DIECAST MINIATUR MOBIL Wates

DIECAST MINIATUR MOBIL Wates

DIECAST MINIATUR MOBIL Wates
Kamu tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Kalau merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti sempat tau beserta mendegar dong merk yg pertama... sebab anak2 pria terus-menerus merengek minta dibelikan bila ke minimarket dekat rumah dengan kata lain supermarket-supermarket besar di kota, tercantum jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast yaitu mainan atau desain yang diproduksi menggunakan tata cara die-casting, yang bermakna lewat metode pelelehan metal atau metal bakal selanjutnya dituang serta dicetak pantas dgn tampilan yg diinginkan. Die-cast logam diciptakan dari metal (logam) serta plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Wates
Bahan
Logam yg dipegunakan biasanya adalah zamak (mazak) yg adalah alloy (campuran) zinc (seng) dan alluminium. Zamak juga dikenal selaku white metal alias pot metal. Mainan yg jamak menggunakan panduan die casting kebanyakan ialah mainan rupa dengan skala umpamanya mobil, motor, kapal terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Meskipun sedianya apapun dpt diproduksi dengan tutorial ini.

Di atas yakni terma ilmiahnya, tapi utk para penggemar diecast, para om serta tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini tak banget perduli dgn istilahnya, sebab mereka dpt semacam keracunan / addicted kalau udah jatuh cinta pada tipe tertentu. Semacam para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, beserta lain-lain, ...seringkali para pencinta diecast enggak concern bila miniatur incarannya dinilai dengan uang (harus dibeli/dibayar) dengan harga selangit, alias enggak rasional bagi orang pada umumnya.

Model-model versi mini yg sedang digandrungi, serupa datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjelma sangat tinggi nilainya di kalangan orang yang mengoleksi murni ataupun para kolekdol. Kolekdol yaitu sebutan buat para kolektor yang juga siap di dol (jawa=jual) produk koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini sungguhpun kecil bentuknya (biasanya skala 1:64 alias lebih), tetapi memperoleh nilai ekonomi yg amat bagus bila kita bisa jeli menyaksikan peluangnya. Ada byk kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) dpt menemukan lebih mata pencaharian dari menekuni bisnis diecast ini. Bahkan byk yg dpt menghidupi keluarganya murni semata-mata dari bisnis miniatur ini.

Kebetulan saya yakni salah satu kolektor, sepanjang pengamatan saya sewaktu menggemari mainan ini, hingga dgn terlibat beserta melakukan jual-beli, aliran uang di pekerjaan mainan diecast ini tak main-main. Di puluhan grup facebok yg saya ikuti, maupun di Instagram, masing-masing 24 hour ada ratusan jual/beli bagus jual beli ataupun lelang yg nilainya mampu fantastis. Ada pemain lelang besar di jakarta yang menghabiskan 5000-Seribu pcs modeling sekali melakukan lelang ke para pecinta diecast. belom lagi yg melakukan lelang kecil-kecilan dengan kata lain sedang dengan omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Wates

DIECAST MINIATUR MOBIL Wates

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, bila 5000 pcs diecast yang dilelang, peredaran uang yg terjadi di sini dpt mencapai seratus juta sampai 300an juta rupiah. Blm lagi kalo ditambah para pelelang kecil, sedang maupun yang jual/beli jual beli langsung...pasti angkanya dpt wow buat mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Wates
Harga
Value juga sangat bermacam-macam dan condong menjadi tinggi, malahan amat tinggi bagi item-item tertentu yg sedang hot (istilahnya : hot item). Price diecast gantungan (sebutan bagi hotwheels dengan lain-lain yang dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tapi kalau desain miniatur tertentu sedang naik daun & menjelma incaran para kolektor, harganya sanggup menjadi ratusan ribu, jutaan, terlebih puluhan juta. Diecast yang berubah merchandise di event tertentu juga pasti bisa menjadi melambung harganya. Pd acara IDE (Indonesia Modeling Expo) 2017 yang lalu, sebuah merchandise miniatur morris mini dengan nomor punggung 1 terjual dlm lelang seharga 32 juta rupiah dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Wates
Cerita
Byk cerita yg terjadi di dunia demen yg 1 ini. Namun utk orang serupa saya, yg seorang kolektor, minat ini, mencintai diecast sanggup menjelma amat menguntungkan. Buat item tertentu mampu kita hold/tahan hingga nilai naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya dpt untuk weekend bersama keluarga, alias jalan-jalan akhir thn nggak usah menggerecoki kas pokok keluarga...he2...

Nah, sebenarnya banyak peluang dari hal-hal yg kita sukai dgn kata lain dari semata-mata demen kita untuk mendatangkan uang, tinggal bagaimana kita hendak menyikapinya, kepingin memulainya, hendak menekuninya, sebagaimana saya dan kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Wates

DIECAST MINIATUR MOBIL Wates

DIECAST MINIATUR MOBIL Wates

LihatTutupKomentar