DIECAST MINIATUR MOBIL Majalengka

DIECAST MINIATUR MOBIL Majalengka

DIECAST MINIATUR MOBIL Majalengka
Boss tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Bila merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti tahu tau bersama denger dong merk yg pertama... karna anak2 laki-laki selamanya merengek minta dibelikan k'lo ke minimarket dekat rumah alias supermarket-supermarket gede di kota, tertanam jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast merupakan mainan dgn kata lain desain yg diproduksi memakekan metode die-casting, yang berarti lewat proses pelelehan metal alias metal bakal sesudahnya dituang beserta dicetak sebati dengan jenis yg diinginkan. Die-cast metal diciptakan dari logam (logam) bersama plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Majalengka
Bahan
Logam yg digunakan biasanya yaitu zamak (mazak) yg yakni alloy (campuran) zinc (seng) dan alluminium. Zamak juga dikenal bagaikan white logam alias pot metal. Mainan yg standar memakaikan kaidah die casting umumnya merupakan mainan tipe dengan size contohnya mobil, motor, pesawat terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Kendatipun sebetulnya apapun mampu dikerjakan dgn teknik ini.

Di atas yakni terma ilmiahnya, tetapi buat para penggemar diecast, para om dengan tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini nggak kelewat perduli dgn istilahnya, karena mereka dpt serupa keracunan / addicted jika sudah terjerembab cinta pd jenis tertentu. Seperti para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, dan lain-lain, ...seringkali para pencinta diecast enggak peduli kalo modeling incarannya dinilai dengan uang (harus dibeli/dibayar) dgn price selangit, alias tidak rasional bagi orang pd umumnya.

Model-model miniatur yang sedang digandrungi, semacam datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjelma amat tinggi nilainya di kalangan kolektor murni ataupun para kolekdol. Kolekdol ialah nama utk para kolektor yg juga siap di dol (jawa=jual) barang koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini sekalipun kecil bentuknya (biasanya ukuran 1:64 dgn kata lain lebih), tetapi memiliki price ekonomi yang amat bagus k'lo kita dapat jeli memandang peluangnya. Ada banyak kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) mampu memperoleh lebih penghidupan dari menekuni penghidupan modeling ini. Sampai-Sampai byk yang mampu menghidupi keluarganya murni cuma dari profesi diecast ini.

Kebetulan saya merupakan salah satu kolektor, sepanjang pengamatan penulis sewaktu menyukai mainan ini, hingga dgn terlibat beserta melaksanakan jual-beli, perputaran uang di penghidupan mainan versi mini ini enggak main-main. Di puluhan grup FB yg saya ikuti, maupun di Instagram, masing-masing 24 hour ada ratusan transaksi baik jual berbelanja ataupun lelang yg nilainya dpt fantastis. Ada pemain lelang gede di jakarta yang menghabiskan 5000-Seribu pcs modeling sekali melaksanakan lelang ke para pecinta diecast. belum lagi yg mengerjakan lelang kecil-kecilan dgn kata lain sedang dengan omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Majalengka

DIECAST MINIATUR MOBIL Majalengka

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, bila lima ribu pcs diecast yang dilelang, sirkulasi uang yang terjadi di sini mampu menggapai 100 juta sampai 300an juta rupiah. Blm lagi kalo ditambah para pelelang kecil, sedang maupun yg jual/beli jual pesan langsung...pasti angkanya sanggup wow utk mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Majalengka
Harga
Price juga amat bervariasi serta condong menjadi tinggi, bahkan amat tinggi buat item-item tertentu yg sedang hot (istilahnya : hot item). Nilai miniatur gantungan (sebutan bakal hotwheels beserta lain-lain yang dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tapi jika design diecast tertentu sedang naik daun & menjelma incaran para kolektor, harganya dpt berubah ratusan ribu, jutaan, terlebih puluhan juta. Diecast yang menjelma merchandise di event tertentu juga pasti dpt menjadi melambung harganya. Pada perhelatan IDE (Indonesia Miniatur Expo) 2017 yang lalu, sebuah merchandise diecast morris mini dgn nomor punggung 1 terjual dlm lelang seharga 32 juta rupiah dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Majalengka
Cerita
Byk dongeng yang terjadi di dunia kegemaran yg 1 ini. Tapi utk orang semacam saya, yg seorang kolektor, hobi ini, mencintai diecast dapat berubah sangat menguntungkan. Buat item tertentu mampu kita hold/tahan hingga value naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya dpt buat weekend bersama keluarga, alias jalan-jalan akhir thn tanpa memprovokasi kas pokok keluarga...he2...

Nah, sesungguhnya banyak peluang dari hal-hal yang kita sukai dengan kata lain dari hanya kegemaran kita bagi mendatangkan uang, tinggal gimana kita kepingin menyikapinya, ingin memulainya, pengen menekuninya, sebagaimana saya beserta kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Majalengka

DIECAST MINIATUR MOBIL Majalengka

DIECAST MINIATUR MOBIL Majalengka

LihatTutupKomentar