DIECAST MINIATUR MOBIL Jailolo

DIECAST MINIATUR MOBIL Jailolo

DIECAST MINIATUR MOBIL Jailolo
Jurangan tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Bila merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti pernah tau dengan denger dong merk yg pertama... karena anak2 laki-laki senantiasa merengek minta dibelikan bila ke minimarket dekat tempat tinggal atau supermarket-supermarket gede di kota, termasuk jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast yakni mainan dgn kata lain design yang diproduksi menerapkan langkah die-casting, yg bermakna menggunakan operasi pelelehan metal dengan kata lain metal bakal setelah itu dituang beserta dicetak setakar dgn rupa yg diinginkan. Die-cast metal diproses dari metal (logam) serta plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Jailolo
Bahan
Metal yg dipegunakan biasanya adalah zamak (mazak) yang adalah alloy (campuran) zinc (seng) & alluminium. Zamak juga dikenal bagaikan white logam dengan kata lain pot metal. Mainan yg jamak menerapkan pola die casting kebanyakan adalah mainan model dengan skala ibaratnya mobil, motor, pesawat terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Walaupun sesungguhnya apapun bisa dikerjakan dengan petunjuk ini.

Di atas merupakan nama ilmiahnya, tetapi bakal para penggemar diecast, para om serta tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini tak banget perduli dengan istilahnya, sebab mereka dapat semacam keracunan / addicted bila udah tersandung cinta pd tipe tertentu. Seperti para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, beserta lain-lain, ...seringkali para pencinta versi mini enggak care kalau versi mini incarannya dinilai dgn uang (harus dibeli/dibayar) dengan nilai selangit, dgn kata lain nggak rasional utk orang pd umumnya.

Model-model modeling yang sedang digandrungi, sebagaimana datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, berubah amat tinggi nilainya di kalangan kolektor murni ataupun para kolekdol. Kolekdol yakni sebutan untuk para kolektor yang juga siap di dol (jawa=jual) barang koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini sungguhpun kecil bentuknya (biasanya skala 1:64 atau lebih), tapi memiliki nilai ekonomi yg sangat bagus jika kita bisa jeli melihat peluangnya. Ada banyak kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) mampu menerima ekstra penghidupan dari menekuni karier modeling ini. Malahan byk yg dapat menghidupi keluarganya murni cuma dari pencaharian diecast ini.

Kebetulan saya ialah salah 1 kolektor, sepanjang pengamatan penulis sewaktu mengandrungi mainan ini, sampai dengan terlibat & mengerjakan jual-beli, pergantian uang di penghidupan mainan versi mini ini nggak main-main. Di puluhan grup facebok yang saya ikuti, ataupun di Instagram, tiap hari ada ratusan transaksi baik jual beli ataupun lelang yg nilainya mampu fantastis. Ada pemain lelang gede di jakarta yang menghabiskan 5000-Seribu pcs miniatur sekali memperbuat lelang ke para pecinta diecast. blm lagi yg menjalankan lelang kecil-kecilan dengan kata lain sedang dgn omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Jailolo

DIECAST MINIATUR MOBIL Jailolo

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, k'lo 5000 pcs versi mini yang dilelang, peredaran uang yang terjadi di sini sanggup mencapai seratus juta hingga 300an juta rupiah. Belom lagi bila ditambah para pelelang kecil, sedang maupun yg transaksi jual berbelanja langsung...pasti angkanya sanggup wow bagi mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Jailolo
Harga
Price juga amat bervariasi bersama cenderung menjelma tinggi, malahan sangat tinggi utk item-item tertentu yang sedang hot (istilahnya : hot item). Price diecast gantungan (sebutan buat hotwheels beserta lain-lain yang dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tetapi bila design diecast tertentu sedang naik daun & berubah incaran para kolektor, harganya bisa menjelma ratusan ribu, jutaan, sampai-sampai puluhan juta. Miniatur yg berubah merchandise di event tertentu juga pasti mampu menjelma melambung harganya. Pd agenda IDE (Indonesia Versi Mini Expo) 2017 yang lalu, sebuah merchandise modeling morris mini dengan nomor punggung 1 terjual dalam lelang seharga 32 juta rupiah dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Jailolo
Cerita
Byk cerita yang terjadi di dunia kesukaan yg 1 ini. Tetapi bakal orang seperti saya, yg seorang kolektor, kegemaran ini, mencintai versi mini dpt menjelma amat menguntungkan. Bakal item tertentu bisa kita hold/tahan hingga price naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya dapat utk weekend bersama keluarga, dengan kata lain jalan-jalan akhir thn tanpa merongrong kas primer keluarga...he2...

Nah, sebetulnya banyak kesempatan dari hal-hal yang kita sukai dgn kata lain dari cuman kegemaran kita utk mendatangkan uang, tinggal bagaimana kita ingin menyikapinya, kepingin memulainya, ingin menekuninya, serupa saya serta kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Jailolo

DIECAST MINIATUR MOBIL Jailolo

DIECAST MINIATUR MOBIL Jailolo

LihatTutupKomentar