DIECAST MINIATUR MOBIL Bandar Lampung

DIECAST MINIATUR MOBIL Bandar Lampung

DIECAST MINIATUR MOBIL Bandar Lampung
Boss tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Jika merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti pernah tau & denger dong merk yg pertama... krn anak2 pria terus-menerus merengek minta dibelikan k'lo ke minimarket dekat rumah atau supermarket-supermarket gede di kota, terlingkungi jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast yaitu mainan alias tipe yang diproduksi memakaikan teknik die-casting, yg bermakna lewat operasi pelelehan metal dgn kata lain metal bakal lalu dituang dan dicetak setakar dgn tipe yang diinginkan. Die-cast logam diciptakan dari metal (logam) dan plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Bandar Lampung
Bahan
Logam yg diperlukan kebanyakan ialah zamak (mazak) yang yaitu alloy (campuran) zinc (seng) serta alluminium. Zamak juga dikenal selaku white logam alias pot metal. Mainan yang normal memakekan tips-tips die casting rata-rata yakni mainan desain dengan size umpamanya mobil, motor, kapal terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Meskipun sedianya apapun mampu diurus dgn bimbingan ini.

Di atas yaitu sebutan ilmiahnya, tetapi untuk para penggemar diecast, para om beserta tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini nggak banget perduli dengan istilahnya, karna mereka bisa seperti keracunan / addicted k'lo udah jatuh cinta pada design tertentu. Serupa para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, & lain-lain, ...seringkali para pencinta miniatur tak concern bila versi mini incarannya dinilai dgn uang (harus dibeli/dibayar) dengan value selangit, dgn kata lain tidak rasional untuk orang pada umumnya.

Model-model diecast yg sedang digandrungi, semacam datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjelma amat tinggi nilainya di kalangan kolektor murni ataupun para kolekdol. Kolekdol yaitu terma bakal para orang yang mengoleksi yg juga siap di dol (jawa=jual) stock koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini kendatipun kecil bentuknya (biasanya size 1:64 atau lebih), namun mendapatkan nilai ekonomi yg amat bagus bila kita bisa jeli menonton peluangnya. Ada banyak kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) mampu menerima pelengkap upah dari menekuni usaha miniatur ini. Lebih-Lebih byk yang dapat menghidupi keluarganya murni sekadar dari profesi modeling ini.

Kebetulan saya yakni salah 1 kolektor, sepanjang pengamatan penulis selagi menyukai mainan ini, sampai dengan terlibat bersama memperbuat jual-beli, liquiditas uang di penghidupan mainan versi mini ini tidak main-main. Di puluhan grup FB yg penulis ikuti, maupun di Instagram, masing-masing 24 jam ada ratusan jual/beli bagus jual pesan ataupun lelang yg nilainya dpt fantastis. Ada pemain lelang besar di jakarta yang menghabiskan 5000-Seribu pcs versi mini sekali menjalankan lelang ke para pecinta diecast. belum lagi yg memperbuat lelang kecil-kecilan alias sedang dgn omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Bandar Lampung

DIECAST MINIATUR MOBIL Bandar Lampung

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, kalo lima ribu pcs modeling yg dilelang, perputaran uang yg terjadi di sini dapat menggapai seratus juta hingga 300an juta rupiah. Belum lagi k'lo ditambah para pelelang kecil, sedang maupun yg jual/beli jual membeli langsung...pasti angkanya dapat wow buat mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Bandar Lampung
Harga
Price juga sangat bervariasi beserta berat menjadi tinggi, bahkan amat tinggi untuk item-item tertentu yg sedang hot (istilahnya : hot item). Price versi mini gantungan (sebutan buat hotwheels dan lain-lain yg dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tetapi k'lo jenis diecast tertentu sedang naik daun dengan berubah incaran para kolektor, harganya sanggup menjelma ratusan ribu, jutaan, malahan puluhan juta. Versi Mini yg menjelma merchandise di event tertentu juga pasti dpt menjelma melambung harganya. Pada perhelatan IDE (Indonesia Diecast Expo) 2017 yg lalu, sebuah merchandise versi mini morris mini dengan nomor punggung 1 terjual dalam lelang seharga 32 juta rupiah dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Bandar Lampung
Cerita
Banyak dongeng yg terjadi di dunia doyan yg 1 ini. Namun bakal orang semacam saya, yang seorang kolektor, kesukaan ini, mencintai miniatur bisa menjadi sangat menguntungkan. Utk item tertentu dpt kita hold/tahan hingga harga naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya mampu utk weekend bersama keluarga, dgn kata lain jalan-jalan akhir tahun minus mengusik kas pokok keluarga...he2...

Nah, sebetulnya byk potensi dari hal-hal yg kita sukai dgn kata lain dari semata-mata doyan kita untuk mendatangkan uang, tinggal dengan jalan apa kita kepingin menyikapinya, kepingin memulainya, pengen menekuninya, serupa saya dan kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Bandar Lampung

DIECAST MINIATUR MOBIL Bandar Lampung

DIECAST MINIATUR MOBIL Bandar Lampung

LihatTutupKomentar