DIECAST MINIATUR MOBIL Tanah Datar

DIECAST MINIATUR MOBIL Tanah Datar

DIECAST MINIATUR MOBIL Tanah Datar
Bro/Sis tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Jika merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti sempat tau serta denger dong merk yg pertama... sebab anak2 pria selamanya merengek minta dibelikan kalau ke minimarket dekat permukiman alias supermarket-supermarket besar di kota, tersisip jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast ialah mainan dengan kata lain design yang diproduksi menerapkan metode die-casting, yang berarti menggunakan teknik pelelehan metal dengan kata lain logam utk lalu dituang serta dicetak sebati dgn jenis yang diinginkan. Die-cast logam dibuat dari logam (logam) dan plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Tanah Datar
Bahan
Logam yang dipegunakan biasanya adalah zamak (mazak) yang yaitu alloy (campuran) zinc (seng) dengan alluminium. Zamak juga dikenal sebagai white logam alias pot metal. Mainan yang jamak memakekan strategi die casting umumnya yaitu mainan desain dgn size umpamanya mobil, motor, pesawat terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Walaupun sedianya apapun dpt dirancang dengan sistem ini.

Di atas yakni terma ilmiahnya, tapi bakal para penggemar diecast, para om & tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini tidak berlebihan perduli dengan istilahnya, karna mereka sanggup semacam keracunan / addicted k'lo udah jatuh cinta pada design tertentu. Semacam para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, beserta lain-lain, ...seringkali para pencinta diecast tak concern kalo modeling incarannya dinilai dengan uang (harus dibeli/dibayar) dengan harga selangit, dgn kata lain nggak rasional untuk orang pd umumnya.

Model-model versi mini yg sedang digandrungi, semacam datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjelma sangat tinggi nilainya di kalangan kolektor murni maupun para kolekdol. Kolekdol ialah nama untuk para kolektor yang juga siap di dol (jawa=jual) barang koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini sekalipun kecil bentuknya (biasanya ukuran 1:64 alias lebih), namun memiliki value ekonomi yg amat bagus jika kita dpt jeli menyaksikan peluangnya. Ada banyak kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) sanggup menemukan komplemen salary dari menekuni penghidupan miniatur ini. Sampai-Sampai banyak yg mampu menghidupi keluarganya murni cukup dari usaha modeling ini.

Kebetulan saya adalah salah satu kolektor, sepanjang pengamatan penulis sewaktu menyukai mainan ini, hingga dengan terlibat & melaksanakan jual-beli, rotasi uang di usaha mainan miniatur ini tidak main-main. Di puluhan grup facebok yg penulis ikuti, maupun di Instagram, setiap day ada ratusan transaksi bagus jual pesan maupun lelang yg nilainya dpt fantastis. Ada pemain lelang gede di jakarta yang menghabiskan 5000-1000 pcs miniatur sekali memperbuat lelang ke para pecinta diecast. belum lagi yg menjalani lelang kecil-kecilan alias sedang dengan omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Tanah Datar

DIECAST MINIATUR MOBIL Tanah Datar

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, jika lima ribu pcs versi mini yg dilelang, pertukaran uang yang terjadi di sini dpt menggapai 100 juta hingga 300an juta rupiah. Belom lagi k'lo ditambah para pelelang kecil, sedang ataupun yang jual/beli jual berbelanja langsung...pasti angkanya sanggup wow utk mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Tanah Datar
Harga
Nilai juga amat bermacam-macam dan menjurus menjelma tinggi, sampai-sampai sangat tinggi untuk item-item tertentu yg sedang hot (istilahnya : hot item). Price versi mini gantungan (sebutan buat hotwheels & lain-lain yg dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Namun k'lo desain miniatur tertentu sedang naik daun dan menjadi incaran para kolektor, harganya dapat menjelma ratusan ribu, jutaan, terlebih puluhan juta. Miniatur yg berubah merchandise di event tertentu juga pasti dapat menjelma melambung harganya. Pd kegiatan IDE (Indonesia Versi Mini Expo) 2017 yang lalu, sebuah merchandise modeling morris mini dengan nomor punggung 1 terjual dlm lelang seharga 32 juta rp dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Tanah Datar
Cerita
Banyak dongeng yg terjadi di dunia kegemaran yang satu ini. Namun buat orang sebagaimana saya, yg seorang kolektor, kesenangan ini, mencintai versi mini mampu menjadi amat menguntungkan. Bakal item tertentu sanggup kita hold/tahan sampai price naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya dpt bakal weekend bersama keluarga, dgn kata lain jalan-jalan akhir thn tanpa pakai mengusik kas utama keluarga...he2...

Nah, sebetulnya banyak kans dari hal-hal yang kita sukai dengan kata lain dari semata-mata kesenangan kita bagi mendatangkan uang, tinggal dengan jalan apa kita ingin menyikapinya, hendak memulainya, mau menekuninya, semacam saya serta kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Tanah Datar

DIECAST MINIATUR MOBIL Tanah Datar

DIECAST MINIATUR MOBIL Tanah Datar

LihatTutupKomentar