MINIATUR MOBIL TIMOR Pegunungan Bintang

 MINIATUR MOBIL TIMOR Pegunungan Bintang

MINIATUR MOBIL TIMOR Pegunungan Bintang
Jika pembaca berpikir bahwa kendaraan roda empat listrik merupakan penemuan globalisasi terkini, anda keliru. Perkembangan tekno kendaraan roda 4 listrik sebetulnya telah dimulai dari abad ke 19. Ini dibuktikan dengan diperkenalkannya nomor satu kali prototype mobil listrik nomor satu yg dibuat pd thn 1830 oleh Robert Anderson seorang cowo Scotlandia. Akan namun pd masa itu kendaraan listrik ini semata-mata dilengkapi dgn baterai yg tak dpt diisi ulang (non rechargeable). Barulah pada thn 1859 Gaston Planté warga Perancis menemukan batree yang dapat diisi ulang, yang mana inovasi ini sangat mempengaruhi evolusi kendaraan roda empat listrik setelahnya.

Pada thn 1881 setidaknya ada 3 kemajuan primer dlm perkembangan teknologi mobil listrik.

Tiga Penemu perancis Camille Faure, Charles Jeantaud serta Nicholas Raffard menciptakan kendaraan roda empat listrik yg solid yang dilengkapi dengan baterai yang bisa menyimpan listrik.

Goustave Trouvé, seorang insinyur perancis mempromosikan kepada dunia sains pada masa itu motor listrik ciptaannya. a pun melakukan percobaan coba mesin ciptaannya dengan mengaplikasikan pd sepeda & juga perahu sesudah itu barulah pada 31 hari November 1818 pada kegiatan l‘Exposition Internationale d’Électricité de Paris dgn kata lain pameran elektronik universal yg diadakan di Paris, Goustave menghadirkan mesin listriknya yg diaplikasikan pada mobil.

MINIATUR MOBIL TIMOR Pegunungan Bintang
Sejarah Mobil Listrik Yang Jarang Kita Ketahui
Beberapa bln berikutnya 2 Penemu Inggris, William Ayrton beserta John Perry menghadirkan kendaraan 3 roda elektrik ciptaan mereka yang mana memakekan motor listrik yang ditempelkan pd roda belakang daerah kanan dan dilengkapi dengan 12 buah baterai. Dengan motor listriknya itu, ‘kursi roda elektrik’ ini mampu melaju sampai 15 km/jam dgn jarak tempuh sekitar empat puluh kilometer.

Berkat nggak semua inovasi bermakna itulah akhirnya kendaraan listrik perlahan-lahan menjadi komoditas industri yg mulai menjelma area dari aktivitas ekonomi masa itu. Pada tahun 1884 Thomas Parker Penemu berkebangsaan Inggris membuat mobil listrik pabrikan bakal kesatu kalinya. Ia sebenarnya yaitu insinyur yg berprofesi pd perseroan Elwell-Parker Ltd, perseroan yang membuat lokomotif & bis bertenaga listrik. Kendaraan listrik ciptaannya ini baru dengan cara legal dipasarkan kepada publik pd thn 1896. Sementara dilain pihak William Morrison warga Amerika juga sudah mempromosikan kendaraan ciptaannya pd thn 1891.

Selain itu seorang penemu Perancis, Charles Jeantaud menghasilkan kendaraan roda 4 listrik ciptaannya pd tahun 1906, yang mana sanggup melaju sampai 63 km/jam sekalian memecahkan rekor selaku mobil listrik tercepat saat itu.

MINIATUR MOBIL TIMOR Pegunungan Bintang

 MINIATUR MOBIL TIMOR Pegunungan Bintang

Zaman Keemasan Mobil Listrik
Pada tahun1897 pemakaian mobil listrik mulai merambah ke angkutan publik seperti taksi di New York. Selain itu juga Kantor Pos di Perancis pada tahun 1901 mulai memakekan kendaraan roda empat listrik sebagai angkutan pengiriman barangnya. Mobilnya mandiri diproduksi oleh oleh perseroan Levallois-Perret bersama mobil tersebut mempunyai kapasitas jelajah sejauh 50 km dgn kecepatan mentok 15 km/jam dgn daya angkut 1,5 ton!

Di dunia balapan mobil, pada tahun 1899 kendaraan roda empat listrik asal belgia yang bernama ‘jamais contente’ atau yang berarti ‘tidak sempat puas’ berhasil memecahkan rekor kecepatan 100 km/jam! terlebih melampaui pesaingnya yg berpenggerak mesin bakar. Kendaraan Roda 4 listrik Belgia ini dilengkapi ban merk michelin & batree yang memperoleh berat 1/2 dari berat mobilnya seorang diri merupakan seberat 750kg.

Sehabis memakai perkembangan pesat, perkembangan kendaraan roda 4 listrik akhirnya mendapatkan kemunduran sebab dilain sisi perkembangan digital mesin bakar terus berkembang sampai puncaknya pd thn 1908 mobil Ford T pertama kali diluncurkan.

MINIATUR MOBIL TIMOR Pegunungan Bintang
Saat Kemunduran Kendaraan Roda Empat Listrik
Dgn peluncuran mobil bakar pertama ini, merupakan cikal bakal industri kendaraan modern waktu ini bersama sekaligus mempengaruhi industri kendaraan pada saat itu. Ditambah dengan masih murahnya nilai materi bakar dan uang produksi mobil bahan bakar hingga 2 kali lbh ekonomis dibandingkan kendaraan roda empat listrik menjadikan kendaraan listrik semakin tak populer.

 MINIATUR MOBIL TIMOR Pegunungan Bintang

MINIATUR MOBIL TIMOR Pegunungan Bintang

MINIATUR MOBIL TIMOR Pegunungan Bintang

LihatTutupKomentar