MINIATUR MOBIL JEEP Sukolilo Baru

 MINIATUR MOBIL JEEP Sukolilo Baru

MINIATUR MOBIL JEEP Sukolilo Baru
Jika pembaca berpikir bahwa kendaraan roda empat listrik yakni inovasi globalisasi terkini, anda keliru. Perkembangan modern kendaraan roda 4 listrik sesungguhnya sudah dimulai sewaktu abad ke 19. Ini dibuktikan dgn diperkenalkannya pertama kali prototype kendaraan listrik pertama yang diurus pada tahun 18Tiga Puluh oleh Robert Anderson seorang cowok Scotlandia. Akan tapi pada waktu itu kendaraan roda empat listrik ini sekadar dilengkapi dgn batere yg enggak mampu diisi ulang (non rechargeable). Barulah pada thn 1859 Gaston Planté warga Perancis menemukan batere yang dpt diisi ulang, yg mana penemuan ini sangat mempengaruhi evolusi kendaraan listrik setelahnya.

Pada tahun 1881 setidaknya ada 3 kemajuan bermanfaat dalam perkembangan tekno kendaraan listrik.

3 Insinyur perancis Camille Faure, Charles Jeantaud dan Nicholas Raffard menciptakan kendaraan listrik yg solid yang dilengkapi dgn batere yg dapat menyimpan listrik.

Goustave Trouvé, seorang insinyur perancis mengintroduksi kepada dunia sains pd waktu itu motor listrik ciptaannya. a pun menjalankan percobaan coba mesin ciptaannya dgn mengaplikasikan pada sepeda & juga perahu selepas itu barulah pada 31 hari November 1818 pada kegiatan l‘Exposition Internationale d’Électricité de Paris atau pameran elektronik global yang diadakan di Paris, Goustave menginformasikan mesin listriknya yg diaplikasikan pd mobil.

MINIATUR MOBIL JEEP Sukolilo Baru
Sejarah Kendaraan Roda Empat Listrik Yang Jarang Kita Ketahui
Tdk Semua 31 hari berikutnya 2 Penemu Inggris, William Ayrton & John Perry mengintroduksi kendaraan 3 roda elektrik ciptaan mereka yg mana menerapkan motor listrik yang ditempelkan pada roda belakang lokasi kanan dengan dilengkapi dgn dua belas buah baterai. Dengan motor listriknya itu, ‘kursi roda elektrik’ ini dpt melaju sampai 15 km/jam dengan jarak tempuh sekitar 40 kilometer.

Berkat sebagian inovasi krusial itulah akhirnya kendaraan roda empat listrik perlahan-lahan menjadi komoditas industri yg mulai menjelma bagian dari kesibukan ekonomi saat itu. Pd tahun 1884 Thomas Parker Penemu berkebangsaan Inggris membuat kendaraan roda 4 listrik pabrikan bagi pertama kalinya. Ia sebetulnya ialah insinyur yang berkarya pd perseroan Elwell-Parker Ltd, perseroan yang menghasilkan lokomotif & bis bertenaga listrik. Kendaraan Roda 4 listrik ciptaannya ini baru dengan cara formal dipasarkan kepada publik pada tahun 1896. Sementara dilain pihak William Morrison warga Amerika juga sudah menginformasikan kendaraan ciptaannya pd thn 1891.

Selain itu seorang insinyur Perancis, Charles Jeantaud menciptakan kendaraan roda 4 listrik ciptaannya pada tahun 1906, yg mana mampu melaju hingga 63 km/jam sekaligus memecahkan rekor bagaikan kendaraan roda 4 listrik tercepat saat itu.

MINIATUR MOBIL JEEP Sukolilo Baru

 MINIATUR MOBIL JEEP Sukolilo Baru

Zaman Keemasan Mobil Listrik
Pd tahun1897 pendayagunaan kendaraan listrik mulai merambah ke angkutan publik semacam taksi di New York. Selain itu juga Kantor Pos di Perancis pada tahun 1901 mulai memakaikan kendaraan roda 4 listrik bagaikan angkutan pengiriman barangnya. Mobilnya mandiri diproduksi oleh oleh perusahaan Levallois-Perret dengan kendaraan roda empat tersebut memperoleh kepandaian jelajah sejauh 50 km dgn kecepatan mentok lima belas km/jam dgn daya angkut 1,5 ton!

Di dunia balapan mobil, pada tahun 1899 kendaraan roda empat listrik asal belgia yg bernama ‘jamais contente’ alias yang berarti ‘tidak tahu puas’ berhasil memecahkan rekor kecepatan seratus km/jam! terlebih melewati pesaingnya yg berpenggerak mesin bakar. Kendaraan listrik Belgia ini dilengkapi ban merk michelin bersama batere yang memiliki berat 1/2 dari berat mobilnya sendiri merupakan seberat 750kg.

Sehabis melalui perkembangan pesat, perkembangan kendaraan roda empat listrik akhirnya memperoleh kemunduran karena dilain sisi perkembangan teknologi mesin bakar terus berkembang hingga puncaknya pd tahun 1908 mobil Ford T pertama kali diluncurkan.

MINIATUR MOBIL JEEP Sukolilo Baru
Masa Kemunduran Kendaraan Listrik
Dgn peluncuran mobil bakar nomor satu ini, yaitu cikal bakal industri mobil modern masa ini dan sekalian mempengaruhi industri mobil pd wkt itu. Ditambah dgn masih murahnya price material bakar dan biaya produksi kendaraan roda empat bahan bakar sampai 2 kali lbh ekonomis dibandingkan kendaraan roda 4 listrik menjadikan kendaraan listrik semakin tidak populer.

 MINIATUR MOBIL JEEP Sukolilo Baru

MINIATUR MOBIL JEEP Sukolilo Baru

MINIATUR MOBIL JEEP Sukolilo Baru

LihatTutupKomentar