DIECAST MINIATUR MOBIL Tabanan

DIECAST MINIATUR MOBIL Tabanan

DIECAST MINIATUR MOBIL Tabanan
Boss tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Jika merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti tahu tau dengan dengar dong merk yg pertama... karena anak2 laki-laki selamanya merengek minta dibelikan bila ke minimarket dekat bangunan dengan kata lain supermarket-supermarket gede di kota, tergolong jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast adalah mainan atau rupa yg diproduksi menerapkan langkah die-casting, yg berarti memakai metode pelelehan metal atau logam bakal sesudahnya dituang dengan dicetak bertimbal dgn model yang diinginkan. Die-cast metal dirancang dari metal (logam) dan plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Tabanan
Bahan
Logam yang digunakan biasanya merupakan zamak (mazak) yang yaitu alloy (campuran) zinc (seng) dengan alluminium. Zamak juga dikenal selaku white metal dgn kata lain pot metal. Mainan yang normal menerapkan petunjuk die casting biasanya merupakan mainan model dgn ukuran umpamanya mobil, motor, pesawat terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Sungguhpun sesungguhnya apapun sanggup dibuat dengan petunjuk ini.

Di atas ialah nama ilmiahnya, tetapi buat para penggemar diecast, para om bersama tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini tidak amat perduli dengan istilahnya, karna mereka dpt serupa keracunan / addicted bila udah jatuh cinta pd design tertentu. Seperti para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, serta lain-lain, ...seringkali para pencinta diecast enggak peduli kalau modeling incarannya dinilai dgn uang (harus dibeli/dibayar) dgn nilai selangit, alias enggak rasional utk orang pada umumnya.

Model-model miniatur yang sedang digandrungi, sebagaimana datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, berubah amat tinggi nilainya di kalangan orang yang mengoleksi murni ataupun para kolekdol. Kolekdol ialah sebutan utk para kolektor yang juga siap di dol (jawa=jual) persediaan koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini sungguhpun kecil bentuknya (biasanya ukuran 1:64 alias lebih), namun memperoleh price ekonomi yang amat bagus k'lo kita sanggup jeli menyaksikan peluangnya. Ada banyak kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) dapat menerima extra income dari menekuni profesi modeling ini. Malahan banyak yg bisa menghidupi keluarganya murni cukup dari pekerjaan miniatur ini.

Kebetulan penulis yaitu salah satu kolektor, sepanjang pengamatan penulis selama menggemari mainan ini, hingga dgn terlibat bersama melaksanakan jual-beli, perputaran uang di profesi mainan miniatur ini tidak main-main. Di puluhan grup facebok yg penulis ikuti, ataupun di Instagram, tiap 24 hour ada ratusan jual/beli positive jual membeli ataupun lelang yg nilainya dapat fantastis. Ada pemain lelang gede di jakarta yang menghabiskan 5000-Seribu pcs miniatur sekali melaksanakan lelang ke para pecinta diecast. blm lagi yg melaksanakan lelang kecil-kecilan atau sedang dengan omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Tabanan

DIECAST MINIATUR MOBIL Tabanan

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, k'lo 5000 pcs versi mini yg dilelang, pertukaran uang yang terjadi di sini dpt mencapai 100 juta sampai 300an juta rupiah. Belom lagi jika ditambah para pelelang kecil, sedang ataupun yg jual/beli jual beli langsung...pasti angkanya mampu wow bagi mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Tabanan
Harga
Price juga amat bermacam-macam dan berat menjadi tinggi, lebih-lebih sangat tinggi bakal item-item tertentu yg sedang hot (istilahnya : hot item). Price miniatur gantungan (sebutan untuk hotwheels & lain-lain yang dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tetapi kalau tipe diecast tertentu sedang naik daun & menjelma incaran para kolektor, harganya bisa menjadi ratusan ribu, jutaan, terlebih puluhan juta. Miniatur yg menjadi merchandise di event tertentu juga pasti mampu menjelma melambung harganya. Pd agenda IDE (Indonesia Diecast Expo) 2017 yg lalu, sebuah merchandise modeling morris mini dengan nomor punggung 1 terjual dlm lelang seharga 32 juta rupiah dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Tabanan
Cerita
Banyak dongeng yg terjadi di dunia hobi yang 1 ini. Namun utk orang sebagaimana saya, yang seorang kolektor, gemar ini, mencintai versi mini bisa menjelma amat menguntungkan. Untuk item tertentu bisa kita hold/tahan sampai harga naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya mampu utk weekend bersama keluarga, alias jalan-jalan akhir thn tidak perlu mengaduhkan kas primer keluarga...he2...

Nah, sebenarnya byk prospek dari hal-hal yg kita sukai atau dari sekadar demen kita buat mendatangkan uang, tinggal dengan metode apa kita pengen menyikapinya, pengen memulainya, hendak menekuninya, seperti saya dengan kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Tabanan

DIECAST MINIATUR MOBIL Tabanan

DIECAST MINIATUR MOBIL Tabanan

LihatTutupKomentar