MINIATUR MOBIL PANTHER Balikpapan
Jika pembaca berpikir bahwa kendaraan listrik yaitu penemuan digital terkini, anda keliru. Perkembangan globalisasi kendaraan listrik sebetulnya sudah dimulai sewaktu abad ke 19. Ini dibuktikan dgn diperkenalkannya nomor satu kali prototype kendaraan listrik pertama yg dirancang pd tahun 18Tiga Puluh oleh Robert Anderson seorang pria Scotlandia. Bakal namun pada waktu itu kendaraan roda 4 listrik ini cuma dilengkapi dgn baterai yg tidak sanggup diisi ulang (non rechargeable). Barulah pada thn 1859 Gaston Planté warga Perancis mendapatkan batere yang dpt diisi ulang, yang mana penemuan ini amat mempengaruhi evolusi kendaraan roda empat listrik setelahnya.
Pada thn 1881 setidaknya ada 3 kemajuan berpengaruh dlm perkembangan globalisasi kendaraan roda empat listrik.
3 Insinyur perancis Camille Faure, Charles Jeantaud & Nicholas Raffard menciptakan kendaraan listrik yang solid yg dilengkapi dengan batere yg dpt menyimpan listrik.
Goustave Trouvé, seorang insinyur perancis memberitahukan kepada dunia sains pd masa itu motor listrik ciptaannya. a pun melaksanakan test coba mesin ciptaannya dgn mengaplikasikan pd sepeda dan juga perahu selesai itu barulah pd bulan November 1818 pada agenda l‘Exposition Internationale d’Électricité de Paris dengan kata lain pameran elektronik internasional yang diadakan di Paris, Goustave menginformasikan mesin listriknya yg diaplikasikan pada mobil.
MINIATUR MOBIL PANTHER Balikpapan
Sejarah Kendaraan Listrik Yg Jarang Kita Ketahui
Sebagian Tiga Puluh hari berikutnya dua Penemu Inggris, William Ayrton bersama John Perry mempromosikan kendaraan tiga roda elektrik ciptaan mereka yg mana menerapkan motor listrik yang ditempelkan pada roda belakang lokasi kanan beserta dilengkapi dgn 12 buah baterai. Dengan motor listriknya itu, ‘kursi roda elektrik’ ini mampu melaju hingga 15 km/jam dengan jarak tempuh kurang lebih 40 kilometer.
Berkat sebagian inovasi berpengaruh itulah akhirnya kendaraan roda 4 listrik perlahan-lahan berubah komoditas industri yg mulai menjelma daerah dari kesibukan ekonomi saat itu. Pada thn 18Delapan Puluh Empat Thomas Parker Penemu berkebangsaan Inggris menciptakan kendaraan roda 4 listrik pabrikan bagi nomor satu kalinya. Ia sebenarnya yakni insinyur yg beroperasi pd perseroan Elwell-Parker Ltd, perusahaan yg menciptakan lokomotif bersama bis bertenaga listrik. Kendaraan Roda 4 listrik ciptaannya ini baru scr formal dipasarkan kepada publik pd tahun 1896. Sementara dilain pihak William Morrison warga Amerika juga telah memberitahukan kendaraan roda empat ciptaannya pada tahun 1891.
Selain itu seorang penemu Perancis, Charles Jeantaud menciptakan mobil listrik ciptaannya pada thn 1906, yang mana sanggup melaju sampai 63 km/jam sekaligus memecahkan rekor selaku kendaraan listrik tercepat saat itu.
MINIATUR MOBIL PANTHER Balikpapan
Zaman Keemasan Kendaraan Roda Empat Listrik
Pada tahun1897 pemanfaatan kendaraan roda empat listrik mulai merambah ke angkutan publik sebagaimana taksi di New York. Selain itu juga Kantor Pos di Perancis pada tahun 1901 mulai memakaikan kendaraan listrik sbg angkutan pengiriman barangnya. Mobilnya seorang diri diproduksi oleh oleh perseroan Levallois-Perret serta mobil tsb memperoleh kapasitas jelajah sejauh 50 km dgn kecepatan pol lima belas km/jam dengan daya angkut 1,5 ton!
Di dunia racing mobil, pada tahun 1899 kendaraan roda 4 listrik asal belgia yang bernama ‘jamais contente’ dengan kata lain yg bermakna ‘tidak tahu puas’ sukses memecahkan rekor kecepatan 100 km/jam! terlebih melewati pesaingnya yg berpenggerak mesin bakar. Kendaraan listrik Belgia ini dilengkapi ban merk michelin & baterai yang memiliki berat 1/2 dari berat mobilnya independen yaitu seberat 750kg.
Selepas memakai perkembangan pesat, perkembangan kendaraan listrik akhirnya menerima kemunduran karena dilain sisi perkembangan teknologi mesin bakar terus berkembang sampai puncaknya pada tahun 1908 kendaraan Ford T nomor satu kali diluncurkan.
MINIATUR MOBIL PANTHER Balikpapan
Saat Kemunduran Kendaraan Roda Empat Listrik
Dgn peluncuran mobil bakar kesatu ini, ialah cikal bakal industri kendaraan roda 4 modern wkt ini serta sekaligus mempengaruhi industri mobil pada waktu itu. Ditambah dgn masih murahnya harga materi bakar & budget produksi mobil berbahan bakar sampai 2 kali lbh murah dibandingkan kendaraan roda empat listrik menjadikan mobil listrik lama kelamaan tidak populer.