DIECAST MINIATUR MOBIL Teluk Wondama

DIECAST MINIATUR MOBIL Teluk Wondama

DIECAST MINIATUR MOBIL Teluk Wondama
Bapak/Ibu tahu diecast?

Mobil-mobilan?

K'Lo merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti sudah tau bersama denger dong merk yang pertama... karena anak2 cowo terus-menerus merengek minta dibelikan jika ke minimarket dekat properti alias supermarket-supermarket besar di kota, terlingkungi jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast adalah mainan dengan kata lain jenis yg diproduksi menerapkan prosedur die-casting, yg bermakna lewat teknik pelelehan metal dgn kata lain logam bakal selanjutnya dituang & dicetak serasi dgn jenis yang diinginkan. Die-cast metal dirancang dari metal (logam) beserta plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Teluk Wondama
Bahan
Logam yg dipegunakan umumnya ialah zamak (mazak) yg yakni alloy (campuran) zinc (seng) beserta alluminium. Zamak juga dikenal sbg white metal alias pot metal. Mainan yg umum memakekan teknik die casting biasanya ialah mainan jenis dengan skala misalnya mobil, motor, pesawat terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Sekalipun sesungguhnya apapun dapat dirancang dengan teknik ini.

Di atas yakni istilah ilmiahnya, namun utk para penggemar diecast, para om bersama tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini nggak berlebihan perduli dengan istilahnya, karna mereka dapat semacam keracunan / addicted jika udah tersandung cinta pd rupa tertentu. Semacam para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, & lain-lain, ...seringkali para pencinta diecast tak peduli kalau miniatur incarannya dinilai dgn uang (harus dibeli/dibayar) dengan nilai selangit, alias tidak rasional utk orang pada umumnya.

Model-model modeling yg sedang digandrungi, serupa datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjelma sangat tinggi nilainya di kalangan orang yang mengoleksi murni ataupun para kolekdol. Kolekdol ialah istilah bakal para kolektor yang juga siap di dol (jawa=jual) produk koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini sungguhpun kecil bentuknya (biasanya skala 1:64 atau lebih), namun mendapatkan harga ekonomi yang sangat bagus k'lo kita sanggup jeli menyaksikan peluangnya. Ada byk kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) sanggup menerima extra penghasilan dari menekuni pencaharian miniatur ini. Terlebih byk yang bisa menghidupi keluarganya murni cuma dari usaha modeling ini.

Kebetulan saya yakni salah satu kolektor, sepanjang pengamatan saya selama hobi mainan ini, sampai dgn terlibat dan melakukan jual-beli, pergantian uang di pencaharian mainan versi mini ini nggak main-main. Di puluhan grup facebok yg saya ikuti, ataupun di Instagram, setiap day ada ratusan transaksi positive jual membeli ataupun lelang yg nilainya dpt fantastis. Ada pemain lelang besar di jakarta yg menghabiskan 5000-Seribu pcs versi mini sekali menjalankan lelang ke para pecinta diecast. blm lagi yang memperbuat lelang kecil-kecilan atau sedang dengan omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Teluk Wondama

DIECAST MINIATUR MOBIL Teluk Wondama

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, k'lo lima ribu pcs versi mini yg dilelang, aliran uang yang terjadi di sini bisa mencapai seratus juta hingga 300an juta rupiah. Belum lagi kalo ditambah para pelelang kecil, sedang ataupun yg jual/beli jual belanja langsung...pasti angkanya sanggup wow buat mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Teluk Wondama
Harga
Nilai juga sangat bermacam-macam dengan mengarah menjadi tinggi, lebih-lebih sangat tinggi bagi item-item tertentu yg sedang hot (istilahnya : hot item). Price modeling gantungan (sebutan buat hotwheels dan lain-lain yang dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Namun kalau jenis versi mini tertentu sedang naik daun dan berubah incaran para kolektor, harganya dapat menjadi ratusan ribu, jutaan, bahkan puluhan juta. Versi Mini yg menjadi merchandise di event tertentu juga pasti mampu menjelma melambung harganya. Pada agenda IDE (Indonesia Modeling Expo) 2017 yang lalu, sebuah merchandise miniatur morris mini dengan nomor punggung 1 terjual dalam lelang seharga 32 juta rp dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Teluk Wondama
Cerita
Banyak cerita yg terjadi di dunia minat yang 1 ini. Tetapi bagi orang semacam saya, yg seorang kolektor, kegemaran ini, mencintai modeling bisa menjelma sangat menguntungkan. Untuk item tertentu sanggup kita hold/tahan hingga harga naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya dapat utk weekend bersama keluarga, dengan kata lain jalan-jalan akhir tahun nggak usah merecoki kas utama keluarga...he2...

Nah, sedianya byk potensi dari hal-hal yg kita sukai dgn kata lain dari sekadar kegemaran kita utk mendatangkan uang, tinggal bagaimana kita kepingin menyikapinya, kepingin memulainya, pengen menekuninya, seperti penulis serta kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Teluk Wondama

DIECAST MINIATUR MOBIL Teluk Wondama

DIECAST MINIATUR MOBIL Teluk Wondama

LihatTutupKomentar