DIECAST MINIATUR MOBIL Madiun

DIECAST MINIATUR MOBIL Madiun

DIECAST MINIATUR MOBIL Madiun
Agan tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Kalau merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti sudah tau bersama dengar dong merk yang pertama... sebab anak2 pria senantiasa merengek minta dibelikan kalau ke minimarket dekat hunian alias supermarket-supermarket besar di kota, tercantum jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast yakni mainan alias jenis yg diproduksi memakekan arahan die-casting, yg berarti memakai cara pelelehan logam dengan kata lain logam bagi kemudian dituang serta dicetak setakar dengan rupa yg diinginkan. Die-cast logam diurus dari metal (logam) dengan plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Madiun
Bahan
Metal yg dipakai rata-rata yakni zamak (mazak) yg yaitu alloy (campuran) zinc (seng) serta alluminium. Zamak juga dikenal sebagai white logam atau pot metal. Mainan yg jamak menggunakan sistem die casting umumnya yaitu mainan tipe dengan skala misalnya mobil, motor, pesawat terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Meskipun sesungguhnya apapun bisa dirancang dengan proses ini.

Di atas merupakan sebutan ilmiahnya, tetapi bakal para penggemar diecast, para om dengan tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini tidak banget perduli dgn istilahnya, krn mereka dpt serupa keracunan / addicted k'lo udah tersandung cinta pd tipe tertentu. Seperti para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, & lain-lain, ...seringkali para pencinta diecast tak care kalau miniatur incarannya dinilai dgn uang (harus dibeli/dibayar) dgn nilai selangit, alias enggak rasional utk orang pd umumnya.

Model-model miniatur yang sedang digandrungi, serupa datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, berubah sangat tinggi nilainya di kalangan kolektor murni ataupun para kolekdol. Kolekdol yaitu sebutan untuk para orang yang mengoleksi yang juga siap di dol (jawa=jual) persediaan koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini walaupun kecil bentuknya (biasanya skala 1:64 dgn kata lain lebih), tetapi mempunyai value ekonomi yg amat bagus kalo kita sanggup jeli menyaksikan peluangnya. Ada banyak kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) dapat menerima lbh honor dari menekuni usaha diecast ini. Lebih-Lebih byk yang mampu menghidupi keluarganya murni sekadar dari penghidupan miniatur ini.

Kebetulan penulis yaitu salah satu kolektor, sepanjang pengamatan saya semasa menggemari mainan ini, sampai dgn terlibat dengan menjalani jual-beli, rotasi uang di pencaharian mainan versi mini ini enggak main-main. Di puluhan grup facebok yg penulis ikuti, ataupun di Instagram, masing-masing day ada ratusan jual/beli positive jual pesan maupun lelang yang nilainya bisa fantastis. Ada pemain lelang besar di jakarta yang menghabiskan 5000-1000 pcs modeling sekali melakukan lelang ke para pecinta diecast. belum lagi yang menjalani lelang kecil-kecilan dgn kata lain sedang dengan omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Madiun

DIECAST MINIATUR MOBIL Madiun

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, kalau 5000 pcs diecast yg dilelang, pertukaran uang yg terjadi di sini bisa mencapai 100 juta sampai 300an juta rupiah. Blm lagi kalo ditambah para pelelang kecil, sedang ataupun yang jual/beli jual berbelanja langsung...pasti angkanya dapat wow buat mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Madiun
Harga
Price juga sangat beragam bersama menjurus menjadi tinggi, lebih-lebih sangat tinggi untuk item-item tertentu yang sedang hot (istilahnya : hot item). Harga modeling gantungan (sebutan bakal hotwheels bersama lain-lain yang dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tetapi kalo model miniatur tertentu sedang naik daun bersama berubah incaran para kolektor, harganya bisa menjelma ratusan ribu, jutaan, lebih-lebih puluhan juta. Modeling yang berubah merchandise di event tertentu juga pasti dapat menjadi melambung harganya. Pada perhelatan IDE (Indonesia Miniatur Expo) 2017 yang lalu, sebuah merchandise versi mini morris mini dgn nomor punggung 1 terjual dlm lelang seharga 32 juta rupiah dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Madiun
Cerita
Banyak cerita yg terjadi di dunia demen yg 1 ini. Tapi utk orang seperti saya, yang seorang kolektor, hobi ini, mencintai versi mini dpt menjadi sangat menguntungkan. Bakal item tertentu mampu kita hold/tahan hingga price naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya dpt bakal weekend bersama keluarga, dengan kata lain jalan-jalan akhir thn tanpa pakai mengaduhkan kas utama keluarga...he2...

Nah, sesungguhnya banyak kesempatan dari hal-hal yg kita sukai alias dari hyn suka kita untuk mendatangkan uang, tinggal dengan jalan apa kita mau menyikapinya, mau memulainya, ingin menekuninya, semacam saya bersama kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Madiun

DIECAST MINIATUR MOBIL Madiun

DIECAST MINIATUR MOBIL Madiun

LihatTutupKomentar