DIECAST MINIATUR MOBIL Kebumen

DIECAST MINIATUR MOBIL Kebumen

DIECAST MINIATUR MOBIL Kebumen
Kamu tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Jika merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti tahu tau dan dengar dong merk yg pertama... sebab anak2 pria senantiasa merengek minta dibelikan k'lo ke minimarket dekat permukiman dgn kata lain supermarket-supermarket gede di kota, tersisip jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast ialah mainan atau model yg diproduksi menggunakan petunjuk die-casting, yang bermakna menggunakan teknik pelelehan logam atau metal bakal setelah itu dituang dan dicetak setakar dgn jenis yg diinginkan. Die-cast metal diproduksi dari logam (logam) serta plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Kebumen
Bahan
Metal yang diperlukan biasanya adalah zamak (mazak) yg yaitu alloy (campuran) zinc (seng) dengan alluminium. Zamak juga dikenal selaku white metal atau pot metal. Mainan yang biasa menerapkan prosedur die casting kebanyakan yakni mainan design dgn size umpamanya mobil, motor, pesawat terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Kendatipun sesungguhnya apapun sanggup diciptakan dgn proses ini.

Di atas yaitu istilah ilmiahnya, tapi bagi para penggemar diecast, para om bersama tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini enggak berlebihan perduli dengan istilahnya, karna mereka mampu semacam keracunan / addicted kalo sudah tersandung cinta pd model tertentu. Semacam para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, beserta lain-lain, ...seringkali para pencinta miniatur nggak concern jika diecast incarannya dinilai dgn uang (harus dibeli/dibayar) dgn nilai selangit, dgn kata lain enggak rasional utk orang pd umumnya.

Model-model modeling yang sedang digandrungi, seperti datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, berubah amat tinggi nilainya di kalangan kolektor murni maupun para kolekdol. Kolekdol merupakan sebutan bakal para orang yang mengoleksi yg juga siap di dol (jawa=jual) stok koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini meskipun kecil bentuknya (biasanya size 1:64 dgn kata lain lebih), tetapi mendapatkan value ekonomi yg sangat bagus jika kita mampu jeli menyaksikan peluangnya. Ada banyak kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) bisa memperoleh pelengkap income dari menekuni pencaharian modeling ini. Lebih-Lebih byk yg mampu menghidupi keluarganya murni hanya dari bisnis miniatur ini.

Kebetulan penulis yaitu salah 1 kolektor, sepanjang pengamatan penulis selagi menyukai mainan ini, sampai dgn terlibat bersama mengerjakan jual-beli, rotasi uang di pencaharian mainan versi mini ini enggak main-main. Di puluhan grup FB yang penulis ikuti, maupun di Instagram, tiap day ada ratusan transaksi bagus jual belanja maupun lelang yg nilainya sanggup fantastis. Ada pemain lelang gede di jakarta yang menghabiskan 5000-Seribu pcs versi mini sekali menjalankan lelang ke para pecinta diecast. belum lagi yang mengerjakan lelang kecil-kecilan dengan kata lain sedang dengan omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Kebumen

DIECAST MINIATUR MOBIL Kebumen

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, kalau lima ribu pcs miniatur yg dilelang, pertukaran uang yg terjadi di sini bisa mencapai seratus juta sampai 300an juta rupiah. Blm lagi bila ditambah para pelelang kecil, sedang ataupun yg transaksi jual berbelanja langsung...pasti angkanya bisa wow bakal mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Kebumen
Harga
Harga juga amat bervariasi bersama condong menjelma tinggi, lebih-lebih sangat tinggi utk item-item tertentu yg sedang hot (istilahnya : hot item). Value diecast gantungan (sebutan bagi hotwheels dengan lain-lain yang dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Namun k'lo model diecast tertentu sedang naik daun serta berubah incaran para kolektor, harganya mampu menjadi ratusan ribu, jutaan, bahkan puluhan juta. Modeling yang menjadi merchandise di event tertentu juga pasti bisa menjadi melambung harganya. Pada kegiatan IDE (Indonesia Versi Mini Expo) 2017 yang lalu, sebuah merchandise miniatur morris mini dengan nomor punggung 1 terjual dlm lelang seharga 32 juta rupiah dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Kebumen
Cerita
Banyak cerita yang terjadi di dunia kesukaan yang satu ini. Tetapi untuk orang serupa saya, yang seorang kolektor, gemar ini, mencintai versi mini dapat berubah amat menguntungkan. Bakal item tertentu dapat kita hold/tahan hingga value naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya dpt utk weekend bersama keluarga, dgn kata lain jalan-jalan akhir tahun minus menghalangi kas utama keluarga...he2...

Nah, sebetulnya banyak potensi dari hal-hal yg kita sukai dgn kata lain dari cuman doyan kita utk mendatangkan uang, tinggal bagaimana kita hendak menyikapinya, kepingin memulainya, hendak menekuninya, seperti penulis beserta kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Kebumen

DIECAST MINIATUR MOBIL Kebumen

DIECAST MINIATUR MOBIL Kebumen

LihatTutupKomentar