DIECAST MINIATUR MOBIL Luwu

DIECAST MINIATUR MOBIL Luwu

DIECAST MINIATUR MOBIL Luwu
Bro/Sis tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Kalau merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti pernah tau & denger dong merk yang pertama... krn anak2 cowo terus-menerus merengek minta dibelikan bila ke minimarket dekat bangunan dgn kata lain supermarket-supermarket gede di kota, terhitung jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast ialah mainan atau desain yang diproduksi memakekan manual die-casting, yang berarti lewat prosedur pelelehan logam dengan kata lain logam utk kemudian dituang serta dicetak bertimbal dengan model yg diinginkan. Die-cast logam dibuat dari logam (logam) bersama plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Luwu
Bahan
Logam yg dipake rata-rata yakni zamak (mazak) yg merupakan alloy (campuran) zinc (seng) dengan alluminium. Zamak juga dikenal sebagai white metal dengan kata lain pot metal. Mainan yg lumrah memakekan kaidah die casting biasanya merupakan mainan design dengan ukuran perumpaannya mobil, motor, kapal terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Meskipun sesungguhnya apapun bisa dirancang dengan cara ini.

Di atas yakni terma ilmiahnya, tapi untuk para penggemar diecast, para om serta tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini tak betul-betul perduli dengan istilahnya, karna mereka dpt seperti keracunan / addicted jika sudah jatuh cinta pd design tertentu. Serupa para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, serta lain-lain, ...seringkali para pencinta miniatur tak care bila modeling incarannya dinilai dengan uang (harus dibeli/dibayar) dgn harga selangit, dengan kata lain nggak rasional bakal orang pada umumnya.

Model-model versi mini yang sedang digandrungi, serupa datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, berubah amat tinggi nilainya di kalangan kolektor murni maupun para kolekdol. Kolekdol adalah terma buat para kolektor yang juga siap di dol (jawa=jual) barang koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini kendatipun kecil bentuknya (biasanya skala 1:64 dgn kata lain lebih), namun mempunyai harga ekonomi yang amat bagus kalo kita mampu jeli menengok peluangnya. Ada banyak kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) dpt menerima lbh honor dari menekuni bisnis diecast ini. Terlebih banyak yang dapat menghidupi keluarganya murni hyn dari penghidupan versi mini ini.

Kebetulan penulis adalah salah 1 kolektor, sepanjang pengamatan saya semasa hobi mainan ini, hingga dengan terlibat beserta memperbuat jual-beli, peredaran uang di bisnis mainan diecast ini nggak main-main. Di puluhan grup facebok yang saya ikuti, ataupun di Instagram, masing-masing 24 hour ada ratusan transaksi positive jual belanja maupun lelang yang nilainya dapat fantastis. Ada pemain lelang besar di jakarta yang menghabiskan 5000-1000 pcs diecast sekali menjalani lelang ke para pecinta diecast. belum lagi yang melaksanakan lelang kecil-kecilan dgn kata lain sedang dengan omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Luwu

DIECAST MINIATUR MOBIL Luwu

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, bila 5000 pcs modeling yang dilelang, pergantian uang yang terjadi di sini sanggup menggapai 100 juta hingga 300an juta rupiah. Belum lagi bila ditambah para pelelang kecil, sedang ataupun yang transaksi jual beli langsung...pasti angkanya dpt wow untuk mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Luwu
Harga
Harga juga amat bermacam-macam bersama cenderung menjelma tinggi, bahkan sangat tinggi buat item-item tertentu yg sedang hot (istilahnya : hot item). Price modeling gantungan (sebutan bagi hotwheels serta lain-lain yg dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tapi bila rupa versi mini tertentu sedang naik daun & menjelma incaran para kolektor, harganya mampu menjelma ratusan ribu, jutaan, terlebih puluhan juta. Versi Mini yg menjadi merchandise di event tertentu juga pasti mampu menjelma melambung harganya. Pada kegiatan IDE (Indonesia Versi Mini Expo) 2017 yang lalu, sebuah merchandise versi mini morris mini dgn nomor punggung 1 terjual dlm lelang seharga 32 juta rp dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Luwu
Cerita
Byk cerita yg terjadi di dunia kegemaran yg 1 ini. Tetapi bagi orang seperti saya, yg seorang kolektor, minat ini, mencintai miniatur sanggup menjelma sangat menguntungkan. Buat item tertentu bisa kita hold/tahan hingga price naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya sanggup untuk weekend bersama keluarga, dengan kata lain jalan-jalan akhir thn nggak usah memprovokasi kas pokok keluarga...he2...

Nah, sedianya byk kans dari hal-hal yang kita sukai atau dari sekadar senang kita buat mendatangkan uang, tinggal dengan jalan apa kita kepingin menyikapinya, pengen memulainya, kepingin menekuninya, sebagaimana saya dan kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Luwu

DIECAST MINIATUR MOBIL Luwu

DIECAST MINIATUR MOBIL Luwu

LihatTutupKomentar