DIECAST MINIATUR MOBIL Serdang Bedagai

DIECAST MINIATUR MOBIL Serdang Bedagai

DIECAST MINIATUR MOBIL Serdang Bedagai
Jurangan tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Jika merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti sempat tau serta dengar dong merk yang pertama... karena anak2 laki-laki terus-menerus merengek minta dibelikan k'lo ke minimarket dekat properti dgn kata lain supermarket-supermarket besar di kota, terhitung jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast merupakan mainan atau tipe yg diproduksi menggunakan petunjuk die-casting, yg bermakna melalui cara pelelehan metal atau logam buat selanjutnya dituang serta dicetak pantas dengan model yang diinginkan. Die-cast metal diciptakan dari logam (logam) & plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Serdang Bedagai
Bahan
Logam yg diperlukan rata-rata ialah zamak (mazak) yang merupakan alloy (campuran) zinc (seng) & alluminium. Zamak juga dikenal bagaikan white metal dengan kata lain pot metal. Mainan yg umum memakaikan tips die casting lazimnya yakni mainan rupa dgn ukuran contohnya mobil, motor, kapal terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Kendatipun sedianya apapun bisa dirancang dengan cara ini.

Di atas merupakan terma ilmiahnya, tapi bakal para penggemar diecast, para om dan tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini tidak terlampau perduli dgn istilahnya, karena mereka mampu seperti keracunan / addicted jika sudah terjerembab cinta pd jenis tertentu. Serupa para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, dengan lain-lain, ...seringkali para pencinta modeling nggak peduli bila versi mini incarannya dinilai dgn uang (harus dibeli/dibayar) dgn price selangit, dgn kata lain nggak rasional bakal orang pada umumnya.

Model-model miniatur yang sedang digandrungi, serupa datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjadi sangat tinggi nilainya di kalangan kolektor murni ataupun para kolekdol. Kolekdol yaitu terma bagi para orang yang mengoleksi yg juga siap di dol (jawa=jual) persediaan koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini biarpun kecil bentuknya (biasanya skala 1:64 dengan kata lain lebih), tetapi mendapatkan harga ekonomi yang sangat bagus kalau kita mampu jeli menyaksikan peluangnya. Ada banyak kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) mampu menerima extra income dari menekuni karier versi mini ini. Terlebih byk yang dpt menghidupi keluarganya murni cukup dari usaha versi mini ini.

Kebetulan saya adalah salah 1 kolektor, sepanjang pengamatan saya semasa hobi mainan ini, sampai dgn terlibat serta menjalani jual-beli, pergantian uang di penghidupan mainan miniatur ini tidak main-main. Di puluhan grup FB yg saya ikuti, ataupun di Instagram, masing-masing 24 hour ada ratusan transaksi positive jual berbelanja maupun lelang yg nilainya dapat fantastis. Ada pemain lelang gede di jakarta yg menghabiskan 5000-1000 pcs modeling sekali memperbuat lelang ke para pecinta diecast. belom lagi yang melakukan lelang kecil-kecilan dgn kata lain sedang dgn omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Serdang Bedagai

DIECAST MINIATUR MOBIL Serdang Bedagai

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, kalo lima ribu pcs modeling yg dilelang, pergantian uang yg terjadi di sini mampu menggapai 100 juta sampai 300an juta rupiah. Blm lagi kalo ditambah para pelelang kecil, sedang ataupun yg transaksi jual pesan langsung...pasti angkanya mampu wow bakal mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Serdang Bedagai
Harga
Price juga amat bermacam-macam & cenderung menjelma tinggi, sampai-sampai sangat tinggi bagi item-item tertentu yg sedang hot (istilahnya : hot item). Harga diecast gantungan (sebutan utk hotwheels dan lain-lain yang dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Namun kalo jenis diecast tertentu sedang naik daun beserta berubah incaran para kolektor, harganya dapat menjadi ratusan ribu, jutaan, terlebih puluhan juta. Miniatur yang menjadi merchandise di event tertentu juga pasti bisa berubah melambung harganya. Pd acara IDE (Indonesia Miniatur Expo) 2017 yg lalu, sebuah merchandise modeling morris mini dengan nomor punggung 1 terjual dlm lelang seharga 32 juta rp dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Serdang Bedagai
Cerita
Banyak cerita yang terjadi di dunia kegemaran yang 1 ini. Tapi buat orang serupa saya, yang seorang kolektor, minat ini, mencintai miniatur mampu berubah amat menguntungkan. Utk item tertentu mampu kita hold/tahan hingga value naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya mampu bagi weekend bersama keluarga, alias jalan-jalan akhir tahun tanpa pakai merongrong kas pokok keluarga...he2...

Nah, sedianya banyak kans dari hal-hal yg kita sukai dgn kata lain dari hanya doyan kita untuk mendatangkan uang, tinggal dengan langkah apa kita hendak menyikapinya, pengen memulainya, hendak menekuninya, semacam penulis beserta kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Serdang Bedagai

DIECAST MINIATUR MOBIL Serdang Bedagai

DIECAST MINIATUR MOBIL Serdang Bedagai

LihatTutupKomentar