DIECAST MINIATUR MOBIL Asmat

DIECAST MINIATUR MOBIL Asmat

DIECAST MINIATUR MOBIL Asmat
Pembaca tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Kalau merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti sudah tau dan dengar dong merk yg pertama... karena anak2 laki-laki senantiasa merengek minta dibelikan jika ke minimarket dekat permukiman alias supermarket-supermarket gede di kota, terkandung jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast yakni mainan dengan kata lain design yg diproduksi memakekan aneka tips die-casting, yg bermakna lewat cara pelelehan metal alias logam buat lalu dituang dengan dicetak pantas dengan bentuk yang diinginkan. Die-cast logam diciptakan dari metal (logam) dan plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Asmat
Bahan
Logam yg digunakan biasanya merupakan zamak (mazak) yg ialah alloy (campuran) zinc (seng) bersama alluminium. Zamak juga dikenal selaku white metal alias pot metal. Mainan yang umum memakekan bimbingan die casting kebanyakan merupakan mainan rupa dengan ukuran perumpaannya mobil, motor, pesawat terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Sungguhpun sesungguhnya apapun dpt dibuat dengan manual ini.

Di atas merupakan sebutan ilmiahnya, tetapi buat para penggemar diecast, para om dan tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini tidak berlebihan perduli dgn istilahnya, sebab mereka mampu sebagaimana keracunan / addicted kalo udah terjerembab cinta pada design tertentu. Seperti para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, dan lain-lain, ...seringkali para pencinta miniatur enggak peduli bila versi mini incarannya dinilai dengan uang (harus dibeli/dibayar) dgn harga selangit, alias enggak rasional untuk orang pd umumnya.

Model-model diecast yg sedang digandrungi, semacam datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjadi sangat tinggi nilainya di kalangan kolektor murni maupun para kolekdol. Kolekdol yaitu sebutan untuk para orang yang mengoleksi yg juga siap di dol (jawa=jual) barang koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini biarpun kecil bentuknya (biasanya skala 1:64 alias lebih), tapi memperoleh harga ekonomi yg amat bagus jika kita bisa jeli menyaksikan peluangnya. Ada banyak kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) dapat mendapatkan extra gaji dari menekuni pencaharian diecast ini. Malahan banyak yg dpt menghidupi keluarganya murni hanya dari usaha modeling ini.

Kebetulan penulis merupakan salah satu kolektor, sepanjang pengamatan saya selagi mengandrungi mainan ini, sampai dengan terlibat serta melaksanakan jual-beli, sirkulasi uang di usaha mainan versi mini ini tidak main-main. Di puluhan grup FB yang saya ikuti, ataupun di Instagram, setiap day ada ratusan jual/beli positif jual belanja maupun lelang yg nilainya mampu fantastis. Ada pemain lelang besar di jakarta yang menghabiskan 5000-Seribu pcs versi mini sekali menjalankan lelang ke para pecinta diecast. belum lagi yg menjalankan lelang kecil-kecilan alias sedang dengan omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Asmat

DIECAST MINIATUR MOBIL Asmat

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, bila lima ribu pcs miniatur yg dilelang, pertukaran uang yang terjadi di sini mampu mencapai seratus juta hingga 300an juta rupiah. Belom lagi kalau ditambah para pelelang kecil, sedang ataupun yg jual/beli jual beli langsung...pasti angkanya mampu wow bagi mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Asmat
Harga
Nilai juga sangat beragam beserta cenderung berubah tinggi, malahan amat tinggi bakal item-item tertentu yg sedang hot (istilahnya : hot item). Nilai modeling gantungan (sebutan bagi hotwheels serta lain-lain yg dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tetapi k'lo design diecast tertentu sedang naik daun dan menjelma incaran para kolektor, harganya dapat berubah ratusan ribu, jutaan, lebih-lebih puluhan juta. Versi Mini yg menjelma merchandise di event tertentu juga pasti bisa menjelma melambung harganya. Pada perhelatan IDE (Indonesia Modeling Expo) 2017 yg lalu, sebuah merchandise diecast morris mini dengan nomor punggung 1 terjual dlm lelang seharga 32 juta rp dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Asmat
Cerita
Banyak dongeng yang terjadi di dunia demen yg satu ini. Tetapi untuk orang sebagaimana saya, yang seorang kolektor, minat ini, mencintai modeling dpt menjadi amat menguntungkan. Bagi item tertentu dapat kita hold/tahan hingga nilai naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya mampu bakal weekend bersama keluarga, alias jalan-jalan akhir thn minus menyusahkan kas utama keluarga...he2...

Nah, sedianya byk probabilitas dari hal-hal yang kita sukai alias dari hanya gemar kita untuk mendatangkan uang, tinggal dengan teknik apa kita ingin menyikapinya, hendak memulainya, pengen menekuninya, semacam saya serta kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Asmat

DIECAST MINIATUR MOBIL Asmat

DIECAST MINIATUR MOBIL Asmat

LihatTutupKomentar