DIECAST MINIATUR MOBIL Koja

DIECAST MINIATUR MOBIL Koja

DIECAST MINIATUR MOBIL Koja
Kamu tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Kalo merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti sempat tau & mendegar dong merk yang pertama... krn anak2 pria senantiasa merengek minta dibelikan k'lo ke minimarket dekat gedung dengan kata lain supermarket-supermarket besar di kota, tergolong jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast ialah mainan atau desain yg diproduksi memakaikan teknik die-casting, yang berarti melalui proses pelelehan logam atau logam buat selanjutnya dituang dan dicetak setakar dengan tampilan yg diinginkan. Die-cast logam dikerjakan dari metal (logam) bersama plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Koja
Bahan
Metal yg diperlukan umumnya yaitu zamak (mazak) yang yaitu alloy (campuran) zinc (seng) serta alluminium. Zamak juga dikenal selaku white metal dgn kata lain pot metal. Mainan yg jamak memakaikan sistem die casting lazimnya yakni mainan rupa dengan size ibaratnya mobil, motor, kapal terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Walaupun sebenarnya apapun mampu diciptakan dengan tips ini.

Di atas yaitu istilah ilmiahnya, tapi buat para penggemar diecast, para om dan tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini enggak amat perduli dgn istilahnya, sebab mereka bisa serupa keracunan / addicted k'lo udah jatuh cinta pd rupa tertentu. Seperti para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, dan lain-lain, ...seringkali para pencinta diecast enggak care jika modeling incarannya dinilai dengan uang (harus dibeli/dibayar) dengan value selangit, dgn kata lain tak rasional bagi orang pada umumnya.

Model-model versi mini yg sedang digandrungi, seperti datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, berubah amat tinggi nilainya di kalangan orang yang mengoleksi murni ataupun para kolekdol. Kolekdol yaitu terma bakal para kolektor yang juga siap di dol (jawa=jual) stock koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini sekalipun kecil bentuknya (biasanya skala 1:64 alias lebih), namun memiliki price ekonomi yang sangat bagus kalau kita mampu jeli menengok peluangnya. Ada byk kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) dapat mendapatkan lebih gaji dari menekuni pencaharian versi mini ini. Bahkan banyak yang sanggup menghidupi keluarganya murni cukup dari bisnis diecast ini.

Kebetulan saya yakni salah 1 kolektor, sepanjang pengamatan saya selagi mengandrungi mainan ini, sampai dgn terlibat dengan menjalani jual-beli, perpindahan uang di karier mainan versi mini ini tak main-main. Di puluhan grup FB yg saya ikuti, maupun di Instagram, tiap 24 hour ada ratusan transaksi positif jual pesan maupun lelang yg nilainya sanggup fantastis. Ada pemain lelang besar di jakarta yang menghabiskan 5000-Seribu pcs diecast sekali menjalankan lelang ke para pecinta diecast. blm lagi yang menjalani lelang kecil-kecilan dgn kata lain sedang dengan omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Koja

DIECAST MINIATUR MOBIL Koja

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, k'lo 5000 pcs miniatur yg dilelang, peredaran uang yg terjadi di sini dpt sampai seratus juta sampai 300an juta rupiah. Blm lagi k'lo ditambah para pelelang kecil, sedang ataupun yg transaksi jual berbelanja langsung...pasti angkanya dapat wow bagi mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Koja
Harga
Value juga sangat bermacam-macam beserta menjurus berubah tinggi, sampai-sampai sangat tinggi bakal item-item tertentu yg sedang hot (istilahnya : hot item). Price modeling gantungan (sebutan buat hotwheels & lain-lain yang dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tapi jika desain modeling tertentu sedang naik daun & menjelma incaran para kolektor, harganya dpt berubah ratusan ribu, jutaan, lebih-lebih puluhan juta. Miniatur yang menjadi merchandise di event tertentu juga pasti mampu menjelma melambung harganya. Pd acara IDE (Indonesia Miniatur Expo) 2017 yang lalu, sebuah merchandise versi mini morris mini dengan nomor punggung 1 terjual dlm lelang seharga 32 juta rp dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Koja
Cerita
Byk dongeng yang terjadi di dunia kegemaran yang satu ini. Tetapi utk orang seperti saya, yg seorang kolektor, kegemaran ini, mencintai miniatur mampu menjadi amat menguntungkan. Buat item tertentu bisa kita hold/tahan sampai harga naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya sanggup bagi weekend bersama keluarga, alias jalan-jalan akhir tahun tidak perlu merecoki kas utama keluarga...he2...

Nah, sebenarnya banyak potensi dari hal-hal yang kita sukai atau dari hyn suka kita utk mendatangkan uang, tinggal bagaimana kita hendak menyikapinya, mau memulainya, hendak menekuninya, serupa saya bersama kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Koja

DIECAST MINIATUR MOBIL Koja

DIECAST MINIATUR MOBIL Koja

LihatTutupKomentar