DIECAST MINIATUR MOBIL Pangururan

DIECAST MINIATUR MOBIL Pangururan

DIECAST MINIATUR MOBIL Pangururan
Agan tahu diecast?

Mobil-mobilan?

K'Lo merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti sudah tau & mendegar dong merk yang pertama... krn anak2 laki-laki terus-menerus merengek minta dibelikan kalo ke minimarket dekat permukiman atau supermarket-supermarket gede di kota, tertanam jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast merupakan mainan atau tipe yg diproduksi memakekan sistem die-casting, yg bermakna menggunakan operasi pelelehan metal atau metal bagi sesudahnya dituang beserta dicetak sinkron dengan jenis yg diinginkan. Die-cast logam dikerjakan dari metal (logam) dengan plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Pangururan
Bahan
Logam yang dipakai umumnya adalah zamak (mazak) yg yakni alloy (campuran) zinc (seng) dengan alluminium. Zamak juga dikenal bagaikan white logam alias pot metal. Mainan yg jamak menggunakan tutorial die casting kebanyakan yakni mainan desain dengan skala perumpaannya mobil, motor, pesawat terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Meskipun sedianya apapun bisa diproduksi dengan tutorial ini.

Di atas ialah sebutan ilmiahnya, tetapi untuk para penggemar diecast, para om bersama tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini nggak kelewat perduli dgn istilahnya, karna mereka bisa sebagaimana keracunan / addicted kalau sudah tersandung cinta pd model tertentu. Serupa para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, bersama lain-lain, ...seringkali para pencinta diecast tidak peduli k'lo versi mini incarannya dinilai dengan uang (harus dibeli/dibayar) dengan price selangit, alias enggak rasional utk orang pada umumnya.

Model-model versi mini yang sedang digandrungi, seperti datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, menjadi amat tinggi nilainya di kalangan orang yang mengoleksi murni maupun para kolekdol. Kolekdol merupakan nama utk para kolektor yang juga siap di dol (jawa=jual) persediaan koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini walaupun kecil bentuknya (biasanya ukuran 1:64 atau lebih), tetapi memperoleh price ekonomi yg amat bagus k'lo kita dapat jeli menengok peluangnya. Ada byk kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) bisa memperoleh komplemen pendapatan dari menekuni usaha diecast ini. Sampai-Sampai banyak yang dapat menghidupi keluarganya murni cuma dari pekerjaan miniatur ini.

Kebetulan penulis adalah salah satu kolektor, sepanjang pengamatan penulis selama menggemari mainan ini, sampai dengan terlibat & melakukan jual-beli, rotasi uang di profesi mainan versi mini ini tidak main-main. Di puluhan grup FB yang saya ikuti, maupun di Instagram, tiap 24 hour ada ratusan transaksi positif jual beli maupun lelang yang nilainya dpt fantastis. Ada pemain lelang gede di jakarta yang menghabiskan 5000-Seribu pcs versi mini sekali memperbuat lelang ke para pecinta diecast. belom lagi yg memperbuat lelang kecil-kecilan alias sedang dengan omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Pangururan

DIECAST MINIATUR MOBIL Pangururan

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, kalau lima ribu pcs diecast yang dilelang, rotasi uang yg terjadi di sini dapat sampai seratus juta sampai 300an juta rupiah. Belum lagi kalau ditambah para pelelang kecil, sedang ataupun yang jual/beli jual berbelanja langsung...pasti angkanya dpt wow untuk mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Pangururan
Harga
Harga juga sangat berupa-rupa & mengarah menjelma tinggi, sampai-sampai amat tinggi bagi item-item tertentu yang sedang hot (istilahnya : hot item). Value versi mini gantungan (sebutan untuk hotwheels beserta lain-lain yang dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tapi bila design miniatur tertentu sedang naik daun dengan berubah incaran para kolektor, harganya sanggup menjadi ratusan ribu, jutaan, lebih-lebih puluhan juta. Versi Mini yang menjelma merchandise di event tertentu juga pasti bisa menjadi melambung harganya. Pd kegiatan IDE (Indonesia Modeling Expo) 2017 yg lalu, sebuah merchandise miniatur morris mini dengan nomor punggung 1 terjual dalam lelang seharga 32 juta rupiah dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Pangururan
Cerita
Byk cerita yang terjadi di dunia senang yg satu ini. Tapi buat orang seperti saya, yang seorang kolektor, kegemaran ini, mencintai modeling mampu menjadi amat menguntungkan. Buat item tertentu bisa kita hold/tahan hingga nilai naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya dapat bagi weekend bersama keluarga, atau jalan-jalan akhir thn tidak perlu mengusik kas primer keluarga...he2...

Nah, sebetulnya byk probabilitas dari hal-hal yg kita sukai alias dari hyn doyan kita bakal mendatangkan uang, tinggal dengan strategi apa kita pengen menyikapinya, kepingin memulainya, mau menekuninya, sebagaimana saya bersama kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Pangururan

DIECAST MINIATUR MOBIL Pangururan

DIECAST MINIATUR MOBIL Pangururan

LihatTutupKomentar