MINIATUR MOBIL KIJANG Mahakam Ulu

 MINIATUR MOBIL KIJANG Mahakam Ulu

MINIATUR MOBIL KIJANG Mahakam Ulu
Jika pembaca berpikir bahwa mobil listrik merupakan inovasi teknologi terkini, anda keliru. Perkembangan globalisasi kendaraan roda empat listrik sebetulnya sudah dimulai sewaktu abad ke 19. Ini dibuktikan dengan diperkenalkannya nomor satu kali prototype kendaraan roda empat listrik kesatu yang dibuat pada tahun 18Tiga Puluh oleh Robert Anderson seorang cowok Scotlandia. Akan tapi pada masa itu kendaraan listrik ini semata-mata dilengkapi dgn baterai yg nggak dpt diisi ulang (non rechargeable). Barulah pd tahun 1859 Gaston Planté warga Perancis menemukan batree yg mampu diisi ulang, yg mana inovasi ini amat mempengaruhi evolusi mobil listrik setelahnya.

Pd thn 1881 setidaknya ada 3 kemajuan penting dlm perkembangan tekno kendaraan listrik.

Tiga Penemu perancis Camille Faure, Charles Jeantaud dengan Nicholas Raffard menciptakan kendaraan listrik yang solid yang dilengkapi dgn batree yg dpt menyimpan listrik.

Goustave Trouvé, seorang penemu perancis menghadirkan kepada dunia sains pada waktu itu motor listrik ciptaannya. a pun mengerjakan test coba mesin ciptaannya dengan mengaplikasikan pd sepeda dan juga perahu sesudah itu barulah pd bulanan November 1818 pd acara l‘Exposition Internationale d’Électricité de Paris dgn kata lain pameran elektronik dunia yg diadakan di Paris, Goustave menginformasikan mesin listriknya yang diaplikasikan pd mobil.

MINIATUR MOBIL KIJANG Mahakam Ulu
Sejarah Kendaraan Listrik Yang Jarang Kita Ketahui
Sebagian 30 hari berikutnya dua Insinyur Inggris, William Ayrton beserta John Perry memperkenalkan kendaraan tiga roda elektrik ciptaan mereka yang mana menggunakan motor listrik yang ditempelkan pd roda belakang wilayah kanan serta dilengkapi dgn dua belas buah baterai. Dengan motor listriknya itu, ‘kursi roda elektrik’ ini bisa melaju sampai lima belas km/jam dgn jarak tempuh kira-kira 40 kilometer.

Berkat sebagian inovasi berguna itulah akhirnya kendaraan roda 4 listrik perlahan-lahan menjadi komoditas industri yg mulai berubah bagian dari kesibukan ekonomi saat itu. Pd tahun 1884 Thomas Parker Insinyur berkebangsaan Inggris membuat kendaraan listrik pabrikan utk nomor satu kalinya. Ia sedianya ialah penemu yang berprofesi pada perseroan Elwell-Parker Ltd, perseroan yg menciptakan lokomotif serta bis bertenaga listrik. Kendaraan listrik ciptaannya ini baru scr sah dipasarkan kepada publik pada thn 1896. Sementara dilain pihak William Morrison warga Amerika juga telah mengiklankan kendaraan roda empat ciptaannya pada tahun 1891.

Selain itu seorang penemu Perancis, Charles Jeantaud membuat kendaraan roda empat listrik ciptaannya pada thn 1906, yang mana dpt melaju sampai 63 km/jam sekaligus memecahkan rekor selaku kendaraan roda 4 listrik tercepat masa itu.

MINIATUR MOBIL KIJANG Mahakam Ulu

 MINIATUR MOBIL KIJANG Mahakam Ulu

Zaman Keemasan Kendaraan Roda 4 Listrik
Pd tahun1897 penggunaan kendaraan roda 4 listrik mulai merambah ke angkutan publik sebagaimana taksi di New York. Selain itu juga Kantor Pos di Perancis pada thn 1901 mulai menerapkan kendaraan roda empat listrik selaku angkutan pengiriman barangnya. Mobilnya independen diproduksi oleh oleh perseroan Levallois-Perret dengan kendaraan tersebut memiliki kepandaian jelajah sejauh 50 km dengan kecepatan maksimum 15 km/jam dgn daya angkut 1,5 ton!

Di dunia racing mobil, pd tahun 1899 kendaraan roda 4 listrik asal belgia yg bernama ‘jamais contente’ dengan kata lain yg bermakna ‘tidak tahu puas’ sukses memecahkan rekor kecepatan seratus km/jam! terlebih melewati pesaingnya yang berpenggerak mesin bakar. Kendaraan Roda 4 listrik Belgia ini dilengkapi ban merk michelin dengan batere yg memperoleh berat 1/2 dari berat mobilnya mandiri yaitu seberat 750kg.

Sehabis memakai perkembangan pesat, perkembangan kendaraan roda empat listrik akhirnya memperoleh kemunduran karna dilain sisi perkembangan modern mesin bakar terus berkembang sampai puncaknya pd thn 1908 mobil Ford T kesatu kali diluncurkan.

MINIATUR MOBIL KIJANG Mahakam Ulu
Waktu Kemunduran Kendaraan Roda 4 Listrik
Dgn peluncuran mobil bakar pertama ini, merupakan cikal bakal industri kendaraan roda empat modern masa ini dan sekalian mempengaruhi industri kendaraan roda empat pada saat itu. Ditambah dgn masih murahnya price berbahan dasar bakar & anggaran produksi kendaraan berbahan bakar hingga 2 kali lebih ekonomis dibandingkan kendaraan roda 4 listrik menjadikan kendaraan listrik makin lama tak populer.

 MINIATUR MOBIL KIJANG Mahakam Ulu

MINIATUR MOBIL KIJANG Mahakam Ulu

MINIATUR MOBIL KIJANG Mahakam Ulu

LihatTutupKomentar