DIECAST MINIATUR MOBIL Manukan Kulon

DIECAST MINIATUR MOBIL Manukan Kulon

DIECAST MINIATUR MOBIL Manukan Kulon
Jurangan tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Kalau merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti pernah tau dan mendegar dong merk yg pertama... sebab anak2 laki-laki selamanya merengek minta dibelikan k'lo ke minimarket dekat kediaman dgn kata lain supermarket-supermarket gede di kota, tercatat jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast ialah mainan alias rupa yang diproduksi menerapkan teknik die-casting, yang berarti lewat operasi pelelehan metal atau metal bakal sesudahnya dituang dengan dicetak sebati dgn bentuk yang diinginkan. Die-cast metal diproduksi dari logam (logam) beserta plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Manukan Kulon
Bahan
Logam yg dipegunakan lazimnya yakni zamak (mazak) yg merupakan alloy (campuran) zinc (seng) bersama alluminium. Zamak juga dikenal selaku white metal dgn kata lain pot metal. Mainan yang lumrah menggunakan program die casting lazimnya ialah mainan tipe dengan ukuran umpamanya mobil, motor, pesawat terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Meskipun sebetulnya apapun mampu diciptakan dengan program ini.

Di atas merupakan sebutan ilmiahnya, namun utk para penggemar diecast, para om beserta tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini tak banget perduli dgn istilahnya, sebab mereka dpt seperti keracunan / addicted bila udah terjerembab cinta pada design tertentu. Sebagaimana para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, dengan lain-lain, ...seringkali para pencinta diecast nggak concern kalo versi mini incarannya dinilai dgn uang (harus dibeli/dibayar) dgn nilai selangit, alias tidak rasional utk orang pd umumnya.

Model-model miniatur yg sedang digandrungi, semacam datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjelma sangat tinggi nilainya di kalangan orang yang mengoleksi murni ataupun para kolekdol. Kolekdol yakni terma untuk para orang yang mengoleksi yang juga siap di dol (jawa=jual) produk koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini kendatipun kecil bentuknya (biasanya size 1:64 atau lebih), tetapi mempunyai price ekonomi yg sangat bagus kalau kita mampu jeli menonton peluangnya. Ada byk kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) dpt menerima komplemen penghasilan dari menekuni pencaharian diecast ini. Sampai-Sampai byk yg dapat menghidupi keluarganya murni cuma dari profesi versi mini ini.

Kebetulan penulis yakni salah satu kolektor, sepanjang pengamatan penulis sewaktu menggemari mainan ini, hingga dgn terlibat bersama menjalani jual-beli, liquiditas uang di pekerjaan mainan modeling ini tak main-main. Di puluhan grup FB yg penulis ikuti, maupun di Instagram, setiap day ada ratusan transaksi bagus jual pesan maupun lelang yg nilainya dapat fantastis. Ada pemain lelang gede di jakarta yg menghabiskan 5000-1000 pcs diecast sekali memperbuat lelang ke para pecinta diecast. belom lagi yg mengerjakan lelang kecil-kecilan atau sedang dengan omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Manukan Kulon

DIECAST MINIATUR MOBIL Manukan Kulon

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, k'lo lima ribu pcs miniatur yg dilelang, pergantian uang yg terjadi di sini bisa menggapai 100 juta hingga 300an juta rupiah. Blm lagi kalo ditambah para pelelang kecil, sedang ataupun yg jual/beli jual berbelanja langsung...pasti angkanya sanggup wow untuk mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Manukan Kulon
Harga
Harga juga amat berupa-rupa beserta miring berubah tinggi, bahkan amat tinggi buat item-item tertentu yang sedang hot (istilahnya : hot item). Nilai modeling gantungan (sebutan utk hotwheels & lain-lain yang dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tapi bila model miniatur tertentu sedang naik daun beserta menjelma incaran para kolektor, harganya mampu menjadi ratusan ribu, jutaan, malahan puluhan juta. Modeling yang berubah merchandise di event tertentu juga pasti dapat menjadi melambung harganya. Pada agenda IDE (Indonesia Miniatur Expo) 2017 yang lalu, sebuah merchandise modeling morris mini dengan nomor punggung 1 terjual dalam lelang seharga 32 juta rp dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Manukan Kulon
Cerita
Byk dongeng yg terjadi di dunia minat yang 1 ini. Namun bakal orang seperti saya, yg seorang kolektor, demen ini, mencintai versi mini dpt berubah sangat menguntungkan. Untuk item tertentu bisa kita hold/tahan sampai harga naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya dapat untuk weekend bersama keluarga, atau jalan-jalan akhir thn minus menyusahkan kas esensial keluarga...he2...

Nah, sesungguhnya byk kans dari hal-hal yang kita sukai dengan kata lain dari hyn demen kita untuk mendatangkan uang, tinggal dengan langkah apa kita pengen menyikapinya, pengen memulainya, ingin menekuninya, semacam penulis dengan kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Manukan Kulon

DIECAST MINIATUR MOBIL Manukan Kulon

DIECAST MINIATUR MOBIL Manukan Kulon

LihatTutupKomentar