MINIATUR MOBIL KEREN Calang
Jika pembaca berpikir bahwa kendaraan listrik yaitu penemuan modern terkini, anda keliru. Perkembangan digital kendaraan roda empat listrik sesungguhnya sudah dimulai dari abad ke 19. Ini dibuktikan dgn diperkenalkannya nomor satu kali prototype kendaraan roda empat listrik kesatu yang diurus pd tahun 18Tiga Puluh oleh Robert Anderson seorang cowo Scotlandia. Mau tetapi pada saat itu kendaraan roda empat listrik ini cukup dilengkapi dgn baterai yg nggak sanggup diisi ulang (non rechargeable). Barulah pada tahun 1859 Gaston Planté warga Perancis mendapatkan batree yang sanggup diisi ulang, yang mana penemuan ini sangat mempengaruhi evolusi kendaraan roda empat listrik setelahnya.
Pada thn 1881 setidaknya ada 3 kemajuan berpengaruh dlm perkembangan globalisasi kendaraan roda 4 listrik.
Tiga Penemu perancis Camille Faure, Charles Jeantaud dan Nicholas Raffard menciptakan kendaraan listrik yg solid yang dilengkapi dgn batree yg bisa menyimpan listrik.
Goustave Trouvé, seorang penemu perancis menginformasikan kepada dunia sains pada wkt itu motor listrik ciptaannya. a pun melakukan uji coba coba mesin ciptaannya dgn mengaplikasikan pada sepeda dengan juga perahu sehabis itu barulah pd 31 hari November 1818 pada acara l‘Exposition Internationale d’Électricité de Paris atau pameran elektronik dunia yang diadakan di Paris, Goustave mengintroduksi mesin listriknya yg diaplikasikan pd mobil.
MINIATUR MOBIL KEREN Calang
Sejarah Kendaraan Roda 4 Listrik Yang Jarang Kita Ketahui
Tdk Semua bulan berikutnya 2 Penemu Inggris, William Ayrton & John Perry memberitahukan kendaraan 3 roda elektrik ciptaan mereka yang mana menerapkan motor listrik yang ditempelkan pd roda belakang area kanan dengan dilengkapi dgn 12 buah baterai. Dgn motor listriknya itu, ‘kursi roda elektrik’ ini bisa melaju sampai 15 km/jam dgn jarak tempuh lebih kurang empat puluh kilometer.
Berkat nggak semua penemuan berarti itulah akhirnya mobil listrik perlahan-lahan menjadi komoditas industri yang mulai menjadi bagian dari aktivitas ekonomi wkt itu. Pd tahun 1884 Thomas Parker Penemu berkebangsaan Inggris menciptakan kendaraan roda 4 listrik pabrikan buat nomor satu kalinya. Ia sebetulnya yakni penemu yg bertugas pd perseroan Elwell-Parker Ltd, perusahaan yang menghasilkan lokomotif bersama bis bertenaga listrik. Kendaraan listrik ciptaannya ini baru scr formal dipasarkan kepada publik pada thn 1896. Sementara dilain pihak William Morrison warga Amerika juga sudah menghadirkan mobil ciptaannya pd thn 1891.
Selain itu seorang insinyur Perancis, Charles Jeantaud membuat kendaraan roda empat listrik ciptaannya pada tahun 1906, yg mana sanggup melaju sampai 63 km/jam sekalian memecahkan rekor selaku mobil listrik tercepat waktu itu.
MINIATUR MOBIL KEREN Calang
Zaman Keemasan Kendaraan Roda Empat Listrik
Pada tahun1897 pemanfaatan kendaraan roda 4 listrik mulai merambah ke angkutan publik seperti taksi di New York. Selain itu juga Kantor Pos di Perancis pd tahun 1901 mulai menggunakan mobil listrik sebagai angkutan pengiriman barangnya. Mobilnya mandiri diproduksi oleh oleh perseroan Levallois-Perret dan kendaraan roda 4 tsb mendapatkan kompetensi jelajah sejauh 50 km dengan kecepatan tertinggi lima belas km/jam dengan daya angkut 1,5 ton!
Di dunia racing mobil, pd tahun 1899 kendaraan listrik asal belgia yang bernama ‘jamais contente’ alias yang berarti ‘tidak sempat puas’ berhasil memecahkan rekor kecepatan 100 km/jam! terlebih melebihi pesaingnya yang berpenggerak mesin bakar. Kendaraan Roda 4 listrik Belgia ini dilengkapi ban merk michelin dan batere yang mempunyai berat 1/2 dari berat mobilnya mandiri adalah seberat 750kg.
Selesai memakai perkembangan pesat, perkembangan kendaraan roda empat listrik akhirnya memperoleh kemunduran karna dilain sisi perkembangan teknologi mesin bakar terus berkembang hingga puncaknya pd thn 1908 mobil Ford T pertama kali diluncurkan.
MINIATUR MOBIL KEREN Calang
Saat Kemunduran Mobil Listrik
Dengan peluncuran kendaraan roda empat bakar nomor satu ini, adalah cikal bakal industri kendaraan roda empat modern waktu ini bersama sekaligus mempengaruhi industri kendaraan pd waktu itu. Ditambah dgn masih murahnya value materi bakar dengan ongkos produksi mobil material bakar hingga 2 kali lbh murah dibandingkan kendaraan listrik menjadikan kendaraan roda empat listrik semakin tidak populer.