DIECAST MINIATUR MOBIL Trenggalek

DIECAST MINIATUR MOBIL Trenggalek

DIECAST MINIATUR MOBIL Trenggalek
Jurangan tahu diecast?

Mobil-mobilan?

K'Lo merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti sempat tau bersama dengar dong merk yg pertama... sebab anak2 laki-laki selalu merengek minta dibelikan jika ke minimarket dekat gedung dengan kata lain supermarket-supermarket gede di kota, tergolong jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast yakni mainan alias desain yg diproduksi memakaikan pola die-casting, yang bermakna lewat sistem pelelehan logam atau metal buat lalu dituang & dicetak pantas dgn tampilan yg diinginkan. Die-cast logam dirancang dari logam (logam) & plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Trenggalek
Bahan
Metal yg diperlukan umumnya yaitu zamak (mazak) yg ialah alloy (campuran) zinc (seng) & alluminium. Zamak juga dikenal bagaikan white logam dgn kata lain pot metal. Mainan yg regular menggunakan sistem die casting kebanyakan yakni mainan model dgn size umpamanya mobil, motor, pesawat terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Meskipun sebetulnya apapun sanggup diproduksi dengan sistem ini.

Di atas merupakan istilah ilmiahnya, tapi utk para penggemar diecast, para om serta tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini enggak kelewat perduli dgn istilahnya, sebab mereka mampu semacam keracunan / addicted jika udah jatuh cinta pada design tertentu. Serupa para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, dan lain-lain, ...seringkali para pencinta versi mini nggak peduli jika modeling incarannya dinilai dgn uang (harus dibeli/dibayar) dengan value selangit, alias nggak rasional utk orang pada umumnya.

Model-model diecast yang sedang digandrungi, seperti datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjadi sangat tinggi nilainya di kalangan kolektor murni ataupun para kolekdol. Kolekdol ialah sebutan buat para orang yang mengoleksi yg juga siap di dol (jawa=jual) stok koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini biarpun kecil bentuknya (biasanya skala 1:64 dengan kata lain lebih), namun memperoleh nilai ekonomi yang amat bagus k'lo kita dpt jeli menengok peluangnya. Ada byk kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) dapat memperoleh lebih nafkah dari menekuni bisnis modeling ini. Sampai-Sampai byk yang dapat menghidupi keluarganya murni hyn dari usaha diecast ini.

Kebetulan saya merupakan salah 1 kolektor, sepanjang pengamatan penulis selagi mengandrungi mainan ini, sampai dengan terlibat beserta menjalankan jual-beli, rotasi uang di usaha mainan modeling ini nggak main-main. Di puluhan grup FB yg saya ikuti, maupun di Instagram, tiap hari ada ratusan jual/beli baik jual belanja maupun lelang yg nilainya dpt fantastis. Ada pemain lelang besar di jakarta yg menghabiskan 5000-Seribu pcs modeling sekali mengerjakan lelang ke para pecinta diecast. blm lagi yang mengerjakan lelang kecil-kecilan dengan kata lain sedang dgn omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Trenggalek

DIECAST MINIATUR MOBIL Trenggalek

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, kalau lima ribu pcs versi mini yang dilelang, pergantian uang yg terjadi di sini mampu sampai 100 juta sampai 300an juta rupiah. Blm lagi k'lo ditambah para pelelang kecil, sedang maupun yang transaksi jual membeli langsung...pasti angkanya bisa wow bagi mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Trenggalek
Harga
Price juga amat bermacam-macam beserta cenderung menjadi tinggi, terlebih amat tinggi utk item-item tertentu yang sedang hot (istilahnya : hot item). Harga modeling gantungan (sebutan bagi hotwheels beserta lain-lain yang dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tetapi k'lo tipe versi mini tertentu sedang naik daun dengan menjadi incaran para kolektor, harganya mampu berubah ratusan ribu, jutaan, sampai-sampai puluhan juta. Modeling yg menjadi merchandise di event tertentu juga pasti bisa menjadi melambung harganya. Pada hajatan IDE (Indonesia Diecast Expo) 2017 yang lalu, sebuah merchandise modeling morris mini dengan nomor punggung 1 terjual dalam lelang seharga 32 juta rp dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Trenggalek
Cerita
Banyak cerita yang terjadi di dunia doyan yg 1 ini. Namun untuk orang semacam saya, yang seorang kolektor, demen ini, mencintai versi mini dpt berubah sangat menguntungkan. Bagi item tertentu bisa kita hold/tahan sampai price naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya dpt bakal weekend bersama keluarga, dgn kata lain jalan-jalan akhir thn tidak perlu menyusahkan kas primer keluarga...he2...

Nah, sebenarnya banyak probabilitas dari hal-hal yang kita sukai dengan kata lain dari semata-mata demen kita utk mendatangkan uang, tinggal gimana kita hendak menyikapinya, kepingin memulainya, hendak menekuninya, sebagaimana saya & kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Trenggalek

DIECAST MINIATUR MOBIL Trenggalek

DIECAST MINIATUR MOBIL Trenggalek

LihatTutupKomentar