison warga Amerika juga telah memberitahukan mobil ciptaannya pada thn 1891.
Selain itu seorang penemu Perancis, Charles Jeantaud menghasilkan kendaraan roda empat listrik ciptaannya pd tahun 1906, yg mana dapat melaju sampai 63 km/jam sekalian memecahkan rekor sebagai kendaraan listrik tercepat masa itu.
JUAL DIECAST MOBIL FERRARI Raha
Zaman Keemasan Kendaraan Listrik
Pd tahun1897 pemakaian kendaraan listrik mulai merambah ke angkutan publik semacam taksi di New York. Selain itu juga Kantor Pos di Perancis pd thn 1901 mulai menerapkan mobil listrik sebagai angkutan pengiriman barangnya. Mobilnya mandiri diproduksi oleh oleh perusahaan Levallois-Perret serta mobil tersebut memiliki penguasaan jelajah sejauh 50 km dgn kecepatan maksimum lima belas km/jam dgn daya angkut 1,5 ton!
Di dunia balapan mobil, pada tahun 1899 kendaraan roda empat listrik asal belgia yg bernama ‘jamais contente’ dgn kata lain yang bermakna ‘tidak pernah puas’ berhasil memecahkan rekor kecepatan 100 km/jam! lebih-lebih melewati pesaingnya yang berpenggerak mesin bakar. Kendaraan listrik Belgia ini dilengkapi ban merk michelin bersama batree yg mempunyai berat setengah dari berat mobilnya sendiri yaitu seberat 750kg.
Selesai melalui perkembangan pesat, perkembangan kendaraan listrik akhirnya menerima kemunduran karna dilain sisi perkembangan globalisasi mesin bakar terus berkembang hingga puncaknya pada tahun 1908 mobil Ford T kesatu kali diluncurkan.
JUAL DIECAST MOBIL FERRARI Raha
Masa Kemunduran Kendaraan Roda 4 Listrik
Dengan peluncuran kendaraan bakar kesatu ini, adalah cikal bakal industri kendaraan roda empat modern wkt ini beserta sekaligus mempengaruhi industri kendaraan roda empat pada saat itu. Ditambah dengan masih murahnya nilai berbahan dasar bakar bersama ongkos produksi kendaraan materi bakar hingga 2 kali lbh ekonomis dibandingkan kendaraan roda empat listrik menjadikan kendaraan roda 4 listrik lama kelamaan tak populer.