DIECAST MINIATUR MOBIL Pangururan

DIECAST MINIATUR MOBIL Pangururan

DIECAST MINIATUR MOBIL Pangururan
Anda tahu diecast?

Mobil-mobilan?

Kalo merk ini : hotwheels, matchbox, kinsmart, majorette, tarmac, burago, welly, dst, dsb.... pasti pernah tau dan denger dong merk yg pertama... krn anak2 cowo selamanya merengek minta dibelikan kalo ke minimarket dekat kediaman dengan kata lain supermarket-supermarket gede di kota, termuat jagoan saya.

Dikutip dari wikipedia.org Die-cast yaitu mainan alias jenis yg diproduksi memakekan aturan die-casting, yg berarti lewat metode pelelehan logam dengan kata lain metal bagi sesudahnya dituang dan dicetak sinkron dgn tampilan yg diinginkan. Die-cast logam dibuat dari metal (logam) bersama plastik.

DIECAST MINIATUR MOBIL Pangururan
Bahan
Metal yg dipakai biasanya merupakan zamak (mazak) yang adalah alloy (campuran) zinc (seng) beserta alluminium. Zamak juga dikenal sebagai white metal dengan kata lain pot metal. Mainan yang regular memakaikan tips die casting lazimnya yaitu mainan rupa dgn skala contohnya mobil, motor, pesawat terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api. Kendatipun sedianya apapun dapat dikerjakan dengan teknik ini.

Di atas merupakan sebutan ilmiahnya, tetapi buat para penggemar diecast, para om & tante (istilah di kalangan pencinta diecast) ini nggak betul-betul perduli dengan istilahnya, karna mereka dpt serupa keracunan / addicted kalau sudah jatuh cinta pada rupa tertentu. Seperti para hobiis lainnya, penggemar burung, ikan, motor klasik, sepeda, CD, batu akik, beserta lain-lain, ...seringkali para pencinta versi mini tak peduli k'lo versi mini incarannya dinilai dgn uang (harus dibeli/dibayar) dengan value selangit, alias tidak rasional bagi orang pada umumnya.

Model-model versi mini yang sedang digandrungi, semacam datsun bluebird, honda civic, morris mini, ferrari, berubah amat tinggi nilainya di kalangan orang yang mengoleksi murni ataupun para kolekdol. Kolekdol adalah istilah untuk para kolektor yang juga siap di dol (jawa=jual) produk koleksiannya. Dijual? ya benar, mainan ini meskipun kecil bentuknya (biasanya skala 1:64 dgn kata lain lebih), tapi memperoleh value ekonomi yg sangat bagus kalau kita dapat jeli memandang peluangnya. Ada banyak kawan sesama diecaster (istilah para pencinta diecast) dapat menerima lbh upah dari menekuni bisnis versi mini ini. Terlebih byk yg mampu menghidupi keluarganya murni sekadar dari penghidupan versi mini ini.

Kebetulan penulis ialah salah satu kolektor, sepanjang pengamatan penulis selama menggemari mainan ini, sampai dgn terlibat dengan mengerjakan jual-beli, sirkulasi uang di pencaharian mainan miniatur ini tidak main-main. Di puluhan grup FB yg penulis ikuti, ataupun di Instagram, tiap hari ada ratusan transaksi baik jual pesan ataupun lelang yang nilainya dpt fantastis. Ada pemain lelang besar di jakarta yg menghabiskan 5000-1000 pcs miniatur sekali menjalankan lelang ke para pecinta diecast. blm lagi yang mengerjakan lelang kecil-kecilan dengan kata lain sedang dengan omzet ratusan diecast.

DIECAST MINIATUR MOBIL Pangururan

DIECAST MINIATUR MOBIL Pangururan

Lelang
Mari kita lihat pelelang besarnya, bila 5000 pcs diecast yang dilelang, pergantian uang yg terjadi di sini dpt menggapai seratus juta sampai 300an juta rupiah. Belum lagi k'lo ditambah para pelelang kecil, sedang ataupun yang transaksi jual pesan langsung...pasti angkanya mampu wow buat mainan-mainan sekecil ini...he2.

DIECAST MINIATUR MOBIL Pangururan
Harga
Harga juga sangat berupa-rupa serta berat menjelma tinggi, malahan sangat tinggi bagi item-item tertentu yg sedang hot (istilahnya : hot item). Price diecast gantungan (sebutan untuk hotwheels & lain-lain yg dijual di gantungan mini market/super market) di pasaran mulai dari puluhan ribu saja.

Tetapi kalo tipe miniatur tertentu sedang naik daun serta menjadi incaran para kolektor, harganya mampu berubah ratusan ribu, jutaan, sampai-sampai puluhan juta. Miniatur yang menjelma merchandise di event tertentu juga pasti bisa menjelma melambung harganya. Pd acara IDE (Indonesia Modeling Expo) 2017 yang lalu, sebuah merchandise versi mini morris mini dgn nomor punggung 1 terjual dalam lelang seharga 32 juta rupiah dimenangkan oleh kawan diecaster dari Solo, fantastis!.

DIECAST MINIATUR MOBIL Pangururan
Cerita
Banyak dongeng yang terjadi di dunia doyan yang 1 ini. Namun bakal orang seperti saya, yang seorang kolektor, kesukaan ini, mencintai versi mini dpt menjadi sangat menguntungkan. Untuk item tertentu dapat kita hold/tahan sampai value naik, baru dilepas/dijual. Lumayan lah hasilnya mampu untuk weekend bersama keluarga, atau jalan-jalan akhir thn nggak pake menyusahkan kas utama keluarga...he2...

Nah, sesungguhnya byk peluang dari hal-hal yang kita sukai dgn kata lain dari cuman suka kita untuk mendatangkan uang, tinggal bagaimana kita mau menyikapinya, mau memulainya, kepingin menekuninya, seperti penulis dengan kawan-kawan diecaster di seluruh Indonesia.

DIECAST MINIATUR MOBIL Pangururan

DIECAST MINIATUR MOBIL Pangururan

DIECAST MINIATUR MOBIL Pangururan

LihatTutupKomentar