MINIATUR MOBIL NEW AVANZA Wakatobi
Jika pembaca berpikir bahwa kendaraan listrik yakni inovasi globalisasi terkini, anda keliru. Perkembangan teknologi kendaraan roda 4 listrik sebenarnya sudah dimulai dari abad ke 19. Ini dibuktikan dengan diperkenalkannya kesatu kali prototype kendaraan roda empat listrik pertama yg diproses pada thn 18Tiga Puluh oleh Robert Anderson seorang cowo Scotlandia. Hendak tetapi pd masa itu kendaraan roda 4 listrik ini hanya dilengkapi dengan baterai yang enggak dapat diisi ulang (non rechargeable). Barulah pd thn 1859 Gaston Planté warga Perancis menjumpai baterai yang bisa diisi ulang, yg mana inovasi ini sangat mempengaruhi evolusi kendaraan roda 4 listrik setelahnya.
Pd tahun 1881 setidaknya ada 3 kemajuan berpengaruh dalam perkembangan tekno kendaraan listrik.
3 Penemu perancis Camille Faure, Charles Jeantaud beserta Nicholas Raffard menciptakan mobil listrik yg solid yang dilengkapi dengan batere yg dpt menyimpan listrik.
Goustave Trouvé, seorang penemu perancis memberitahukan kepada dunia sains pd saat itu motor listrik ciptaannya. a pun mengerjakan uji coba coba mesin ciptaannya dengan mengaplikasikan pada sepeda dan juga perahu selepas itu barulah pd 31 hari November 1818 pd kegiatan l‘Exposition Internationale d’Électricité de Paris dgn kata lain pameran elektronik universal yang diadakan di Paris, Goustave mengiklankan mesin listriknya yang diaplikasikan pada mobil.
MINIATUR MOBIL NEW AVANZA Wakatobi
Sejarah Kendaraan Listrik Yg Jarang Kita Ketahui
Beberapa bulan berikutnya 2 Insinyur Inggris, William Ayrton dengan John Perry memperkenalkan kendaraan tiga roda elektrik ciptaan mereka yang mana memakekan motor listrik yg ditempelkan pd roda belakang bagian kanan dan dilengkapi dengan dua belas buah baterai. Dengan motor listriknya itu, ‘kursi roda elektrik’ ini mampu melaju hingga 15 km/jam dengan jarak tempuh lebih kurang 40 kilometer.
Berkat sebagian penemuan krusial itulah akhirnya kendaraan listrik perlahan-lahan menjelma komoditas industri yg mulai menjelma area dari aktivitas ekonomi masa itu. Pd tahun 1884 Thomas Parker Penemu berkebangsaan Inggris menciptakan mobil listrik pabrikan utk kesatu kalinya. Ia sebenarnya merupakan insinyur yg bertugas pd perusahaan Elwell-Parker Ltd, perseroan yg menghasilkan lokomotif dengan bis bertenaga listrik. Kendaraan Roda Empat listrik ciptaannya ini baru secara sah dipasarkan kepada publik pada tahun 1896. Sementara dilain pihak William Morrison warga Amerika juga telah mengiklankan kendaraan roda 4 ciptaannya pd tahun 1891.
Selain itu seorang insinyur Perancis, Charles Jeantaud menciptakan kendaraan listrik ciptaannya pada thn 1906, yg mana bisa melaju hingga 63 km/jam sekalian memecahkan rekor sbg mobil listrik tercepat saat itu.
MINIATUR MOBIL NEW AVANZA Wakatobi
Zaman Keemasan Kendaraan Listrik
Pd tahun1897 pendayagunaan mobil listrik mulai merambah ke angkutan publik sebagaimana taksi di New York. Selain itu juga Kantor Pos di Perancis pd tahun 1901 mulai memakaikan mobil listrik sbg angkutan pengiriman barangnya. Mobilnya independen diproduksi oleh oleh perseroan Levallois-Perret & kendaraan roda empat tsb mendapatkan kapasitas jelajah sejauh 50 km dengan kecepatan tertinggi lima belas km/jam dengan daya angkut 1,5 ton!
Di dunia balapan mobil, pd tahun 1899 mobil listrik asal belgia yang bernama ‘jamais contente’ alias yg bermakna ‘tidak tahu puas’ berhasil memecahkan rekor kecepatan 100 km/jam! terlebih melampaui pesaingnya yg berpenggerak mesin bakar. Kendaraan listrik Belgia ini dilengkapi ban merk michelin serta batree yg memiliki berat 1/2 dari berat mobilnya seorang diri yakni seberat 750kg.
Setelah menggunakan perkembangan pesat, perkembangan kendaraan roda 4 listrik akhirnya mengalami kemunduran sebab dilain sisi perkembangan tekno mesin bakar terus berkembang hingga puncaknya pd tahun 1908 kendaraan roda empat Ford T nomor satu kali diluncurkan.
MINIATUR MOBIL NEW AVANZA Wakatobi
Wkt Kemunduran Kendaraan Roda 4 Listrik
Dengan peluncuran kendaraan roda empat bakar pertama ini, merupakan cikal bakal industri kendaraan roda empat modern waktu ini bersama sekaligus mempengaruhi industri mobil pd masa itu. Ditambah dgn masih murahnya nilai materi bakar serta biaya produksi mobil bahan bakar hingga 2 kali extra ekonomis dibandingkan kendaraan roda 4 listrik menjadikan kendaraan roda empat listrik makin lama enggak populer.