DIECAST MINIATUR MOBIL Asahan

DIECAST MINIATUR MOBIL Asahan

DIECAST MINIATUR MOBIL Asahan
Jurangan tahu diecast?

Mobil-mobilan?

K'Lo merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti sempat tau & mendegar dong merk yg pertama... karena anak2 cowok terus-menerus merengek minta dibelikan kalo ke minimarket dekat kediaman dgn kata lain supermarket-supermarket gede di kota, termuat jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast adalah mainan dengan kata lain jenis yg diproduksi memakekan cara die-casting, yg bermakna lewat proses pelelehan logam alias logam utk lantas dituang dan dicetak sebati dgn model yang diinginkan. Die-cast logam diproduksi dari logam (logam) beserta plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Asahan
Bahan
Logam yg digunakan lazimnya merupakan zamak (mazak) yg yakni alloy (campuran) zinc (seng) serta alluminium. Zamak juga dikenal sbg white logam dengan kata lain pot metal. Mainan yang umum memakekan arahan die casting rata-rata merupakan mainan tipe dengan ukuran contohnya mobil, motor, kapal terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Biarpun sebenarnya apapun dapat diurus dengan langkah ini.

Di atas adalah nama ilmiahnya, tapi bagi para penggemar diecast, para om bersama tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini tidak terlalu perduli dengan istilahnya, karna mereka dpt seperti keracunan / addicted kalau udah terjerembab cinta pada tipe tertentu. Semacam para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, serta lain-lain, ...seringkali para pencinta versi mini tak care kalo versi mini incarannya dinilai dgn uang (harus dibeli/dibayar) dgn price selangit, dengan kata lain tidak rasional utk orang pd umumnya.

Model-model versi mini yg sedang digandrungi, serupa datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjelma sangat tinggi nilainya di kalangan kolektor murni ataupun para kolekdol. Kolekdol yakni istilah bagi para orang yang mengoleksi yang juga siap di dol (jawa=jual) stock koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini walaupun kecil bentuknya (biasanya ukuran 1:64 dengan kata lain lebih), tetapi mempunyai harga ekonomi yg amat bagus k'lo kita mampu jeli menengok peluangnya. Ada banyak kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) mampu memperoleh tambahan pendapatan dari menekuni bisnis versi mini ini. Bahkan byk yg sanggup menghidupi keluarganya murni cukup dari bisnis modeling ini.

Kebetulan penulis adalah salah satu kolektor, sepanjang pengamatan penulis semasa mengandrungi mainan ini, hingga dengan terlibat beserta menjalankan jual-beli, pertukaran uang di penghidupan mainan miniatur ini nggak main-main. Di puluhan grup facebok yg saya ikuti, ataupun di Instagram, masing-masing 24 hour ada ratusan jual/beli positif jual belanja ataupun lelang yang nilainya sanggup fantastis. Ada pemain lelang gede di jakarta yg menghabiskan 5000-1000 pcs versi mini sekali menjalani lelang ke para pecinta diecast. belum lagi yg memperbuat lelang kecil-kecilan dgn kata lain sedang dengan omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Asahan

DIECAST MINIATUR MOBIL Asahan

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, jika 5000 pcs versi mini yg dilelang, pergantian uang yang terjadi di sini mampu mencapai 100 juta hingga 300an juta rupiah. Belum lagi bila ditambah para pelelang kecil, sedang ataupun yang transaksi jual pesan langsung...pasti angkanya bisa wow utk mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Asahan
Harga
Nilai juga amat beragam dengan miring berubah tinggi, bahkan amat tinggi buat item-item tertentu yang sedang hot (istilahnya : hot item). Harga miniatur gantungan (sebutan bagi hotwheels serta lain-lain yang dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tapi k'lo design miniatur tertentu sedang naik daun & berubah incaran para kolektor, harganya dpt menjelma ratusan ribu, jutaan, sampai-sampai puluhan juta. Diecast yg berubah merchandise di event tertentu juga pasti mampu menjadi melambung harganya. Pd kegiatan IDE (Indonesia Versi Mini Expo) 2017 yg lalu, sebuah merchandise modeling morris mini dgn nomor punggung 1 terjual dalam lelang seharga 32 juta rp dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Asahan
Cerita
Byk dongeng yang terjadi di dunia gemar yang 1 ini. Namun utk orang serupa saya, yang seorang kolektor, gemar ini, mencintai versi mini bisa menjadi sangat menguntungkan. Buat item tertentu bisa kita hold/tahan sampai value naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya mampu bagi weekend bersama keluarga, atau jalan-jalan akhir tahun nggak usah mengaduhkan kas esensial keluarga...he2...

Nah, sebenarnya byk kans dari hal-hal yg kita sukai atau dari sekadar gemar kita utk mendatangkan uang, tinggal dengan tata cara apa kita kepingin menyikapinya, pengen memulainya, mau menekuninya, sebagaimana penulis serta kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Asahan

DIECAST MINIATUR MOBIL Asahan

DIECAST MINIATUR MOBIL Asahan

LihatTutupKomentar