MINIATUR MOBIL PAJERO Banjarmasin
Jika pembaca berpikir bahwa kendaraan roda 4 listrik adalah penemuan tekno terkini, anda keliru. Perkembangan tekno kendaraan roda empat listrik sedianya telah dimulai sejak abad ke 19. Ini dibuktikan dgn diperkenalkannya pertama kali prototype mobil listrik kesatu yg dikerjakan pada tahun 18Tiga Puluh oleh Robert Anderson seorang cowo Scotlandia. Mau tapi pada waktu itu mobil listrik ini cuman dilengkapi dgn batree yang tak dpt diisi ulang (non rechargeable). Barulah pd thn 1859 Gaston Planté warga Perancis menemukan batree yang dpt diisi ulang, yang mana penemuan ini sangat mempengaruhi evolusi kendaraan roda 4 listrik setelahnya.
Pd thn 1881 setidaknya ada 3 kemajuan esensial dalam perkembangan teknologi kendaraan listrik.
Tiga Penemu perancis Camille Faure, Charles Jeantaud dan Nicholas Raffard menciptakan kendaraan roda 4 listrik yg solid yg dilengkapi dengan baterai yg mampu menyimpan listrik.
Goustave Trouvé, seorang penemu perancis menghadirkan kepada dunia sains pada waktu itu motor listrik ciptaannya. a pun mengerjakan test coba mesin ciptaannya dgn mengaplikasikan pd sepeda bersama juga perahu selepas itu barulah pada bulanan November 1818 pada agenda l‘Exposition Internationale d’Électricité de Paris dengan kata lain pameran elektronik internasional yang diadakan di Paris, Goustave memberitahukan mesin listriknya yang diaplikasikan pd mobil.
MINIATUR MOBIL PAJERO Banjarmasin
Sejarah Kendaraan Roda 4 Listrik Yang Jarang Kita Ketahui
Nggak Semua 30 hari berikutnya 2 Insinyur Inggris, William Ayrton bersama John Perry mempromosikan kendaraan tiga roda elektrik ciptaan mereka yg mana menggunakan motor listrik yg ditempelkan pd roda belakang lokasi kanan beserta dilengkapi dengan dua belas buah baterai. Dengan motor listriknya itu, ‘kursi roda elektrik’ ini dapat melaju sampai lima belas km/jam dengan jarak tempuh berkisar empat puluh kilometer.
Berkat nggak semua penemuan penting itulah akhirnya mobil listrik perlahan-lahan berubah komoditas industri yang mulai menjelma area dari kesibukan ekonomi waktu itu. Pd tahun 1884 Thomas Parker Penemu berkebangsaan Inggris membuat kendaraan roda 4 listrik pabrikan bakal pertama kalinya. Ia sesungguhnya ialah insinyur yang beroperasi pada perseroan Elwell-Parker Ltd, perusahaan yg membuat lokomotif serta bis bertenaga listrik. Kendaraan Roda 4 listrik ciptaannya ini baru scr legal dipasarkan kepada publik pada thn 1896. Sementara dilain pihak William Morrison warga Amerika juga telah mengiklankan kendaraan ciptaannya pada thn 1891.
Selain itu seorang insinyur Perancis, Charles Jeantaud menghasilkan kendaraan roda empat listrik ciptaannya pd thn 1906, yg mana dapat melaju hingga 63 km/jam sekalian memecahkan rekor bagaikan kendaraan listrik tercepat saat itu.
MINIATUR MOBIL PAJERO Banjarmasin
Zaman Keemasan Mobil Listrik
Pd tahun1897 penggunaan mobil listrik mulai merambah ke angkutan publik serupa taksi di New York. Selain itu juga Kantor Pos di Perancis pada thn 1901 mulai menerapkan kendaraan roda empat listrik sebagai angkutan pengiriman barangnya. Mobilnya independen diproduksi oleh oleh perusahaan Levallois-Perret beserta kendaraan tersebut memperoleh keahlian jelajah sejauh 50 km dengan kecepatan mentok lima belas km/jam dengan daya angkut 1,5 ton!
Di dunia balapan mobil, pada tahun 1899 kendaraan listrik asal belgia yg bernama ‘jamais contente’ dengan kata lain yang bermakna ‘tidak sudah puas’ berhasil memecahkan rekor kecepatan seratus km/jam! sampai-sampai melewati pesaingnya yang berpenggerak mesin bakar. Kendaraan Roda 4 listrik Belgia ini dilengkapi ban merk michelin & batere yg memperoleh berat setengah dari berat mobilnya seorang diri adalah seberat 750kg.
Setelah memakai perkembangan pesat, perkembangan mobil listrik akhirnya menerima kemunduran karena dilain sisi perkembangan tekno mesin bakar terus berkembang hingga puncaknya pada thn 1908 kendaraan Ford T nomor satu kali diluncurkan.
MINIATUR MOBIL PAJERO Banjarmasin
Masa Kemunduran Kendaraan Listrik
Dengan peluncuran mobil bakar pertama ini, adalah cikal bakal industri mobil modern masa ini & sekaligus mempengaruhi industri kendaraan roda 4 pada waktu itu. Ditambah dgn masih murahnya nilai berbahan bakar beserta bujet produksi kendaraan roda empat berbahan bakar hingga 2 kali lbh ekonomis dibandingkan kendaraan roda 4 listrik menjadikan kendaraan listrik makin lama tidak populer.